Currently set to Index
Currently set to Follow

Investasi Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang cryptocurrency dan bitcoin, meskipun belum mulai menambahkan investasi ini pada portfolio kamu.

Berinvestasi pada mata uang kripto dapat dikatakan mempersiapkan diri untuk perjalanan yang seperti rollercoaster, dengan harga naik ribuan dolar satu hari dan turun lagi di hari berikutnya. Bitcoin misalnya, yang naik lebih dari $14,000  per koin pada tahun 2017 sebelum jatuh di bawah $3,500 per koin pada awal 2019.

Mengenal Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan secara eksklusif online. Mata uang kripto ini bertindak sebagai pertukaran finansial langsung antara pengguna tanpa keterlibatan bank atau pihak ketiga lainnya. Anggap saja sebagai mata uang alternatif iuntuk bentuk pembayaran tradisional, seperti uang tunai, cek, dan kartu kredit. Keuntungannya adalah cryptocurrency bersifat global, jadi memiliki nilai yang sama di negara mana pun. Tanpa harus memikirkan kurs.

Informasi yang digunakan dalam sistem disimpan dengan aman melalui penggunaan teknik enkripsi. Metode ini mengacak info untuk membuat aktivitas menjadi rahasia dan sulit diakses oleh orang luar.

Sebenarnya, kita sudah menggunakan “uang digital” dalam bentuk kartu kredit dan debit serta layanan seperti PayPal atau e-wallet lainnya. Perlahan, kita telah menghentikan penggunaan uang kertas dan uang logam secara bertahap. Beberapa negara, seperti Swedia, bahkan berencana untuk menghapus uang kertas sama sekali dan bahkan meluncurkan cryptocurrency mereka sendiri.

Baca juga: Apa Itu Blockchain dan Cryptocurrency?

Investasi Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?, Pluang

Cryptocurrency Sebagai Kelas Aset

Beberapa orang menganggap cryptocurrency sebagai bentuk mata uang, sementara yang lain melihatnya sebagai penyimpan nilai yang mirip dengan emas. Untuk memahami mengapa cryptocurrency memiliki nilai dan untuk memutuskan jenis aset keuangan apa yang kamu anggap sebagai aset, akan sangat membantu untuk terlebih dahulu memikirkan tentang sifat dasar uang. Uang adalah representasi nilai yang kita tukarkan satu sama lain untuk barang dan jasa.

Uang kertas tidak selalu memiliki nilai intrinsik; ia hanya memiliki nilai karena orang-orang yang menggunakannya setuju bahwa itu memang berharga. Emas memiliki nilai aktual sebagai bahan manufaktur sekaligus sebagai alat tukar finansial. Bitcoin dalam beberapa hal sebenarnya mirip dengan emas karena keberadaannya terbatas. Tetapi tidak semua cryptocurrency memiliki sifat seperti Bitcoin.

Jadi, salah satu alasan utama pertumbuhan mata uang digital seperti Bitcoin adalah karena mereka dapat bertindak sebagai alternatif uang fiat nasional dan komoditas tradisional seperti emas. Dan orang melihat investasi cryptocurrency sebagai investasi alternatif.

Untuk mengerti lebih dalam, investor mungkin perlu mengetahui bagaimana sebuah mata uang (dalam hal ini cryptocurrency) itu akan digunakan, dan dari mana nilainya akan didapat. Mata uang yang pada akhirnya tidak memiliki kegunaan konkret mungkin tidak terlalu berharga di masa depan. Informasi ini dapat ditemukan pada whitepaper.

Jenis-jenis Mata Uang Kripto

Ada ratusan jenis cryptocurrency yang tersedia, dan secara keseluruhan nilainya hampir mencapai $250 miliar per Oktober 2020. Saat ini, ada beberapa pemain utama, termasuk Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan Litecoin.

Bitcoin
Sejauh ini bitcoin adalah cryptocurrency terbesar dengan kapitalisasi pasar sekitar $160 miliar. Bitcoin adalah yang pertama memasuki pasar dan merupakan cryptocurrency paling populer dan tertinggi harganya.

Altcoin

Istilah “altcoins” mengacu pada semua mata uang kripto selain Bitcoin. Beberapa jenis utama altcoin termasuk cryptocurrency berbasis penambangan, stablecoin, token keamanan, dan token utilitas. Contohnya adalah seperti Ethereum, Ripple, dan Litecoin.

Dengan kapitalisasi pasar sekitar $19 miliar, Ethereum adalah cryptocurrency terbesar kedua setelah bitcoin. Ethereum juga dikenal sebagai Ether, aplikasi utama untuk mata uang ini berasal dari platform dalam kekuasaan, yang memungkinkan pembangunan aplikasi terdesentralisasi dan pembuatan kontrak pintar. Ether digunakan untuk menjalankan aplikasi di platform dan sebagai metode pembelian cryptocurrency lainnya.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bitcoin

Potensi Cryptocurrency

Harga cryptocurrency kelihatannya sudah sangat tinggi — terutama jika dibandingkan dengan harga beberapa tahun lalu. Tapi, masih ada peluang dan potensi di pasar crypto.

Pertama, ada potensi untuk berkembang. Hampir delapan dari sepuluh orang Amerika sudah familiar dengan cryptocurrency, dan lebih dari sepertiga mengharapkan cryptocurrency digunakan secara luas dalam transaksi sehari-hari dalam 10 tahun ke depan. Belum lagi jika mempertimbangkan perkembangan globalnya.

Jika melihat performa harga bitcoin, mungkin ada dari kalian yang merasa telah ketinggalan. Alasannya adalah karena tidak memulai investasi cryptocurrency terutama bitcoin bertahun-tahun yang lalu ketika nilainya masih rendah. Tetapi, industri ini baru saja dimulai dan masih ada ruang yang berpotensi besar untuk pertumbuhan (dan, tentu saja, ruang besar untuk pergerakan ke arah lain juga).

Saat ini, ada sekitar $2 miliar bitcoin yang ada (yaitu sekitar 16,3 juta bitcoin dalam sirkulasi saat ini); ketika nilai total mencapai angka 21 juta koin, tidak ada lagi bitcoin yang akan dibuat. Hal ini diperkirakan terjadi pada tahun 2040.

Memulai Investasi Cryptocurrency

Apakah mempelajari tentang Cryptocurrency membuatmu pusing? Jangan khawatir, mata uang digital ini memang bisa menjadi sulit untuk dipahami. Untungnya, Pluang menawarkan Pluang Crypto untuk investor agar dapat belajar sambil melakukan atau learning by doing. Calon investor mungkin ingin belajar sebanyak mungkin tentang berinvestasi dalam cryptocurrency sebelum membuat keputusan.

Di Pluang, kami percaya cara paling cerdas untuk menumbuhkan kekayaan dalam jangka panjang adalah dengan portofolio berbiaya rendah yang terdiversifikasi dan melacak pasar. Kamu dapat mulai transaksi crypto segera dengan PluangCrypto, dan bahkan tidak perlu menyiapkan dompet crypto.

Cryptocurrency  merupakan teknologi yang relatif baru, yang berarti karakternya masih seperti bayi yang baru lahir: menangis, tidak memahami cara kerja, merangkak, tersandung, dan berperilaku tidak rasional. Masih tidak stabil.

Jadi, kamu harus terbiasa dengan perubahan harga yang sangat besar, ketidakstabilan saat tidak diharapkan, laporan kinerja rollercoaster, dan kecemasan. Pastikan kamu memilik profil risiko yang sesuai dan dapat menerima fluktuasi harga yang besar.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img