Currently set to Index
Currently set to Follow

Yuk, Terapkan 12 Aturan Investasi Ini Setelah Hari Natal!

Sobat Cuan, pasti kamu sepakat bahwa perayaan hari besar adalah saat yang tepat untuk bersyukur dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Namun, selain itu, perayaan hari besar tentu harus kamu manfaatkan sebagai ajang introspeksi dan memulai kebiasaan baik yang baru.

Nah, Sobat Cuan mungkin bisa memanfaatkan perayaan Natal sebagai awal mula kebiasaan baru, utamanya menyoal keuangan pribadi. Kamu pasti tidak mau menjalani tahun 2022 dengan kondisi kantong yang gitu-gitu aja, kan? Makanya, kamu perlu menjalankan aturan-aturan penting dalam investasi demi meraih masa depan lebih baik.

Dengan “menyontek” semangat lagu Natal populer “The 12 Days of Christmas”, Sobat Cuan bisa menjalankan 12 sikap baru dalam berinvestasi bertajuk “The 12 Days of Rule #1 Investing” berikut. Yuk, simak bersama-sama!

12 Aturan Penting Dalam Investasi

1. Jangan Sampai Kehilangan Uang!

Investor kawakan Warren Buffett punya dua aturan penting dalam investasi. Pertama, jangan pernah kehilangan uang. Kedua, jangan lupakan aturan pertama!

Memang, boncos ketika berinvestasi adalah hal lumrah mengingat dinamika pasar tak pernah lurus-lurus aja. Namun, kamu tak boleh terbawa emosi dan tetap bersikap rasional saat berinvestasi. Oleh karenanya, kamu harus rajin belajar dan bekali dirimu dengan informasi sebanyak mungkin.

2. Kamu Punya Utang ‘Jahat’? Segera Lunasi!

Kamu pasti sering mendengar bahwa mengambil utang sah-sah saja jika ditujukan untuk kegiatan produktif, seperti membeli aset dan memulai usaha. Sebab, bermodalkan utang tersebut, kamu bisa mendulang hasilnya untuk menambah pundi-pundi kekayaanmu di masa depan.

Namun, bagaimana jika kamu memiliki utang yang bukannya gagal bikin kamu makin tajir, tapi malah bikin kamu tambah melarat? Nah, sudah saatnya kamu hempas-hempas utang ‘jahat’ tersebut dari hidupmu!

Sehingga, kamu lebih baik segera melunasi utang kartu kredit berbunga tinggi atau utang konsumtif lainnya agar tidurmu tenang di malam hari.

3. Hidup Sesuai Kemampuan Finansial

Kamu mungkin iri melihat teman-temanmu posting di akun media sosial mereka menggunakan ponsel keluaran terbaru yang berharga mahal. Saking irinya, kamu pun berniat untuk membeli ponsel serupa, apalagi kamu baru cuan berinvestasi.

Tapi, ada baiknya kamu tahan nafsu tersebut, Sobat Cuan! Self reward sih boleh saja, tapi tetaplah hidup sesuai kemampuan finansialmu yang asli. Daripada membeli ponsel baru yang nilainya akan terdepresiasi seiring waktu, mendingan kamu reinvestasi cuan tersebut demi mendulang laba yang lebih baik, bukan?

Baca juga: Cara Sukses Investasi dengan Aturan Investasi No. 72

4. Ingat Aturan 4M Dalam Investasi

Kamu pernah gagal berinvestasi? Jangan sedih, Sobat Cuan! Mungkin ada baiknya kamu mengikuti prinsip 4M dalam memilih instrumen investasi berikutnya yakni Moat, Management, Meaning, dan Margin of Safety. Apa penjelasannya?

Dalam berinvestasi, kamu perlu memilih instrumen yang punya masa depan jelas (moat), diterbitkan oleh institusi mumpuni (management), punya fokus bisnis jelas (meaning), dan punya nilai buku di bawah nilai intrinsiknya (margin of safety).

5. Pelajari 5 Indikator Laporan Keuangan Utama

Dalam berinvestasi saham, investor tentu harus mau membedah laporan keuangan masing-masing emiten sebelum menentukan saham jagoannya. Namun sayangnya, indikator tersebut bejibun jumlahnya, sehingga kadang bikin kamu pusing sendiri.

Tetapi, kamu bisa menganalisisnya menggunakan lima indikator utama saja yakni ROIC (Return on Invested Capital), nilai penjualan, nilai laba per saham (Earning per Share), jumlah ekuitas, dan jumlah arus kas perusahaan.

6. Gali Informasi Sebanyak Mungkin

Yang namanya ilmu berinvestasi tidak datang dari langit. Kamu tentu harus meluangkan waktu untuk mempelajarinya sembari mempraktikannya langsung. Yuk, belajar investasi sedalam mungkin!

7. Mau Sekaya Apa Kamu Saat Pensiun?

Tujuan berinvestasi adalah hidup ongkang-ongkang kaki di masa tua. Sehingga, kamu perlu mengetahui kisaran biaya kebutuhanmu di hari tua nanti.

Tapi, kamu tak perlu repot-repot menghitung angka tersebut. Sebab, kini kamu bisa menggunakan kalkulator pensiun yang bertebaran di internet.

Baca juga: Jangan Panik! Simak 3 Aturan Investasi Hadapi Penurunan Nilai Reksadana!

8. Teladani Sikap Investor Sukses

Kamu pasti akan menemui masa-masa sulit dalam berinvestasi. Tapi, jangan sampai situasi tersebut bikin kamu down. Lebih baik, kamu membaca kisah sukses investor sukses dan pelajari bagaimana mereka mampu melewati masa-masa sulit tersebut.

9. Mau Self-Reward? Yuk, Mulai ‘Bayar Diri Sendiri’!

Banyak orang bilang bahwa kita harus menghargai kerja keras diri sendiri dengan memberikan self-reward. Bentuknya pun beragam, mulai dari traveling hingga makan di restoran mewah.

Namun, apakah Sobat Cuan paham bahwa aturan self-reward yang paling benar adalah menyisihkan sebagian uang demi “investasi” di hari tua nanti? Oleh karenanya, jangan gelap mata saat gajian, ya! Kamu tetap perlu menyisihkan penghasilanmu untuk menabung dan berinvestasi.

10. Investasikan Uangmu di Aset yang Kamu Tahu

Kamu investasi karena ikut-ikutan teman? Sudah bukan zamannya!

Ketika berinvestasi, kamu perlu memahami seluk-beluk instrumen aset investasimu. Sehingga, kamu bisa berpikir logis dan tidak terbawa emosi ketika perkembangan nilai investasimu tak sesuai harapan.

11. Patuhi Aturan Buy Fear, Sell Greed dalam Investasi

Dalam investasi, terdapat salah satu sikap manusia yang mempengaruhi psikologis pasar: Ketakutan. Biasanya, dalam situasi pasar mencekam, pelaku pasar cenderung menjual asetnya karena dilanda kepanikan. Namun, kamu mungkin bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk berlaku sebaliknya.

Ada baiknya, kamu memanfaatkan kepanikan pasar untuk mengakumulasi aset mumpung harganya sedang murah. Nantinya, kamu bisa menjual aset-aset tersebut ketika harganya menanjak. Nah, hal inilah yang umum disebut sebagai buy fear, sell greed.

12. Jangan Lupa Bersyukur

Kamu cuan berinvestasi? Jangan lupa bersyukur. Kamu rugi berinvestasi? Jangan lupa juga untuk bersyukur!  Percayalah Sobat Cuan, bahwa selalu ada hikmah di balik peristiwa. Kamu pun selalu bisa memetik pelajaran dari segala situasi.

Sehingga, sekali pun kamu rugi dalam berinvestasi, anggap saja peristiwa tersebut sebagai bahan pelajaran yang bisa kamu terapkan di kemudian hari.

Baca juga: Mau Raih Keuntungan Investasi Emas? Begini Caranya!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Rule on Investing

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img