Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Sukses Investasi dengan Aturan Investasi No. 72

Untuk sukses di investasi, kita perlu memahami aturan investasi yang ada. Tahukah kamu jika beberapa investor profesional akan sengaja kalah atau merugi di babak pertama? Kemudian, dia akan meminta kamu untuk meningkatkan investasi. Saat itulah, kamu masuk dalam perangkap!

Aturan investasi No. 72 dipercaya dapat membuat kamu sukses di investasi. Umumnya, aturan 72 digunakan untuk memperkirakan jumlah dan waktu penggandaan investasi.

Aturan 72 ini membuat kamu fokus mencari peluang investasi yang bisa mendatangkan keuntungan. Pastinya, keuntungannya bisa berkali-kali lipat dan lebih besar dari bunga tabungan bank. Simak aturan investasi No. 72 untuk sukses di investasi di bawah ini!

Baca juga: Fokus Investasi di Obligasi? Ini 4 Strategi Jitu untuk Mengelola Portofoliomu

Aturan investasi No. 72

Aturan investasi No. 72 digunakan untuk memperkirakan waktu penggandaan investasi. Caranya, bagilah angka 72 dengan persentase bunga per periode. Maka, kamu akan mendapatkan perkiraan jumlah periode yang dibutuhkan untuk menggandakan investasi.

Rumus aturan No. 72 adalah:
N = 72/R
N berarti tingkat pengembalian.
R berarti jumlah periode waktu uang yang diinvestasikan.

Aturan No. 72 membantu memotivasi kamu untuk lebih meningkatkan upaya dalam menabung untuk masa pensiun.

Misalnya, jika tabungan pensiun kamu menghasilkan 7 persen setiap tahun. Maka, kamu membutuhkan setidaknya 10,3 tahun untuk melipat gandakan jumlah uang kamu. Bagilah 72 dengan 9. Dengan sekejap, kamu akan mendapatkan hasilnya.

Aturan ini juga memungkinkan kamu bisa memperkirakan laba jika kamu mengetahui garis waktu atau timelinenya. Strategi ini juga menentukan tingkat bunga atau pertumbuhan tahunan. Hal ini bekerja ketika kamu memiliki strategi tertentu untuk melipat gandakan investasi dalam beberapa tahun tertentu.

Misalnya, jika kamu ingin melipatgandakan investasi dalam lima tahun. kamu harus membagi angka 72 dengan angka tersebut. Hasilnya, kamu akan mendapatkan tingkat pengembalian sebesar 14,4 persen.

Aturan No. 72 ini cukup akurat untuk investasi yang menawarkan tingkat pertumbuhan antara 6 sampai 10 persen. Namun, semakin tinggi tarifnya, maka akan semakin berkurang keakuratan hasilnya.

Keuntungan lain dari menerapkan aturan No. 72 adalah investor memiliki lebih banyak waktu untuk memulai dari awal. Jika investasi kamu bisa berlipat ganda setiap 5 tahun, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk menumbuhkan investasi.

Saran aturan investasi terbaik adalah memulai tabungan pensiun sedini mungkin. Sehingga, kamu tidak perlu mengkhawatirkan gaya hidup di masa-masa emas kamu. kamu bisa hidup nyaman dengan yang sudah ditabung.

Baca juga: Aturan Anggaran 50/30/20, Cara Efektif Rem Jumlah Pengeluaran

Pahami strategi investasi sedini mungkin

Strategi investasi No. 72 memungkinkan investor memilih strategi investasi yang optimal untuk tujuan investor.

Dengan menggunakan aturan No. 72, kamu dapat berinvestasi pada opsi investasi terbaik untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih cepat. Misalnya, jika kamu berinvestasi di reksa dana yang menawarkan pengembalian tahunan 12 persen hingga 14 persen. kamu dapat menggandakan investasi dalam lima hingga enam tahun.

Jika kamu ingin melipatgandakan uang dalam tiga tahun, kamu harus mencari investasi dengan pengembalian 24%. Dana dengan tujuan sektor tertentu, saham, dan dana kapitalisasi menegah biasanya bisa menjadi pilihan. Namun, pengembalian pada ketiga investasi tersebut tidak konsisten.

Ketiga opsi di atas ideal untuk pengambil risiko tinggi. Ingat, semakin tinggi hasilnya, semakin tinggi risikonya.

Aturan investasi No. 72 juga bermanfaat bagi individu di luar sektor keuangan. Hal ini karena mereka tidak perlu melakukan perhitungan yang rumit.

Aturan No. 72 ini membantu kamu memahami pentingnya menabung dan seberapa banyak tabungan yang dapat dilipatgandakan. Ingatlah bahwa semua investasi berisiko. Jadi kamu harus mendidik diri kamu sendiri tentang rencana tindakan yang tepat.

Dengan demikian, kamu bisa pensiun dengan nyaman tanpa terlalu mengkhawatirkan keuangan kamu. Gunakan aturan  investasi No. 72 untuk mendapatkan gambaran tentang berapa lama investasi kamu akan berlipat ganda pada tingkat pertumbuhan saat ini. Hasilnya dapat membantu kamu menentukan apakah kamu harus meningkatkan permainan tabungan pensiun kamu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img