Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Belajar Asyik Soal Investasi, Ini 7 Rekomendasi Sumber yang Jamin Bikin Kamu ‘Pintar’!

Investasi bisa jadi konsep yang menakutkan untuk pemula. Tapi bukan berarti tidak ada sumber yang cukup untuk menambah wawasanmu tentang investasi. Masalahnya adalah menemukan yang paling tepat tentang cara berinvestasi pemula.

Setelah menyaring berbagai aplikasi investasi, podcast situs web, hingga buku, berikut adalah beberapa sumber rujukan yang jadi favorit para pemula di bidang investasi.

Sumber rujukan untuk memulai dan paham cara berinvestasi pemula.

Ini bukan daftar lengkap dan kamu masih bisa mengeksplorasi lebih banyak lagi setelah memulai dari tujuh rekomendasi ini.

#1 Situs web: Investopedia, tutorial investasi 101

Kenapa situs ini menarik: Ada panduan lengkap mereka untuk informasi seputar broker online yang menawarkan detail lengkap untuk investor dari semua tingkat pengalaman.

Situs ini paling baik untuk: orang dengan sedikit atau tidak memiliki latar belakang pengetahuan dalam berinvestasi, yang ingin mendidik diri sendiri sebelum memulai.

#2 Situs web: Motley Fool

Kenapa situs ini menarik: tujuan Motley Fool adalah untuk “membangun komunitas investasi terbesar di dunia”. Web ini lengkap dengan sumber rujukan ke situs web, buku, kolom surat kabar, stasiun radio, hingga buletin seputar investasi.

Situs ini paling baik untuk: mereka yang tertarik pada fitur gratis seperti layanan peringkat saham, atau layanan berbasis langganan (pada buletin mereka) sehingga bisa jadi cara investasi pemula untuk memilih dengan tepat bagaimana mereka ingin belajar.

Baca juga: Mau Cuan Investasi Saham untuk Pemula? Intip Dulu Panduannya di Sini!

#3 Situs web: BlackRock Blog

Kenapa situs ini menarik: BlackRock adalah manajer aset, tapi blog ini mencakup berbagai topik di bawah payung investasi. Artikel-artikel mereka ditulis oleh CFA dan profesional lain. Ini berarti, kamu memperoleh saran dari para ahli ini secara gratis dari web mereka.

Situs ini paling baik untuk: Orang-orang yang ingin paham cara berinvestasi pemula. Terutama, bagi mereka yang ingin lebih mendalam berdiskusi tentang strategi dan produk mereka.

#4 Aplikasi: Yahoo! Finance

Kenapa situs ini menarik: Aplikasi ini memungkinkanmu untuk membuat daftar saham yang dipersonalisasi sesuai dengan apa yang ingin kamu lihat lebih cermat. Aliran berita saham yang dipersonalisasi ini bisa memberimu informasi real time tentang harga-harga saham perusahaan incaranmu.

Aplikasi ini paling baik untuk: orang yang mencari cara berinvestasi pemula yang mudah untuk tetap mengetahui secara spesifik keadaan pasar, terutama bursa saham.

cara berinvestasi pemula

#5 Podcast: The Money Tree Investing Podcast

Kenapa podcast ini menarik: podcast mingguan ini menampilkan panel yang terdiri dari empat pakar investasi yang mewawancarai tamu istimewa mereka setiap episode. Pembahasan berkisar tentang investasi, pendapatan pasif, cara berinvestasi pemula, hingga keuangan pribadi. Para pembahas di podcast ini lantas mendiskusikan tanggapan mereka masing-masing atas suatu topik. Para tamu yang baru-baru ini diundang seperti Preston Pysh, pendiri situs strategi investasi BuffetsBooks.com, dan Lauren Brouhard, wakil presiden senior mengenai solusi pensiun di Fidelity Investments.

Podcast ini paling baik untuk: orang yang menginginkan banyak perspektif berbeda tentang cara berinvestasi pemula ataupun investasi bagi orang yang sudah terbiasa bermain di pasar keuangan. Podcast ini juga bagus untuk mereka yang ingin santai belajar investasi sembari bepergian atau komuter.

#6 Buku: “Money Master The Game”, oleh Tony Robbins

Kenapa buku ini menarik: Buku ini bercerita tentang kehidupan Tony Robbins mengenai lebih dari 50 legenda keuangan pribadi–dari Warren Buffett hingga Carl Icahn. Tony juga membuat rencana tujuh langkah yang dapat digunakan siapa pun untuk mencapai kebebasan finansial. Buku ini tak pelak akan disukai oleh mereka yang ingin tahu cara berinvestasi pemula.

Buku ini paling baik untuk: orang dengan waktu luang untuk membaca dan yang ingin belajar dari pengalaman orang lain. Ada juga beberapa tips hidup yang praktis digunakan dalam keseharian.

#7 Buku: “The Little Book of Common Sense Investing” oleh John C. Bogle

Kenapa buku ini menarik: Buku ini didukung oleh Warren Buffett, menjelaskan secara khusus bagaimana menggunakan dana indeks untuk membangun kekayaan. Penulisnya membahas tentang cara berinvestasi pemula. Ia pun adalah pendiri Grup Vanguard dan pencipta indeks reksa dana pertama di dunia.

Buku ini paling baik untuk: orang yang ingin mempelajari mengapa dana indeks yang relatif mudah dapat sangat efektif, dengan analisis mendalam tentang strategi investasi.

Sumber: Business Insider

Simak juga:

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya

Newbie di Bursa Saham? Ini 4 Cara Aman Berinvestasi bagi Pemula

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Tertarik Membeli Saham Google? Ketahui Dulu Risikonya di Sini!

Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img