Currently set to Index
Currently set to Follow

Simak Cara Daftar Akun KSEI Untuk Cek Investasi Kamu!

Sebagai investor pasar modal yang masih awam, mungkin kamu masih buta arah terkait mendapatkan laporan transaksi investasi kamu. Nah, kamu tak perlu khawatir, sebab semuanya sudah terdapat di sistem AKSes milik Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sekarang, kamu tinggal memahami fungsi KSEI dan bagaimana cara daftar akun KSEI yang benar.

Dalam berinvestasi, semua aset investasi yang dimiliki investor tercatat di sistem Kustodian Sentral Efek Indonesia bernama AKSes. Aset-aset investasi di pasar modal yang berupa saham (ekuitas), reksadana, obligasi, dan kas tercatat dalam sistem ini.

Punya akun KSEI bersifat wajib bagi kamu yang baru meniti langkah di dunia investasi. Sebab, mulai 18 Februari 2021, seluruh laporan transaksi investor akan didapatkan melalui akun tersebut.

Tak perlu takut membayangkan persyaratan yang ribet untuk mendaftarnya. Sebab, mendaftar akun KSEI cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan informasi seperti email, nomor ponsel, dan nomor KTP/NIK.

Baca juga: Atur Risiko Investasi Melalui Reksadana, Ini 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Pahami

Simak Cara Daftar Akun KSEI Untuk Cek Investasi Kamu!, Pluang

Cara Daftar KSEI: Menilik Ketentuan Baru KSEI per 18 Februari 2021

Pemberlakuan aturan terkait penyampaian laporan berkala investasi sudah dimulai sejak 18 Februari 2021. Hal ini diatur dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 1/SEOJK.04/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Bukti Konfirmasi dan Pelaporan Berkala Reksadana secara Elektronik melalui Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu.

Kebijakan  baru ini diharapkan menjadikan pelaporan transaksi investor reksadana lebih transparan dan menambah perlindungan bagi investor.

Laporan transaksi yang dimaksud akan berupa surat konfirmasi subscription, redemption, dan switching serta laporan bulanan. Manajer investasi juga akan mengarahkan investor untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu pada AKSes KSEI. Jadi, bagaimana cara daftar KSEI?

Cara Daftar KSEI

Registrasi akun AKSes dapat dilakukan oleh:

  1. Investor, yakni investor pasar modal Indonesia yang telah memiliki single investor identification (SID), baik yang bersifat individu lokal (WNI), individu asing(WNA), institusi lokal, maupun institusi asing.
  2. Non-investor (Registered User), yakni individu lokal yang belum terdaftar sebagai Investor pasar modal Indonesia.

Terkait layanan AKSes KSEI, setiap investor reksadana memiliki nomor SID. Investor tinggal melakukan registrasi akun AKSes secara mandiri lewat langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke situs web AKSes KSEI (http://akses.ksei.co.id)
  2. Telusuri menu Daftar, pilih Tipe Investor (individu lokal/individu asing/institusi)
  3. Masukkan data-data pribadi, seperti nama, nomor induk kependudukan, alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif dan terdaftar pada partisipasi KSEI tempat investor membuka rekening efek
  4. Lakukan aktivasi, ikuti petunjuk berikutnya untuk melakukan aktivasi username dan password
  5. Buka email pribadi untuk melakukan aktivasi. Klik tautan yang ada di dalam email tersebut.
  6. Buat kata sandi sesuai login ke AKSes KSEI. Kata sandi yang harus dibuat perpaduan antara 8 karakter yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter khusus (!@#^*)
  7. Bila kata sandi sudah sesuai dengan persyaratan, klik Aktifkan akun saya.
  8. Pendaftaran telah selesai

Setelahnya, investor dapat login dan melihat portofolio investasinya di pasar modal.

Baca juga: Yakin Gak Mau Investasi Reksa Dana? Ini Lho 8 Manfaatnya!

Cek Portofolio Reksadana di AKSes KSEI

Jika sudah punya akun AKSes KSEI dan melengkapi cara daftar KSEI di atas, investor tinggal masuk (login) menggunakan kata sandinya. Ke depannya, investor hanya tinggal login untuk mengecek portofolio atau kepemilikan reksadana dan investasi lainnya. Bagaimana caranya? Berikut ini panduannya:

  1. Masuk ke AKSes, buka https://akses.ksei.co.id/ dan klik tombol MASUK di kanan atas.
  2. Masukkan email dan kata sandi
  3. Buka Portofolioku, pada bagian ini kita bisa lihat nama kita di sebelah kiri atas halaman. Lalu, di sebelah kiri juga kita bisa lihat berbagai tab. Pilih Portofolioku.
  4. Pilih Saldo, menu ini menunjukkan total nilai investasi dari seluruh produk yang kita miliki saat ini, mulai dari saham (ekuitas), reksadana, obligasi, kas dan lainnya. Terlihat juga grafik yang menunjukkan komposisi kepemilikan investasi investor di produk-produk investasi tersebut.
  5. Ada pula Menu Mutasi, menu ini memperlihatkan transaksi yang kita lakukan, baik pembelian atau penjualan. Kita dapat memasukkan kisaran (range) periode tanggal yang ingin kita lihat. Akan tampil transaksi baik pembelian maupun penjualan reksadana selama periode yang kita tentukan tersebut dengan informasi termasuk tipe transaksi, kode efek (reksadana), kustodian, jumlah unit, dan nilai investasi.
  6. Setelah melakukan cara daftar KSEI dengan benar, kamu bisa juga mengakses laporanmu secara langsung. Pada bagian Menu Laporan, akan ditampilkan investasi kita, baik berdasarkan mutasi reksadana atau laporan bulanan reksadana. Lalu kita bisa pilih periodenya dan klik download. Kita akan menerima laporan dalam bentuk PDF yang berisikan informasi nama reksadana, manajer investasi, agen penjual, jumlah unit penyertaan, NAB per unit, dan nilai investasi per akhir bulan yang kita pilih.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas, Bareksa, Bareksa, KSEI

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img