Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Memulai Investasi, hingga Exit Strategy dalam Investasi

Ketika kamu baru mengenal pasar saham, kamu masuk dengan banyak mimpi dan harapan. kamu mungkin berencana untuk menginvestasikan tabungan kamu dan menghasilkan keuntungan sebagai imbalannya. Namun, bagaimana jika kamu tidak tahu cara memulai investasi?

Meski ada ratusan contoh orang yang telah menciptakan kekayaan besar dari investasi di pasar saham, namun ada juga ribuan yang tidak.

Cara memulai investasi di pasar saham adalah kamu harus memahami tiga dasar ini: kamu harus membayar utang bunga tinggi kamu terlebih dahulu, investasikan hanya dana tambahan/surplus kamu, dan jangan lupa menyimpan uang tunai di tangan.

Sekarang setelah kamu memahami prasyarat dan dasar-dasarnya, berikut adalah langkah untuk mempelajari sendiri cara memulai investasi di pasar saham. Ikuti urutan langkah untuk pendekatan yang mudah untuk memasuki dunia investasi pasar saham.

Baca juga: Langkah-langkah Memulai Investasi

Bagaimana cara memulai investasi di pasar saham

Penting untuk memulai dengan menentukan tujuan investasi kamu. Mulailah memikirkan tujuan akhir. Ketahui apa yang kamu inginkan.

Apakah kamu ingin menumbuhkan uang simpanan (apresiasi modal) untuk mengalahkan inflasi dan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi?

Tertarikkah membangun pendapatan pasif dari investasi kamu melalui dividen? Apakah kamu berinvestasi untuk tujuan tertentu? Apakah kamu hanya ingin bersenang-senang di pasar sambil menciptakan kekayaan?

Ketika kamu mengetahui tujuanmu, kamu dapat memutuskan berapa banyak yang kamu inginkan dan untuk berapa lama kamu harus tetap berinvestasi.

Langkah berikutnya dari cara memulai investasi adalah dengan menambah pengetahuanmu. Ini dapat diperoleh dengan membaca beberapa buku investasi.

Sejumlah referensi investasi

Ada sejumlah buku bagus tentang investasi pasar saham yang dapat kamu baca untuk mempelajari dasar-dasarnya. Di antaranya adalah:

  1. The Intelligent Investor karya Benjamin Graham
  2. One Up on Wallstreet karya Peter Lynch
  3. Common Stocks and Uncommon Profits karya Phillip Fisher
  4. The Little Book That Beats the Market karya Joel Greenblatt.

Setelah menambah pengetahuanmu, kamu harus memilih broker saham. Memutuskan broker online adalah salah satu langkah terbesar yang perlu kamu ambil.

Kemudian, mulailah meneliti saham biasa dan berinvestasi. Mulailah memperhatikan perusahaan di sekitar kamu. Jika kamu menyukai produk atau layanan dari perusahaan manapun, gali lebih dalam untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan induknya, seperti apakah itu terdaftar di bursa atau tidak, seberapa harga sahamnya saat ini, dan lain-lain.

Kamu bisa memulai dengan berinvestasi di perusahaan besar yang populer. Dan setelah kamu nyaman di pasar, berinvestasilah pada perusahaan menengah dan kecil.

Baca juga: Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Langkah cara memulai investasi berikutnya

Langkah cara memulai investasi berikutnya, kamu harus memilih platform untuk melacak kinerjamu. Kamu cukup menggunakan spreadsheet excel atau google untuk melacak saham kamu. Buatlah spreadsheet dengan tiga tabel yang berisi:

  1. Saham yang kamu minati dan perlu dipelajari atau diselidiki.
  1. Mengetahui saham yang sudah kamu pelajari dan kamu anggap layak.
  1. Saham miscellaneous untuk saham lain yang ingin kamu lacak.

Dengan cara ini kamu dapat dengan mudah mengikuti saham. Selain itu, ada juga sejumlah situs web keuangan dan aplikasi seluler yang dapat kamu gunakan untuk memantau stok. Namun, cara paling mudah dan dianjurkan untuk melacak stok saham adalah menggunakan Google Sheet.

Langkah cara memulai investasi terakhir yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus memiliki rencana keluar atau exit strategy.

Exit strategy dalam investasi

Memiliki strategi keluar adalah sebuah keputusan yang sangat bagus. Ada dua cara keluar dari investasi saham. Baik dengan membukukan keuntungan atau dengan memotong kerugian.

Pada dasarnya hanya ada empat skenario ketika kamu harus menjual saham bagus dalam portfoliomu. Sempat skenario itu adalah: 1) ketika kamu sangat membutuhkan uang, 2) Ketika fundamental saham telah berubah, 3) ketika kamu menemukan peluang investasi yang lebih baik, dan 4) ketika kamu telah mencapai tujuan investasi.

Jika tujuan investasi kamu telah tercapai, maka kamu dapat keluar dari saham dengan senang hati. Atau setidaknya, pesan sebagian keuntungan dari portfolio saham kamu dan alihkan ke opsi investasi lain yang lebih aman.

Di sisi lain, jika saham telah jatuh di bawah tingkat selera risiko kamu, maka keluar lagi dari saham. Singkatnya, selalu ketahui opsi strategi keluar atau exit strategy kamu sebelum masuk ke investasi saham.

Itulah langkah-langkah cara memulai investasi yang akan membantu kamu mempelajari cara berinvestasi di pasar saham. Ikutilah langkah-langkah itu ketika kamu adalah seorang pemula dan belum terlalu banyak pengalaman di bidang investasi saham.

Teruslah belajar dan terus berkembang. Investasi di pasar saham adalah tempat yang dinamis dan terus berubah. Kamu hanya dapat mengikuti pasar saham jika kamu terus mau belajar dan berkembang.

Selain itu masih banyak lagi pelajaran yang akan kamu pelajari seiring dengan waktu dan pengalaman.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img