Currently set to Index
Currently set to Follow

Kepincut Gandakan Uang Tanpa Jalur Gaib? Simak Caranya di Sini!

Pernah terbayang tentang seorang ustaz yang punya kemampuan dan tahu cara menggandakan uang? Pak Ustaz di Babelan, Bekasi, Jawa Barat sempat mengaku punya kemampuan itu. Sampai akhirnya terkuak bahwa ia hanya melakukan aksi penipuan.

Gerak-gerik ustaz tersebut ditampilkan dalam unggahan video yang viral di media sosial. Video itu menampilkan seorang pria berambut gondrong yang mengenakan peci dan duduk bersila di lantai tengah menggandakan uang pecahan Rp100.000. Apakah ia benar seorang ustaz? Rupanya tidak demikian.

Terkait penipuan sang ustaz palsu itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa semua benda yang ada dalam video tersebut, termasuk uang, diduga palsu. “Sudah dibakar,” ujar Yusri.

Sebelum menipu dengan trik cara menggandakan uang, ia dikenal sebagai penjual benda-benda antik dan mistik dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sejauh ini, pihak polisi masih menyelidiki motif tindakan penipuan tersebut.

Memang sih, menempuh cara gaib sering menjadi pilihan bagi mereka yang mau menggandakan uang dengan cepat. Namun, tanpa mereka sadari, mengambil jalan tersebut tentu memiliki risiko yang tinggi. Tak hanya risiko “tak kasat mata” yang mengintai, namun juga risiko terjebak dalam modus penipuan.

Nah, Sobat Cuan, daripada main gaib dan kena tipu cara menggandakan uang, mending gandakan uang dengan cara yang aman saja. Meski memang, kamu perlu sabar dalam menunggu uang kamu berlipat ganda. Apa saja, tuh, caranya? Setidaknya ada lima cara aman yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Mulai dari Jumlah Kecil, Berikut 3 Cara Berinvestasi Saham Bagi Pemula

Kepincut Gandakan Uang Tanpa Jalur Gaib? Simak Caranya di Sini!, Pluang

1. Berinvestasi di Pasar Saham

Banyak pakar investasi menyebut bahwa berinvestasi di pasar saham adalah cara menggandakan uang terbaik dan relatif aman. Memang, pasar saham bisa berisiko dan ada kemungkinan investor merugi saat indeks saham memerah. Namun, di situlah tantangannya, bagaimana caranya memprediksikan agar kamu bisa cuan terus dari investasi saham.

Kamu tentu sudah khatam, bahwa membeli saham blue chip dari indeks LQ45 kalau untuk pasar saham Indonesia, atau indeks S&P 500 untuk pasar saham AS berpotensi besar memberimu cuan maksimal. S&P 500 dipandang sebagai indeks pasar saham terkemuka dengan tingkat pengembalian rata-rata 8% sejak 1957. Dengan tingkat itu, tentu kamu bisa melipatgandakan investasimu dengan lebih optimal.

Nah, bagaimana caranya kalau kamu tidak punya cukup duit untuk investasi di S&P 500? Jangan khawatir, sekarang, kamu bisa memasang investasi di indeks saham AS terbesar ini dengan mudah dan efisien lewat aplikasi Pluang.

Kuncinya adalah segera mulai berinvestasi. Semakin cepat kamu mulai investasi, maka semakin cepat pula kamu menumbuhkan uangmu dengan cara yang relatif aman.

Salah satu contoh mencengangkan adalah Warren Buffett yang kini jadi orang tajir sejagat.

Pada 1988, ia memborong saham Coca Cola dengan harga US$3,24 sen per saham. Ternyata, pada 1991, harga saham Coca Cola naik dua kali lipat. Dengan dividen US$1,64 per saham setiap tahun yang ia terima sejak 1988 dan kenaikan harga saham yang stabil, Buffett memperoleh laba hingga 50,6% setiap tahunnya. Dengan kata lain, ia berhasil menggandakan uangnya setiap dua tahun.

Inilah alasannya kenapa Buffett tidak peduli dengan perubahan harian dalam harga pasar saham yang biasanya bikin para trader memijit kening memperhatikan grafik. Yang Buffet lakukan sebagai cara menggandakan uang efektif adalah dengan terus menanam uangnya dalam investasi saham, sementara bunga dan dividennya kian tumbuh tiap tahunnya.

2. Berinvestasi di Real Estate

Banyak yang percaya bahwa pasar saham adalah satu-satunya cara untuk menumbuhkan kekayaan. Tapi, ada prinsip yang dinamakan “diversifikasi portofolio”, alias kamu mesti menempatkan investasimu pada beberapa jenis aset berbeda. Maka, tentu kamu perlu juga memikirkan alternatif lain sebagai cara menggandakan uang.

Investasi di real estate adalah salah satu pilihan investasi yang dilirik saat ini. Terutama berkat crowdfunding yang sukses di banyak sektor. Jalan crowdfunding ini memungkinkan kamu berinvestasi di aset properti atau real estate dengan sumber daya minimal. Ini juga memungkinkanmu untuk menghindari ribetnya urusan mengelola properti kalau jadi milik pribadi. Lebih enak kamu berinvestasi, dan propertinya dirawat oleh pihak manajemen tersendiri, kan?

Di AS sana, ada platform berinvestasi real estate yang hanya membutuhkan modal dasar US$500 lewat Fundrise. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk menemukan properti yang sesuai dengan profil risikonya, termasuk jenisnya: apartemen, properti komersial, dan pembangunan rumah baru. Selain Fundrise, ada juga platform Roofstock yang menawarkan cara berinvestasi di real estate yang relatif mudah.

3. Buka Rekening Tabungan

Memiliki tabungan adalah cara klasik menggandakan uang. Dan semestinya, kamu pun sudah tahu soal ini. Meskipun, menggandakan uang lewat tabungan bakal memakan waktu bertahun-tahun lamanya. Namun, karena kamu perlu melakukan diversifikasi portofolio, tentunya kamu perlu juga menempatkan uangmu di wadah yang relatif minim risiko juga.

Meskipun, pandemi saat ini memperburuk keadaan, setidaknya rekening tabungan cenderung likuid alias cair. Sehingga, kamu bisa memanfaatkannya sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Tabungan ini juga dapat kamu pergunakan untuk modal menjalankan ide bisnis kecil atau UMKM.

Baca juga: Tergiur Investasi Bitcoin? Cek Dulu 3 Syarat Kesiapan Kamu di Sini!

4. Pinjamkan Uangmu kepada Orang Lain

Sudah familiar dengan istilah P2P lending, dong? Nah, begitulah, peer to peer lending adalah salah satu cara unik menggandakan uang dengan mudah.

Kamu tinggal gunakan aplikasi P2P lending, pilih kepada siapa kamu hendak meminjamkan uangmu dan dengan bunga berapa, voila, uangmu pun berlipat. Tapi tentunya, untuk menghindari risiko gagal bayar, kamu perlu pastikan keamanan aplikasi tersebut dan juga cek risiko kredit dari peminjam.

Orang-orang yang menggunakan platform semacam ini cenderung memakainya untuk pinjaman pribadi tanpa jaminan. Di antaranya untuk konsolidasi utang, mendanai renovasi rumah, atau kredit lainnya.

5. Lunasi Utang

Kok, bisa? Melunasi utang bisa jadi cara menggandakan uang? Jelas bisa, dong.

Ini dia, nih, yang sering dilupakan oleh banyak orang. Bahwa untuk melipatgandakan uang, bukan berarti kamu memperbanyaknya dari uang yang ada di genggamanmu. Tapi, hal ini juga bisa kamu lakukan dengan memangkas atau “membunuh” kredit-kredit yang menggerogotimu beserta bunga-bunganya.

Rumus sederhananya, melunasi utang membantumu menciptakan kekayaan karena utang adalah salah satu bagian dari persamaan kekayaan bersih. Saat kamu melunasi utang, kamu menabung uang yang akan digunakan untuk membayar bunga. Uang itu lantas dapat digunakan lagi dengan cara lain.

Jadi bagaimana Sobat Cuan? Mending menggandakan uang dengan instan dan berbahaya lewat jalan pintas atau menggandakan uang dalam jangka panjang secara aman?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas, Frugal Rules, My Money Wizard

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img