Currently set to Index
Currently set to Follow

4 Kesalahan Investasi Ethereum yang Sebaiknya Kamu Hindari

Ethereum baru-baru ini naik daun dan kembali beranjak menuju level US$3.000 setelah harganya sempat anjlok di bawah US$2.000 sepekan lalu. Kondisi ini tentu bikin pecinta aset kripto mulai kembali tergiur investasi aset kripto satu ini.

Dengan kenaikan harga baru-baru ini, kamu mungkin telah memutuskan bahwa sekaranglah waktunya untuk investasi Ethereum. Namun, jangan pernah gelap mata, Sobat Cuan! Kenaikan harga Ethereum mungkin terlihat lezat. Tapi, kalau kamu melakukan kesalahan investasi Ethereum, cuan yang didapat mungkin nyungsep begitu saja.

Nah, jika Sobat Cuan berencana untuk membeli aset kripto ini, berikut adalah beberapa kesalahan investasi Ethereum yang harus kamu dihindari.

Baca juga: Apa Sih Keterkaitan Harga Bitcoin dan Altcoin? Yuk Simak di Sini!

4 Kesalahan Investasi Ethereum yang Sebaiknya Kamu Hindari, Pluang

1. Tidak Melakukan Riset Soal Ethereum Terlebih Dahulu

Sebelum Sobat Cuan menaruh uang hasil jerih payah kamu ke investasi Ethereum, luangkan waktu untuk mempelajarinya. Ini adalah aturan praktis yang bijak untuk investasi apa pun. Kamu tidak perlu menjadi ahli dalam Ethereum, tetapi mengetahui cara kerjanya dan apa yang membuatnya unik akan membantumu.

Pengetahuan tentang Ethereum sangat penting karena betapa mudah menguapnya nilai di pasar kripto. Kemungkinan besarnya, akan terus ada pergerakan harga yang signifikan di masa depan. Ketika kamu memahami Ethereum dan kamu percaya pada nilainya, kamu cenderung tidak terpengaruh oleh tren atau harga saat ini.

Baca juga: Portofolio Aset Kripto Ambyar? Simak 10 Strategi Sikapi Anjloknya Kripto!

3. Kesalahan Investasi Ethereum: Mencoba Mengatur Waktu Pasar

Mengingat Ethereum mendekati level tertinggi sepanjang masa, sangat menggoda untuk menunggu sampai harga turun sebelum kamu membeli. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu akan menunggu sampai jumlahnya turun di bawah jumlah tertentu, dan kemudian melakukan investasi.

Masalahnya adalah, tidak ada yang bisa menentukan waktu pasar secara akurat. Tidak ada jaminan bahwa Ethereum akan turun ke harga target kamu. Mungkin malah terus meningkat, yang bisa membuat kamu menyesal jika tidak membeli sekarang.

Atau, bayangkan harga turun secara signifikan. Itu akan memberi kamu kesempatan untuk membeli dengan harga rendah, kecuali jika kamu mulai menebak-nebak keputusan kamu karena kamu khawatir harga akan semakin turun.

Jika kamu akan investasi Ethereum, anggap itu sebagai investasi jangka panjang. Belilah karena kamu yakin harganya akan naik di tahun-tahun mendatang, bukan dengan harapan bisa kaya dalam hitungan minggu.

4. Menempatkan Semua Uang Kamu di Ethereum

Sebagian besar cryptocurrency bersifat volatil, aset berisiko tinggi, dan itu termasuk Ethereum.

Imbal hasilnya sejauh ini fantastis, tetapi itu dapat berubah dengan cepat. Contohnya terjadi pada 2018 lalu, di mana harga Ethereum pernah anjlok hingga di bawah US$100 setelah menduduki puncak US$1.200 per keping. Butuh lebih dari tiga tahun sebelum Ethereum menembus angka US$1.200 lagi.

Untuk meminimalkan risiko kamu, pastikan Sobat Cuan mendiversifikasi investasi kamu. Pedoman yang baik adalah mencadangkan 5% hingga 10% dari portofolio kamu untuk kripto. Kamu dapat menggunakannya sepenuhnya untuk Ethereum, atau kamu dapat memasukkan lebih banyak cryptocurrency.

Untuk portofolio kamu yang lain, tetap gunakan investasi dengan volatilitas yang lebih rendah dan rekam jejak kesuksesan yang lebih lama, seperti reksa dana contohnya.

Baca juga: Apa Saja Sih Momen FUD Terbesar di Aset Kripto? Yuk, Simak di Sini!

4. Tidak Membeli Melalui Bursa Kripto yang Punya Reputasi Baik

Ada lebih banyak cara untuk investasi Ethereum. Bursa cryptocurrency adalah salah satu opsi umum. Ada juga aplikasi dan pialang saham lain tempat kamu bisa mendapatkan Ethereum dan aset kripto lainnya.

Namun, tidak setiap opsi bagus. Banyak bursa cryptocurrency palsu bermunculan, dengan tujuan mencuri uang orang. Dan bahkan cara yang sah untuk membeli kripto mungkin memiliki biaya atau limit yang berlebihan.

Nah, jika kamu baru membeli kripto, cara termudah untuk tetap aman adalah dengan tetap berpegang pada bursa aset kripto terbaik. Secara khusus, cari bursa yang menawarkan asuransi dan menyimpan sebagian besar aset kripto di cold storage, atau offline.

Apabila kamu akan memakai jasa perusahaan pialang saham, cari yang terbaik di antara pilihan teratas. Banyak tawaran dan fitur yang menarik, seperti promo pendaftaran khusus, dukungan pelanggan yang luar biasa, tanpa komisi, aplikasi yang intuitif, dan lainnya.

Intinya, temukan perusahaan pialang saham yang sesuai dengan kebutuhan investasi kamu. Misalnya Pluang!

Di Pluang, kamu bisa berinvestasi Ethereum secara mudah dan aman. Selain itu, kamu pun bisa dengan mudah mendiversifikasikan Ethereum dengan kelas aset lainnya. Yuk, segera investasi Ethereum di Pluang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Fool.com

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img