Currently set to Index
Currently set to Follow

Tergiur Aset Kripto? Simak 4 Tanda Kesiapan Kamu dalam Investasi Kripto!

Demam investasi cryptocurrency memang tengah melanda para pemburu cuan. Tidak hanya di Indonesia, namun juga masyarakat umum secara global. Penyebabnya, apalagi kalau bukan cuan yang mumpuni dari aset kripto.

Ambil contoh Bitcoin. Dengan harga saat ini di kisaran US$40.000 per keping, raja aset kripto ini telah mengalami pertumbuhan nilai sebesar 308,5% dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, Ethereum juga mengalami pertumbuhan sebesar 923% di periode yang sama.

Kripto berpotensi menjadi investasi yang menguntungkan, tetapi mungkin tidak untuk semua orang. Di tengah fluktuasinya yang kencang, ternyata tidak semua orang bisa terima dengan kencangnya risiko investasi cryptocurrency.

Nah, kalau kamu sendiri bagaimana, Sobat Cuan? Apakah kamu sudah siap mengambil risiko cryptocurrency atau tidak? Jika belum tahu, yuk pahami empat tanda kamu sudah siap ambil risiko aset kripto di bawah ini!

4 Tanda Kamu Siap Terjun ke Investasi Cryptocurrency

1. Kamu Memiliki Toleransi yang Tinggi Terhadap Risiko Kripto

Cryptocurrency adalah investasi berisiko tinggi dan memiliki volatilitas ekstrem.

Bitcoin, misalnya, telah kehilangan sekitar 80% nilainya pada masa lalu. Hanya dalam seminggu, harganya bisa turun sekitar 20%. Meskipun telah berhasil pulih dari penurunan masa lalu, namun tidak semua investor dapat mentolerir tingkat volatilitas tersebut.

Selain itu, aset ini secara umum adalah investasi yang sangat spekulatif. Kita berada di wilayah yang belum ‘dipetakan’, dan tidak ada yang tahu aset kripto akan menjadi seperti apa dalam jangka panjang. Kini, aset ini bisa mengubah peruntungan hidup, tetapi hal itu bisa dengan mudah menjadi tidak berharga di masa depan.

Hal ini bukan untuk mengatakan bahwa aset kripto merupakan investasi yang buruk ya, Sobat Cuan. Hanya saja, ketika berinvestasi, kamu masih perlu toleransi risiko yang tinggi untuk dapat bertahan dari rollercoaster volatilitas.

Baca juga: Mengapa Volume Transaksi Sangat Penting bagi Pergerakan Harga Kripto?

Tergiur Aset Kripto? Simak 4 Tanda Kesiapan Kamu dalam Investasi Kripto!, Pluang

2. Kamu Memiliki Dana Darurat yang Cukup

Karena aset kripto sangat berisiko, Sobat Cuan penting untuk memastikan ketersediaan dana darurat yang sehat sebelum berinvestasi.

Kamu mungkin akan terpaksa menjual investasi kripto kamu jika tidak memiliki dana darurat dan dihadapkan dengan pengeluaran tak terduga. Malahan, kamu bisa berakhir lebih buntung lagi. Sebab, kamu bisa berakhir dengan menjualnya di saat harga berada di titik terendah

Dana darurat dalam hal ini adalah tabungan yang cukup untuk menutupi setidaknya tiga sampai enam bulan biaya hidup kamu. Dengan begitu, jika kamu mengeluarkan biaya tak terduga, kamu dapat membiarkan investasi kripto kamu tanpa perlu merugi.

Mau tahu caranya menyimpan dana darurat? Yuk, klik artikel tips mengumpulkan dana darurat ini!

Baca juga: Sudah Siap Cuan? Yuk Simak 3 Katalis Positif Harga ETH di Juni Berikut!

3. Kamu Telah Melakukan Riset Tentang Investasi Cryptocurrency

Tidak semua aset kripto diciptakan sama, jadi penting untuk melakukan riset saat memutuskan mana yang akan dibeli.

Bitcoin, misalnya, memiliki rekam jejak terpanjang. Contoh lainnya, Ethereum, memiliki potensi dalam beberapa hal. Sementara itu, Dogecoin mungkin merupakan cryptocurrency paling berisiko dari semuanya.

Sebelum kamu menginvestasikan uang, tanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan kritis tentang setiap mata uang yang dipertimbangkan. Apakah koin yang kamu pilih memiliki keunggulan kompetitif di industri kripto? Bagaimana kegunaannya di dunia nyata? Apakah koin jagoanmu punya potensi pertumbuhan jangka panjang?

Semakin banyak riset yang kamu lakukan sebelum berinvestasi, maka semakin baik peluang untuk memilih aset kripto terbaik.

Baca juga: El Salvador Resmi Adopsi Bitcoin Sebagai ‘Uang’. Harga Bitcoin Bakal Naik?

4. Kamu Memiliki Portofolio yang Terdiversifikasi

Portofolio yang terdiversifikasi sangat penting. Bahkan, hal ini akan terasa lebih penting ketika kamu investasi cryptocurrency. Jika investasi kripto memburuk, kamu akan membutuhkan portofolio saham, reksadana, atau emas yang kuat untuk dijadikan sandaran.

Salah satu cara termudah untuk membangun portofolio yang terdiversifikasi adalah berinvestasi dalam reksadana indeks atau ETF, seperti Pluang S&P 500. Dengan cara ini, Sobat Cuan mendapatkan eksposur luas ke ratusan saham kuat di berbagai industri.

Jika kamu lebih suka berinvestasi di saham individu, cobalah berinvestasi di setidaknya 10 hingga 15 saham dari berbagai industri. Idealnya, kamu akan memiliki portofolio inti dari saham yang kuat dan stabil sebelum menambahkan aset kripto ke dalam campuran.

Atau, kalau mau lebih aman lagi, kamu bisa mendiversifikasikan aset kriptomu dengan emas. Jika mau lebih nyaman, maka kamu bisa mendiversifikasikan aset kriptomu dengan aset lain dalam satu platform investasi saja.

Nah, dalam hal ini, kamu bisa melakukan diversifikasi investasi cryptocurrency di Pluang! Selain memiliki Bitcoin dan Ethereum, kamu juga mendiversifikasikannya ke di emasS&P 500, dan reksa dana . Yuk, diversifikasikan aset kriptomu di Pluang sekarang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Fool

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img