Currently set to Index
Currently set to Follow

Bitcoin vs Ethereum, Kamu Pilih Yang Mana?

Bitcoin atau ethereum adalah cryptocurrency terbesar pada masa sekarang ini. Lantas, mana yang lebih baik antara bitcoin vs ethereum?

Cryptocurrency adalah cara lain untuk berinvestasi. Memiliki nilai keuntungan yang cepat, membuat banyak orang meliriknya.

Bitcoin atau ethereum sama-sama cryptocurrency. Namun, bitcoin vs ethreum “memiliki dua cerita dan dua kepribadian yang berbeda”, terang Yang, pemimpin firma keuangan Duane Morris.

Bitcoin mulai diperjual belikan pada tahun 2009 dengan harga kurang dari 0,01 USD. Harganya terus naik hingga dan mencapai puncaknya pada tahun 2017 dengan harga lebih 20.000 USD.

Sementara itu, ethereum memulai sejarahnya pada tahun 2015 dengan harga 2,83 USD. Dalam tiga tahun, harganya bernilai 1.400 USD.

Bitcoin vs ethereum sama menguntungkannya. Simak ulasan di bawah untuk menentukan bitcoin atau ethereum.

Baca juga: Apa Itu Cryptocurrency?

Penjelasan Bitcoin vs ethereum

Orang semakin gencar mencari tahu bitcoin vs ethereum. Sebagai pemimpin cryptocurrency, nilai seluruh pasar bitcoin adalah 230 M USD. Berikut alasan mengapa bitcoin semakin merajai cryptocurrency.

Bitcoin memiliki “halving event”. Waktu di mana penambang bitcoin bisa menambatkan hadiah. Namun, pada pertengahan 2020 lalu, hadiah bitcoin dipotong 50 persen. Total imbalan event ini sebesar 21 juta bitcoin. Dalam sejarahnya, hampir 18,2 juta bitcoin sudah beredar.

Bitcoin mendapatkan banyak perhatian dari para investor global. “Bitcoin memiliki daya tarik paling besar di antara lembaga keuangan besar dan investor ekuitas swasta”, terang Alex Adelman, CEO dan pendiri Lolli. Lolli sendiri merupakan aplikasi penghargaan pertama yang memungkinkan orang mendapatkan bitcoin saat melakukan online shopping.

Nilainya relatif stabil dan bentuknya yang sederhana membuatnya mudah diterima. “Tujuan utama bitcoin adalah sebagai alternatif mata uang fiat”, papar Cindy Yang. Yang merupakan pemimpin firma keuangan industri fintech Duane Morris.

Mata uang ini tersentralisasi di luar bank sentral. Namun, pasokannya tetap dijaga semaksimal mungkin, sesuai dengan patokan yang ada. Hal tersebut yang membuat bitcoin dapat diterima orang di seluruh dunia. Menurut Yang, sifat kesederhanaan tersebut telah memiliki dampak nyata di dunia. Termasuk, berdampak positif terhadap aset digital itu sendiri.

Lebih lanjut, Yang memberikan contoh nyata penggunaan dari bitcoin vs ethereum. Bitcoin sudah digunakan untuk pembayaran. Misalnya, orang sudah bisa membeli properti maupun kopi dengan bitcoin. Lebih penting lagi, orang sudah menggunakan bitcoin sebagai salah satu bentuk investasi.

Baca juga: Memperkenalkan Bitcoin, Mata Uang Elektronik sebagai Investasi Alternatif

Faktor menarik ethereum

Sebelum menentukan bitcoin vs ethereum, kalian perlu memahami kedua cryptocurrency tersebut. Kedua cryptocurrency tersebut memiliki motivasi dan tujuan yang berbeda-beda.

Tujuan berbeda ethereum yang berbeda dengan bitcoin. Jika bitcoin sebagai investasi, ethereum bertindak sebagai jaringan komputasi yang terdesentralisasi untuk pengembangan aplikasi. Begitulah penjelasan Zac Prince, seorang pendiri dan CEO BlockFi, pemberi pinjaman crypto dan perusahaan manajemen aset.

Yang pun menyetujui perbedaan tujuan ini. “Saya pikir mereka sangat berbeda sehingga ini seperti memiliki di antara dua saham dari sektor yang berbeda” pungkasnya.

Motivasi ethereum untuk mengubah cara transfer hipotek, perdagangan sekuritas, dan bidang lain yang mampu beradaptasi dengan sistem ini.

Ethereum memiliki lebih banyak pengembangan. Secara teknis, cryptocurrency yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi ethereum disebut ‘ether’. Namun, lebih populer disebut sebagai ethereum.

Jumlah repositori terkait Github ethereum adalah 223 atau berbanding empat dengan bitcoin. Repositori ini mirip dengan folder proyek tempat pengembangan dimana akan banyak kolaborasi melalui Github. Sehingga, pengguna dapat mengakses informasi proyek.

Perbedaan mendasar bagaimana blok ethereum dibuat. Prinsip ekonomi adalah penambang yang memiliki komputasi kuat akan mendapatkan keuntungan atau saham terbanyak pula. Namun, beberapa pihak percaya bahwa hal tersebut berisiko.

Ethereum akan ‘menjadi koin bukti kepemilikan dana’. Artinya, dia tidak hanya sebagai ‘bukti kerja’ penambang. Begitulah papar Clem Chambers, CEO online Blockchain and ADVFN, sebuah situs web investor global terkemuka.

Lantas, mana yang lebih baik antara bitcoin vs ethereum? Kalian harus menyesuaikan dengan jangka waktu investasi. Dalam sepuluh tahun ke depan, bitcoin jelas akan menguntungkan. Namun, ethereum juga mengalami banyak pengembangan yang tidak kalah menggiurkannya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Money US News

Simak juga:

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img