Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Investasi Cryptocurrency Agar Bisa Untung Maksimal

Apakah kamu ingin berinvestasi di cryptocurrency alias mata uang digital? Artikel ini akan menjelaskan cara investasi cryptocurrency. Kenapa cryptocurrency? Karena banyak pakar keuangan beranggapan bahwa bitcoin dan cryptocurrency lainnya seperti ethereum, monero, Zcash, dan lain-lain adalah masa depan.

Agar kamu paham cara investasi cryptocurrency, kamu harus membaca, mendengarkan, belajar dan menyerap semua yang kamu bisa tentang cryptocurrency.

Ada pepatah investasi umum yang mengatakan bahwa konsentrasi membuatmu kaya, sedangkan diversifikasi membuatmu tetap kaya. Maka, cara investasi cryptocurrency yang akan kita pelajari adalah tentang diversifikasi.

Baca juga: Investasi Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Memahami cara investasi cryptocurrency dan diversifikasi

Setiap cryptocurrency tercipta untuk tujuan yang berbeda. Lebih dari satu dekade, akan ada lonjakan permintaan di pasar jaringan. Dalam hal cara investasi cryptocurrency, setiap orang harus memiliki strategi keuangan yang beragam.

Pada akhirnya kamu tidak boleh memasukkan semua investasimu ke dalam satu strategi. Apakah mendiversifikasi asetmu dalam crypto benar-benar cara terbaik untuk berinvestasi?

“Jangan menaruh semua telurmu dalam satu keranjang. Diversifikasi.”

Pada tahun 1952, Harry Markowitz, seorang ekonom Amerika Serikat dan pemenang nobel memberikan kata-kata terkenal yang saat ini masih digunakan sebagian besar sekolah bisnis untuk mendorong manfaat diversifikasi.

Faktanya, itu menjadi pepatah sehingga bahkan orang awam masih menggunakannya hari ini untuk menyoroti pentingnya tidak mengambil risiko yang tidak perlu.

Peter Lynch adalah seorang pengusaha Amerika Serikat dan investor saham terkenal lainnya yang bersumpah dengan diversifikasi portfolio. Memang, dia tidak pernah melihat saham yang tidak ia sukai. Saat bertanggungjawab atas dana perusahaan Magellan, Mr. Lynch memiliki portfolio lebih dari seribu saham.

Ketahui pentingnya diverisfikasi portofolio

Jika kamu seorang yang baru belajar cara investasi cryptocurrency dan manajemen risiko, kamu pasti akan menggarisbawahi pentingnya diversifikasi portfolio tanpa berpikir dua kali.

Ini akan menjadi dasar dari setiap strategi perdaganganmu. Sementara itu jika kamu melihat lebih dekat beberapa investor paling menonjol portfolionya, yang akan kamu temukan adalah mereka sangat terkonsentrasi.

Investor hebat seperti Warren Buffett dan George Soros memiliki portfolio yang terkonsentrasi. Bagi Mr. Buffett, diversifikasi berlebihan memberinya situasi “risiko rendah, keuntungan rendah.”

Dan itu menurutnya membuang-buang waktunya. Seorang investor dengan selera risiko rendah tidak memiliki keyakinan apapun untuk mendapatkan uangnya kembali.

John Maynard Keynes, seorang ekonom Inggris yang hidup pada pertengahan abad ke-20 dan pengaruhnya begitu kuat di mana semua aliran pemikiran modern menyandang namanya.

Keynes memberikan dukungan yang teguh untuk memusatkan investasinya. Warren Buffett juga setuju, “Diversifikasi luas hanya diperlukan jika investor tidak memahami apa yang mereka lakukan.”

Tidak ada yang salah dengan diversifikasi. Tetapi kamu mungkin harus menunggu lebih lama untuk melakukan investasimu dengan sangat baik. Waktu tidak ada di pihakmu. Menciptakan kekayaan yang mengubah hidup akan menjadi lebih sulit. 90% cryptocurrency telah mati.

Baca juga: Investasi Cryptocurrency untuk Jangka Panjang, Mengapa?

Mempertimbangkan cara investasi cryptocurrency, masih menguntungkan tidak?

Sebelum berinvestasi di cryptocurrency. Kamu harus memahami The Lindy Effect. Istilah ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1964 oleh Albert Goldman, seorang penulis Amerika yang menulis tentang dunia musik di New York City.

Apa yang dia temukan adalah bahwa pertunjukan Broadway yang berlangsung 100 hari memiliki harapan hidup di masa depan 100 hari lagi. Dan untuk pertunjukan yang berlangsung 200 hari, mereka bertahan 200 hari lagi.

Efek ini hanya berlaku untuk aset yang tidak mudah rusak, aset yang tidak terdepresiasi seiring bertambahnya usia. Ini tidak berlaku untuk makanan atau makhluk hidup seperti apel atau manusia.

Ide, ideologi, teknologi, dan sistem memang menunjukkan beberapa bentuk efek Lindy. Dan cryptocurrency adalah semua di atas.

Oleh karena itu, bagaimana kamu mengalokasikan portofolio cryptocurrency kamu untuk mendapatkan keuntungan maksimum dalam jangka panjang juga harus bergantung padanya pada efek Lindy.

Dalam cara investasi cryptocurrency kamu juga harus mempertimbangkan the bee hive scenario.

Pertimbangkan skenario thee bee hive dalam investasi

Bayangkan sebuah sarang yang penuh dengan madu yang kaya dan manis, dan lebah-lebah mengerumuninya. Semakin banyak madu yang dimilikinya, semakin besar insentif bagi beruang lapar untuk menyerangnya.

Seiring waktu, serangan ditolak. Semakin lama sarang ini ada, semakin kuat pertahanannya. Tapi itu juga berarti ada lebih banyak insentif untuk beruang yang lebih besar dan lebih kuat untuk menyelidiki mereka.

Jaringan seperti bitcoin yang bertransaksi puluhan miliar dolar sehari diserang setiap hari. Ini adalah sarang besar yang diisi dengan nilai yang sangat besar, dan telah mengalami 10 tahun serangan konstan tanpa gagal atau bahkan offline untuk sesaat.

Itu berarti Bitcoin memiliki bukti kuat selama satu dekade untuk keamanannya.

Sementara dalam skema besar waktu, ini adalah periode yang relatif singkat, dibandingkan dengan semua pesaingnya, jaringan ini sejauh ini merupakan jaringan yang paling kuat dan paling aman & dirancang secara artifisial di planet ini.

Itulah cara investasi cryptocurrency. Jadi, apakah kamu adalah orang yang murni pendukung dan HODLers yang benar-benar peduli dengan evolusi mata uang digital ini?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img