Currently set to Index
Currently set to Follow

Ragu Sama DeFi? Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Perhatikan Teknologi Ini!

Teknologi decentralized finance (DeFi) memang menjadi buah bibir di kalangan pecinta aset kripto setahun belakangan. Banyak pihak menilai DeFi adalah revolusi keuangan di masa depan, sementara sebagian lain menganggapnya sebagai disrupsi sektor jasa keuangan yang sudah ada saat ini.

Decentralized finance sendiri merupakan ragam aplikasi jasa keuangan yang dioperasikan di atas teknologi blockchain.

Melalui aplikasi DeFi, penggunanya bisa melakukan jasa keuangan konvensional, misalnya pinjam meminjam, tanpa memerlukan perantara seperti bank atau perusahaan pembiayaan. Sebab, seluruh transaksi di dalamnya dilakukan secara otomatis melalui sistem yang bertajuk smart contracts.

Karena dianggap sebagai kemajuan di industri jasa keuangan, maka ada baiknya kamu mulai memperhatikan perkembangan teknologi decentralized finance ke depannya. Siapa tahu, sistem ini bisa menopang kegiatan keuanganmu kelak nanti.

Baca juga: Apa Itu Decentralized Finance (DeFi) ?

Ragu Sama DeFi? Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Perhatikan Teknologi Ini!, Pluang

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Perhatikan Decentralized Finance

#1 Decentralized Finance Adalah Evolusi Jasa Keuangan ‘Paling Logis’

Melalui decentralized finance, masyarakat bisa meminjam atau meminjamkan uang melalui koneksi langsung dua arah (peer-to-peer) tanpa perantara. Bahkan, ada kemungkinan kamu bisa menggunakan jasa asuransi melalui teknologi ini.

Secara konsep, DeFi akan mempermudah penggunanya untuk menikmati layanan keuangan yang dimaksud. Hal ini kerap diibaratkan seperti layanan streaming seperti Netflix lakukan terhadap stasiun televisi konvensional.

#2 Teknologi Decentralized Finance Memaksimalkan Potensi Kegunaan Jaringan Blockchain

Aplikasi DeFi tidak hanya memudahkan penggunanya untuk mengakses jasa keuangan, namun juga membantu mereka untuk menikmati layanan jasa keuangan dengan cepat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa teknologi blockchain ternyata bisa dikembangkan untuk berbagai hal. Siapa tahu, aplikasi DeFi nantinya bisa membuka pintu dalam menguak manfaat-manfaat teknologi blockchain lain yang belum diketahui umat manusia.

#3 Teknologi DeFi Membuat Jasa Keuangan Bisa Diakses dengan Mudah

Banyak masyarakat yang selama ini tidak bisa, atau dianggap tidak layak, mengakses layanan jasa keuangan dengan berbagai alasan. Misalnya, pengajuan pinjaman mereka kerap ditolak oleh pihak perbankan, atau pengajuan asuransi mereka dimentahkan lantaran profil risiko yang terlalu besar.

Dengan teknologi decentralized finance, mereka yang sebelumnya “disisihkan” oleh sektor keuangan konvensional nantinya bisa mengakses jasa keuangan dengan mudah.

Baca juga: Apa Itu Decentralized Applications (dApps)?

#4 Teknologi Decentralized Finance Masih dalam Tahap Awal

Kalau kamu adalah fans garis keras aset kripto, kamu tentu tidak akan mengacuhkan perkembangan mengenai defi. Memang, sebagian besar proyek-proyek DeFi masih dalam tahap awal, namun terdapat ekspektasi bahwa pemain-pemain besar di sektor jasa keuangan nantinya juga akan bergerak ke teknologi ini.

#5 Paling Penting: Aplikasi DeFi Mendorong Harga Ethereum

Nah, kalau kamu adalah pecinta Ethereum, perkembangan mengenai teknologi DeFi tentu tidak boleh luput dari perhatianmu. Sebab, jika aplikasi DeFi mulai marak digunakan, bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan membawa terbang harga Ethereum di kemudian hari.

Mengapa demikian? Sekadar informasi, decentralized finance adalah aplikasi yang beroperasi di atas jaringan smart contracts yang dikembangkan oleh Ethereum. Jaringan tersebut untuk saat ini tidak dimiliki oleh aset kripto lain, termasuk Bitcoin.

Kondisi inilah yang disebut-sebut sebagai keunggulan Ethereum dibanding Bitcoin. Bahkan, kini banyak investor yang sudah mendapuk Bitcoin hanya sebagai aset kripto penyimpan kekayaan semata. Di sisi lain, mereka malah menilai Ethereum sebagai mata uang kripto yang lebih bermanfaat karena bisa digunakan untuk mengakses layanan jasa keuangan.

Banyak pihak mengatakan bahwa faktor inilah yang nantinya menjadi “senjata” Ethereum dalam melawan Bitcoin untuk memperebutkan titel kapitalisasi pasar aset kripto terbesar di dunia.

Baca juga: Apa Itu Corporate Finance?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: BitPanda

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img