Currently set to Index
Currently set to Follow

Sobat Cuan, Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Altcoin

Kiprah Bitcoin (BTC) sebagai dedengkot aset kripto sudah tidak diragukan lagi. Sejak muncul 2009 lalu, aset digital ini membawa keriuhan dalam perkembangan ekonomi digital hingga sekarang. Hal itu tercermin dari banyaknya aset kripto yang bermunculan dan mengikuti jejak sukses Bitcoin, atau akrab disebut sebagai altcoin.

Berdasarkan data Coinmarketcap, saat ini terdapat 5.398 koin dan token aset kripto yang mencoba menyaingi dominasi Bitcoin. Apalagi, melihat perkembangan beberapa waktu terakhir, pertumbuhan beberapa nilai altcoin dipandang lebih baik dibanding Bitcoin berkat altcoin season.

Menggenggam altcoin terbilang menggiurkan, bukan? Tapi, jangan mudah terkecoh, Sobat Cuan. Banyaknya koin alternatif yang beredar tentu bikin kamu puyeng sebelum menjajal peruntungan di kancah kripto. Pertanyaan seperti koin apakah yang perlu kamu genggam hingga prospek altcoin ke depan pasti singgah di benakmu saat ini.

Sehingga, kamu perlu membekali dirimu dengan beberapa pertimbangan sebelum nyemplung ke kolam altcoin. Nah, untuk mempermudah pertimbanganmu, berikut ada lima pertanyaan yang harus kamu ajukan ke diri sendiri sebelum memutuskan menggenggam satu koin alternatif tertentu.

Baca juga: Harga Bitcoin, Ethereum, dan Cryptocurrency Lain Diprediksi Meroket

5 Pertimbangan Sebelum Terjun ke Altcoin

1. Apa Sih Tujuan Bisnis dari Altcoin Tersebut?

Sama seperti perusahaan, setiap pengembang koin beserta teknologi blockchain-nya tentu punya tujuan bisnis tertentu. Dan seharusnya, tujuan bisnis itu adalah menjadi solusi atas permasalahan dunia keuangan saat ini. Sebab, jika tidak, maka artinya koin-koin tersebut “tidak bernilai” lantaran tidak punya manfaat yang jelas.

Sehingga, pertanyaan pertama yang perlu kamu cari tahu sebelum menggenggam altcoin adalah “Apakah teknologi blockchain dan koin yang mau saya genggam benar-benar memiliki nilai guna yang jelas?’.

Sebagai contoh, kamu bisa berkaca kepada pengembangan Polkadot dan Cardano. Dua teknologi blockchain ini menawarkan solusi atas beberapa “kecacatan” teknologi Bitcoin dan Ethereum. Sehingga tak heran, jika kedua koin mereka, DOT dan ADA, diprediksi bisa bernilai di masa depan karena nilai gunanya bagi komunitas aset kripto.

Selain itu, kamu juga perlu melihat sosok pengembang yang berada di balik penciptaan koin tersebut. Sebab, hal ini bisa mencerminkan reputasi dan keandalan teknologi yang mendasari aset kripto tersebut.

Kebanyakan koin baru yang berkinerja moncer, biasanya dikembangkan oleh tim yang sudah lebih dulu sukses di dunia kripto. Dalam hal ini, lagi-lagi kita berkaca ke DOT dan ADA, yang notabene dikembangkan oleh pengembang Ethereum.

Sobat Cuan, Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Altcoin, Pluang

2. Berapa Jumlah Suplai dan Sirkulasi Altcoin Tersebut Saat Ini?

Suplai adalah jumlah maksimum koin yang terdapat di dunia. Sementara itu, sirkulasi adalah jumlah koin yang tersedia di pasaran saat ini. Lantas, kenapa dua hal tersebut penting untuk kamu perhatikan?

Jawabannya, tentu saja karena suplai mempengaruhi harga aset kripto yang kamu genggam. Sesuai hukum ekonomi, ketatnya suplai suatu barang yang dibarengi dengan permintaan tinggi tentu akan meroketkan harga barang tersebut, bukan?

Contoh paling sederhananya adalah Bitcoin. Saat ini, sang raja aset kripto itu dianggap sebagai aset penyimpan kekayaan karena jumlahnya terbilang terbatas, yakni 21 juta keping saja.

Kini, Bitcoin yang ditambang sudah mencapai 18,76 juta koin. Hal ini bikin analis percaya bahwa aspek kelangkaan akan membawa terbang harga Bitcoin di masa depan.

Kondisi lain ditunjukkan oleh Dogecoin (DOGE). Saat ini, total suplai DOGE di angka 129,5 juta keping, atau enam kali lipat lebih banyak dari Bitcoin.

Hal ini bikin analis percaya bahwa melimpahnya suplai tersebut bikin harga DOGE sulit menembus US$1 per keping meski permintaannya tengah gila-gilaan. Adapun, saat ini harga DOGE masih di kisaran US$0,19 per kepingnya.

Nah, oleh karenanya, kamu perlu memahami seluk beluk pasokan altcoin-mu, ya! Agar lebih amannya, kamu bisa bermain dengan altcoin yang hard-capped lantaran peluang mempertahankan nilainya lebih besar dibandingkan aset kripto yang punya persediaan tak terbatas.

3. Bagaimana Tren Harga Aset Kripto Tersebut?

Bagi kamu investor pemula, jangan mudah terjebak dengan aset kripto yang memiliki kapitalisasi pasar kecil. Tetapi, kamu juga harus perhatikan bagaimana riwayat harganya.

Kamu bisa melihatnya berdasarkan grafik harga. Kamu bisa memeriksa berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sang aset kripto bisa mencapai harga puncaknya. Atau, jangan-jangan altcoin itu tidak pernah sama sekali menunjukkan grafik kenaikan harga.

Memilih koin kripto dengan nilai kapitalisasi pasar yang kecil memang menggiurkan. Betapa tidak, dengan hanya beberaa ratus dolar saja kamu sudah bisa mengantongi jutaan koin.

Mekanisme seperti ini memang menguntungkan, karena ruang pertumbuhannya masih sangat lebar. Ketika banyak investor yang mulai ikut membeli koin anyar tersebut, bukan tidak mungkin harganya bisa meningkat hingga ribuan kali lipat. Tapi permasalahannya, apakah tren itu akan stabil?

Nah, untuk itu, kamu harus berhati-hati ya, Sobat Cuan!

Baca juga: Terlihat Serupa, Apa Perbedaan Koin dan Token di Kancah Kripto?

4. Bagaimana Kekuatan Komunitas Altcoin Incaran Kamu?

Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah komunitas dari koin yang akan kamu beli. Sobat Cuan bisa melihatnya di akun twitter koin tersebut, berapa banyak followers-nya, bagaimana aktivitasnya, dan diskusi apa saja yang ada di dalam media sosial tersebut.

Dari situ ada banyak informasi tentang rencana pengembangan koin yang akan dilakukan tim pengembang. Platform lain yang bisa menambah khasanah informasi kamu adalah Reddit.

Jika interaksi yang ada di media sosial semakin kuat, maka besar kemungkinan koin tersebut juga memiliki potensi yang tidak bisa diremehkan di masa yang akan datang.

Jadi bagaimana Sobat Cuan? Sudah siap nyemplung ke altcoin? Jika ya, kamu bisa mendapatkannya lho di Pluang!

Kamu bisa mendapatkan altcoin berkualitas tinggi seperti ETH, BNB, DOT, XRP, dan ADA hanya dalam satu genggaman saja! Yuk, investasi di Pluang sekarang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: iMoney

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img