Currently set to Index
Currently set to Follow

Menilik Ethereum Improvement Proposal dan Manfaatnya bagi Ethereum

Sobat Cuan pecinta Ethereum mungkin sudah paham bahwa sistem blockchain besutan Vitalik Buterin ini akan mengalami perubahan besar. Ya, apalagi kalau bukan implementasi beberapa proposal perbaikan sistem Ethereum (Ethereum Improvement Proposal/EIP) dalam satu peristiwa yang disebut hard fork London.

Komunitas kripto menganggap bahwa hard fork London akan membawa angin segar bagi harga koin native Ethereum, Ether (ETH). Sebab, pengembang Ethereum akan mengaktifkan EIP-1559 dan EIP-3554 yang digadang akan mengefisiensikan biaya transaksi (gas fees) di jaringan blockchain satu ini.

Sehingga, banyak pengembang aplikasi desentralisasi (dApps) akan tergugah menggunakan blockchain Ethereum dan, tentu saja, menaikkan permintaan ETH. Namun, apa sebenarnya Ethereum Improvement Proposal? Dan apakah memang kehadirannya benar-benar signifikan bagi teknologi Ethereum?

Baca juga: Dua Faktor Ini Akan Bikin Harga Ethereum Terbang Lagi. Apa Saja?

Mengenal Ethereum Improvement Proposal

Ethereum Improvement Proposals adalah dokumen proposal mengenai standar-standar baru yang bisa ditanamkan di jaringan blockchain Ethereum.

EIP biasanya berisi spesifikasi teknis mengenai perubahan-perubahan yang dimaksud sekaligus bertindak sebagai “sumber kebenaran” (source of truth) bagi komunitas Ethereum. Tak jarang, EIP juga berisikan rancangan fitur baru di jaringan Ethereum yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Ethereum Improvement Proposal biasanya mencakup rangkuman diskusi mengenai perbaikan jaringan dan standar-standar yang perlu diaplikasikan di dalam Ethereum.

Diskusi tersebut tidak hanya dilakukan oleh tim pengembang Ethereum semata. Seluruh pihak yang tergabung dalam komunitas Ethereum pun memiliki wewenang untuk merancang draf EIP. Namun, karena EIP berbentuk dokumen teknis, pemohon proposal ini biasanya terdiri dari pengembang aplikasi atau protokol yang malang melintang di blockchain Ethereum.

Hanya saja, EIP tidak bisa disusun secara sembarangan. Para pemohon EIP wajib mengikuti kerangka petunjuk yang disebut dengan EIP 1.

Adapun salah satu syarat penyusunan EIP adalah memenuhi unsur rasionalisasi. Dengan kata lain, proposal pembaruan itu harus memiliki tujuan jelas dan mampu mengelaborasikan fitur-fitur dan spesifikasi teknis yang diperlukan agar EIP itu bisa “dipasang” di jaringan Ethereum.

Setelah menyelesaikan penyusunan proposal, pihak yang mengajukan EIP wajib menggalang dukungan dari komunitas Ethereum. Ia juga harus mendokumentasikan berbagai pendapat yang menentang proposal yang diajukannya.

Baca juga: 4 Mitos Salah Kaprah Soal EIP 1559 di Hard Fork London Ethereum

Menilik Ethereum Improvement Proposal dan Manfaatnya bagi Ethereum, Pluang

Apa Manfaat Ethereum Improvement Proposal?

Ethereum Improvement Proposal adalah taktik milik pengembang Ethereum agar penggunanya tetap setia menggunakan blockchain tersebut. Apa alasannya?

EIP adalah proposal perubahan dalam jaringan Ethereum yang bisa diajukan siapa saja. Artinya, EIP adalah salah satu sarana yang disediakan pengembang Ethereum agar komunitas bisa menyampaikan pendapatnya. Jika pendapatnya disetujui, maka tentu saja komunitas Ethereum akan semakin lengket dengan blockchain yang satu ini.

Di samping itu, Ethereum Improvement Proposals juga menghidupkan semangat “demokrasi” di dalam jaringan tersebut. Semua orang bebas berpendapat dan melawan proposal tersebut sehingga menciptakan komunikasi yang aktif antar pengguna Ethereum.

Dan yang terpenting, EIP membawa perubahan teknis di jaringan Ethereum yang ujungnya membuat jaringan blockchain Ethereum menjadi lebih aman dan andal.

Namun, manfaat dari EIP secara spesifik terbilang beragam, tergantung dari tipe-tipe EIP yang ditawarkan oleh pengguna Ethereum. Lantas, seperti apa jenis-jenis Ethereum Improvement Proposal yang pernah ditawarkan komunitas Ethereum?

Jenis-Jenis Ethereum Improvement Proposal

Berikut ini adalah jenis-jenis EIP yang bisa ditawarkan pengguna Ethereum. Masing-masing tipe tersebut tentu punya fungsi tersendiri.

1. Standard Track

Ethereum Improvement Proposal bertipe standard track berisikan segala perubahan yang mempengaruhi operasional blockchain Ethereum. Misalnya, perubahan pada protokol jaringan, perubahan aturan validasi dalam mencatat blok transaksi baru, atau hal yang mencakup interoperabilitas dalam aplikasi yang berada di atas jaringan Ethereum.

Tipe standard track ini kemudian dibagi ke dalam empat jenis, yang terdiri dari:

  1. Core: Perbaikan ini membutuhkan konsensus fork. Biasanya, proposal ini berisi perubahan yang tidak genting namun tetap relevan terhadap diskusi pengembang Ethereum (Core Dev).
  2. Networking: Proposal ini mencakup perubahan spesifikasi dan standar dalam infrastruktur jaringan Ethereum.
  3. Interface: Hal ini mencakup perubahan spesifikasi dan perubahan standar bahasa pemrograman di jaringan Ethereum.
  4. ERC: Proposal ini berisikan perubahan standar dalam aplikasi terdesentralisasi. Selain itu, proposal ini juga berisikan permohonan terkait perubahan standar penciptaan token, registries, dan format wallet.

Baca juga: Alasan Ethereum adalah Cryptocurrency yang Baik untuk Investasi

2. Meta

Meta merupakan proposal perubahan pada jaringan Ethereum dengan tujuan yang mirip dengan Standard Track. Hanya saja, EIP jenis Meta hanya berlaku bagi area yang berada di luar protokol Ethereum. Sehingga, proposal ini tidak akan mengubah basis-basis kode di dalam protokol Ethereum itu sendiri.

EIP jenis ini biasanya membutuhkan konsensus satu komunitas. Contoh dari EIP jenis Meta adalah prosedur, kerangka kerja, dan perubahan terhadap pengambilan keputusan di jaringan blockchain Ethereum.

3. Informational

Tipe EIP ini lebih menekankan pada perubahan di desain Ethereum. Atau, hanya berisikan perubahan informasi baru yang tidak terlalu kritis. Sehingga, Ethereum Improvement Proposal jenis ini tidak bersifat mengenalkan fitur baru ke Ethereum dan bahkan sering diacuhkan oleh pengguna Ethereum.

Bagaimana Pengaruh Ethereum Improvement Proposal ke Harga ETH?

Sejatinya, perubahan proposal ini tidak langsung mempengaruhi harga ETH. Sebab, seperti jenis aset kripto lainnya, harga pasti ditentukan oleh permintaan dan penawaran.

Hanya saja, perubahan-perubahan di Ethereum melalui EIP bisa “menggerakkan” dinamika permintaan ETH. Hal ini terbilang wajar, mengingat semakin andal kualitas teknologi blockchain Ethereum, maka komunitas kripto akan kian betah di dalamnya. Mereka kemudian tergerak untuk memaksimalkan transaksi di blockchain Ethereum dan makin marak menggunakan ETH. Alhasil, harga ETH bisa terkerek.

Contohnya adalah EIP-1559 yang akan diberlakukan sebentar lagi. Komunitas kripto meramal bahwa hal itu bisa berdampak positif terhadap harga ETH lantaran bisa meningkatkan permintaannya. Musababnya adalah turunnya tarif gas fees ETH selepas EIP tersebut diimplementasikan. Alhasil, kondisi itu bikin komunitas aset kripto kian merangsek masuk Ethereum dan memanfaatkan blockchain tersebut.

Nah, kalau sudah ada bayangan mengenai harga ETH ke depan, kenapa kamu tak sekalian menggenggam ETH sekarang? Yuk, dapatkan ETH di Pluang sekarang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Ethereum, Yahoo Finance

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img