Currently set to Index
Currently set to Follow

Unik Dibanding Koin Lain, Simak 5 Fakta Unik Koin Ripple Berikut!

Jagat cryptocurrency memang luas ukurannya. Altcoin pun bertaburan jumlahnya. Kadang, mereka yang baru memasuki kancah kripto pun sulit mengetahui jenis-jenis dan manfaat aset kripto yang berada di luar sana.

Meski demikian, terdapat satu cryptocurrency yang paling unik di antara lainnya, yakni XRP. Bahkan, keunikan karakteristik koin kripto besutan Ripple mungkin jarang ditemukan di cryptocurrency lainnya.

Komunitas kripto mungkin hanya mengenal XRP sebagai salah satu aset kripto terpopuler. Tak heran, sebab koin ini sekarang menduduki posisi ke-6 di CoinMarketCap untuk urusan kapitalisasi pasar yang kini menyentuh US$34,88 miliar.

Penggemar cryptocurrency mungkin juga hanya mengenal XRP sebagai aset kripto dengan pertumbuhan nilai paling moncer. Pada 2018 lalu, XRP sempat menghebohkan jagat kripto karena nilainya berhasil menembus 59.000% dalam setahun. Yakni dari US$0,006 menjadi US$3,60 per kepingnya.

Padahal, sebenarnya koin XRP juga punya karakteristik yang mantap lho Sobat Cuan, yang mungkin jarang sekali dikenal orang. Nah, apa saja sih karakteristik unik XRP yang jarang ditemukan di cryptocurrency lainnya?

Mengenal 5 Fakta Unik XRP

1. Koin Ripple adalah Satu-Satunya Token yang Dirancang Khusus Untuk Lembaga Keuangan

Seperti diketahui, ada 5000-an token dan koin yang diperdagangkan di bursa kripto. Namun, hanya XRP yang dilahirkan dengan tujuan yang jelas. Ya, XRP dibangun khusus untuk perusahaan agar bisa melakukan transfer nilai.

Hal itu menjadikan Ripple, yang notabene adalah perusahaan layanan pembayaran di industri keuangan, bisa memanfaatkan blokchain XRP untuk melakukan transfer yang dengan cepat dan aman. Dengan kata lain, XRP menjadi satu dari sedikit aset digital yang punya manfaat jelas (use case) di kancah kripto.

Baca juga: Terlihat Serupa, Apa Perbedaan Yield Farming dan Liquidity Mining?

Unik Dibanding Koin Lain, Simak 5 Fakta Unik Koin Ripple Berikut!, Pluang

2. Koin Ripple Memiliki Skalabilitas Transaksi yang Tinggi

XRP juga adalah salah satu aset digital yang punya skalabilitas transaksi mumpuni. Sebab, buku besar XRP di sistem blockchain-nya mampu menangani 1.500 transaksi per detik selama 24 jam dan tujuh hari dalam seminggu.

Bahkan, kemampuan transaksi XRP hampir bisa disandingkan dengan perusahaan jasa pembayaran konvensional seperti Visa yang memproses 2.000 transaksi per detik.

3. Jembatan Mata Uang Fiat

Beberapa koin digital, seperti Bitcoin, bertujuan untuk menggeser dominasi mata uang fiat sebagai alat pembayaran. Namun, tidak demikian untuk XRP. Justru, XRP hadir sebagai jembatan mata uang fiat dengan aset digital.

Selama ini, XRP sudah bekerja dengan lebih dari 10 pelayanan transfer digital di seluruh dunia untuk mengirimkan mata uang fiat lintas batas dan secara efisien. Sebab, XRP membutuhkan waktu settlement transaksi selama 4 detik saja, dibandingkan dengan menggunakan jasa keuangan konvensional yang butuh waktu tiga hingga lima hari demi melakukan hal tersebut.

4. Koin Ripple Adalah Aset Digital yang Ramah Lingkungan

XRP bukanlah aset kripto yang “ditambang” layaknya Bitcoin. Sehingga, memproduksinya pun tidak membutuhkan daya komputasi yang besar plus tenaga listrik yang luar biasa.

Sehingga, jika biaya produksi satu Bitcoin setara dengan kebutuhan listrik memberi daya pada 3,67 rumah di Amerika Serikat selama satu hari, maka XRP tidak membutuhkan itu semua.

5. Mendapat Pengakuan dari World Economic Forum

Pada 2020 lalu, World Economic Forum mendapuk XRP sebagai cryptocurrency paling relevan di dunia ini seiring niatan beberapa bank sentral global yang tengah mempersiapkan koin digital besutannya sendiri (CBDC).

Menurut laporan itu, XRP dianggap sebagai aset kripto yang relevan dalam memfasilitasi CBDC dalam melaksanakan transaksi wholesale, utamanya dalam transaksi intra atau antar bank.

Baca juga: Terlihat Serupa, Apa Perbedaan Koin dan Token di Kancah Kripto?

Benar-benar karakteristik koin yang sangat unik ya, Sobat Cuan. Sebagai informasi, kamu bisa mendapatkan XRP sekarnag juga di aplikasi Pluang! Selain XRP, kamu juga bisa mendapatkan koin alternatif unggulan lainnya seperti ETH, BNB, DOT, dan ADA.

Yuk, dapatkan XRP di Pluang sekarang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Ripple, Daily HODL

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img