Currently set to Index
Currently set to Follow

Mengenal Grayscale: Perusahaan Dana Amanah Ethereum Terbesar Sejagat

Jika kamu mengamati fluktuasi investasi Ethereum, maka kamu akan sering membaca bahwa pergerakan Grayscale adalah salah satu katalis penggerak harga aset kripto satu ini. Lantas, apa itu Greyscale?

Grayscale adalah perusahaan manajemen investasi yang mengelola dana amanah (trust fund) Ethereum terbesar di dunia. Perusahaan ini terhitung sebagai sarana investasi pertama dari jenis aset kripto yang melaporkan keuangannya secara teratur ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission, SEC). Kini, Grayscale memiliki aset kelolaan sebesar US$27,7 miliar

Grayscale adalah bagian dari produk keuangan tradisional yang melacak harga cryptocurrency yang ditawarkan oleh Grayscale Investments, firma manajemen aset digital terbesar di dunia. Grayscale Investments merupakan bagian dari Digital Currency Group (DGC) yang dipimpin oleh pendiri dan CEO, Barry Silbert. DGC juga merupakan perusahaan induk Coindesk.

Menurut laporan perusahaan, lima besar pemegang saham Grayscale adalah Ark Investment Management LLC, Horizon Kinetics Asset Management, Churchill Management Corp, IFP Advisor Inc., dan Toroso Investment LLC.

Baca juga: Apa Itu Trust Fund (Dana Amanah)?

Mengenal Grayscale: Perusahaan Dana Amanah Ethereum Terbesar Sejagat, Pluang

Grayscale adalah Pengelola Dana Amanah Aset Kripto dengan Berbagai Jenis Portofolio

Jejak Grayscale di bidang dana amanah aset kripto bermula pada 2013, ketika perusahaan ini menawarkan dana amanah Bitcoin (Bitcoin Investment Trust/BIT). Melalui produk tersebut, investor bisa mendulang cuan dari spekulasi harga Bitcoin tanpa harus menggenggamnya secara langsung.

Bagaimana caranya? Investor bisa mendapatkan eksposur atas Bitcoin dengan cara membeli saham-saham atas sebuah produk open-ended private trust, atau satu grup diversifikasi portfolio aset yang memiliki kelebihan Bitcoin ke dalamnya. Hingga awal Februari, open-ended private trust tersebut berisikan 649.130 keping Bitcoin, atau setara 3,1% dari jumalh sirkulasi aset kripto tersebut saat ini.

Adapun, saham-saham produk dana amanah Bitcoin ini diperjualbelikan di bursa saham over-the-counter (OTC) OTCQX dengan kode saham GBTC.

Setelahnya, Grayscale mulai merambah ke beberapa aset kripto lainnya, seperti:

  • Grayscale Ethereum Trust (ETHE) dengan jumlah investasi minimum US$25 ribu dan mengenakan biaya tahunan 2,5%.
  • Investasi Grayscale Bitcoin Cash Trust (BCHG) dengan jumlah investasi minimum US$25 ribu dan mengenakan biaya tahunan 2,5%.
  • Grayscale Ethereum Classic Trust (ETCG) yakni tawarkan investasi Ethereum dengan jumlah investasi minimum US$ 25 ribu dan mengenakan biaya tahunan 3,0%.
  • Investasi Grayscale Horizon Trust dengan jumlah investasi minimum US$ 25 ribu dan mengenakan biaya tahunan 2,5%.
  • Grayscale Litecoin Trust (LTCN) dengan jumlah investasi minimum US$ 25 ribu dan mengenakan biaya tahunan 2,5%.
  • Investasi Grayscale Stellar Lumens Trust dengan jumlah investasi minimum US$ 25.000 dan mengenakan biaya tahunan 2,5%.
  • Grayscale Zcash Trust dengan jumlah investasi minimum US$ 25 ribu dan mengenakan biaya tahunan 2,5%.

Grayscale juga adalah perusahaan dana amanah yang memungkinkan investor terkemuka untuk mendapatkan akses ke sekeranjang aset kripto melalui Grayscale Digital Large Cap Fund. Jenis ini memungkinkan investor untuk mendapatkan diversifikasi di beberapa aset kripto dan mengurangi risiko. GDLCF ini berisi Bitcoin (BTC), Bitcoin Cash (BCH), Litecoin (LTC), dan Ethereum (ETH).

Bagaimana dengan Grayscale Ethereum Trust?

Didukung oleh Grayscale Investments, LLC (“Grayscale”), Grayscale Ethereum Trust (“Produknya”) adalah dana amanah swasta terbuka yang memberikan akses ETH yang dapat diaudit melalui sebuah sarana investasi.

Dimodelkan berdasarkan Grayscale Bitcoin Trust, produk ini diciptakan bagi investor yang mencari akses pada investasi Ethereum. Sehingga, produk ini juga menawarkan saham-saham sebuah open-ended private trust Grayscale Ethereum Trust yang juga diperjualbelikan di OTCQX dan memiliki kode saham ETHE.

Sama seperti BIT, dana amanah Ethereum Grayscale adalah kendaraan investasi Ethereum pertama yang ditawarkan pada publik dan sarana investasi mata uang digital kedua yang memperoleh status terakreditasi SEC setelah BIT..

ETHE menyediakan struktur yang aman bagi publik untuk memperoleh akses ke Ethereum. Dana amanah yang mereka kelola memenuhi syarat OTCQX, pasar teratas yang dioperasikan oleh Pasar OTC dan terdaftar sesuai dengan Bagian 12(g) dari Securities Exchange Act of 1934. Investor dapat membeli dan menjual saham melalui akun pialang tradisional dengan harga yang ditentukan oleh pasar.

Pada Desember 2020, Grayscale sempat memutuskan untuk menutup Grayscale Ethereum Trust setelah harga saham ETHE turun 18% dalam sehari, meski harga Ethereum hanya turun 3% saja. Banyak yang mengatakan bahwa saham ETHE dijual terlalu “mahal” jika dibandingkan dengan harga aslinya (overvalued), menyebabkan nilainya anjlok cepat dalam semalam.

Baca juga: Ini Penjelasan Dasar-dasar Protokol Ethereum 2.0

Grayscale Kembali Membuka Penawaran Dana Amanah Ethereum

Meski demikian, Grayscale Investments telah membuka kembali Ethereum Trust kembali di awal Februari lalu setelah hiatus dua bulan lamanya. Adapun ketika dibuka kembali, dana amanah tersebut memiliki kelolaan Ethereum sebesar US$4 miliar.

Pekan lalu, Grayscale adalah salah satu perusahaan induk yang mendaftarkan lima trust baru untuk aset kripto. Beberapa di antaranya terkait dengan ruang desentralisasi keuangan (decentralized finance, DeFi).

Per 24 Februari, harga penawaran ETHE sebesar US$16,65 dengan peningkatan nilai tahunan sebesar 4,24%. Total keuntungan yang dapat diperoleh investor dalam tahun berjalan selama lima tahun menunjukkan grafik yang fluktuatif, tetapi dalam beberapa bulan terakhir, peningkatannya terbilang signifikan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Coindesk, Grayscale.co, Coindesk, Financial Times

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img