Currently set to Index
Currently set to Follow

Saingi Banyak Aset Lain, Ini Alasan Kamu Mesti Pilih Bitcoin!

Investasi bitcoin dan emas bisa dibilang aneh. Secara praktis keduanya tak dapat digunakan untuk pertukaran di dunia nyata. Janji Bitcoin sebagai mata uang digital yang dideregulasi hanya janji. Dan tak ada lagi orang membawa emas di saku untuk membeli barang atau jasa.

Meskipun keduanya sama-sama “ditambang”, satu-satunya aplikasi dunia nyata atau virtual mereka tampaknya hanya sebagai alat spekulasi murni—atau sebagai tempat berlindung yang aman.

Setiap kali ada bubble, orang berbondong-bondong investasi bitcoin atau emas. Harga satu ons emas dan satu bitcoin melonjak secara dramatis di kala bubble berlangsung.

Terutama setelah pemerintah dan bank sentral di seluruh dunia memasukkan uang ke dompet konsumen dan kas bank karena COVID-19 menyebabkan resesi global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Banyak investor tidak yakin di mana, jika ada, aset manapun dalam portfolio mereka. Inilah yang perlu kamu ketahui untuk memahami bagaimana investasi bitcoin dan emas dapat cocok dengan strategi investasimu.

Baca juga: Memperkenalkan Bitcoin, Mata Uang Elektronik sebagai Investasi Alternatif

Mengapa memilih investasi bitcoin

Bitcoin adalah sistem pembayaran elektronik yang berada di luar kendali pemerintah pusat manapun. Manusia telah menggunakan emas sebagai alat tukar selama 5.000 tahun sejak Mesopotamia kuno, sementara Bitcoin adalah alat tukar yang jauh lebih baru.

Bitcoin ditemukan oleh seseorang, atau sekelompok orang, yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto, pada tahun 2009.

Sebagai upaya pemula, Bitcoin telah mengalami perubahan harga yang liar selama hampir satu dekade lamanya.

Cryptocurrency naik menjadi hampir $20.000 per Bitcoin pada akhir tahun 2017, hanya turun menjadi kurang dari $4.000 pada akhir tahun 2018.

Baru-baru ini, cryptocurrency meningkat seiring dengan saham dan emas. Nilainya turun sekitar setengahnya menjadi sekitar $5.000 dari pertengahan Februari hingga pertengahan Maret, ketika investor memahami efek virus corona.

Namun, harganya melonjak menjadi hampir $11.500 lima bulan kemudian.

Harga dramatis dari bitcoin saingi banyak aset lain

Perubahan harga yang dramatis ini cenderung lebih besar daripada yang kamu lihat dengan emas. Sehingga mata uang digital tidak dapat dilihat sebagai cara menyimpan nilai, seperti yang diklaim oleh beberapa orang.

Fidelity baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membuat dana Bitcoin. Meskipun dana itu hanya akan tersedia untuk investor institutional besar dan terakreditasi.

Namun, jenis pergerakan ini pada akhirnya dapat meningkatkan likuiditas Bitcoin dan membantu memperlancar perubahan harga yang liar.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bitcoin

Mengapa investor membeli Bitcoin dan emas?

Baik investasi bitcoin dan investasi emas cenderung menarik investor ketika bank sentral di seluruh dunia turun tangan untuk menyelamatkan ekonomi yang sedang kesulitan.

Penalarannya adalah sebagai berikut. Pemerintah mengurangi nilai mata uang fiat mereka (mata uang yang didukung oleh kepercayaan penuh dan kredit suatu negara atau sekelompok negara) ketika mereka mencetak banyak uang dan menurunkan suku bunga mendekati nol.

Investor menanggapi dengan memasukkan uang ke dalam mata uang yang tidak dikendalikan pemerintah pusat. Jadilah mereka melakukan investasi bitcoin.

Selain itu, ketika tingkat suku bunga sangat rendah, dan terutama ketika suku bunga yang disesuaikan dengan inflasi negatif, investor kurang terpikat. Ini terutama dengan aset yang menawarkan imbal hasil, seperti obligasi dan saham yang membayar dividen.

Hal ini dapat menyebabkan efek di mana setiap investor baru terus menaikkan harga aset safe-haven mereka, meskipun mereka membeli dengan biaya yang semakin tinggi.

Perbedaan antara emas dan Bitcoin

Emas dan Bitcoin mewakili fase berbeda tentang bagaimana orang berpikir tentang uang.

Emas adalah mata uang selama ribuan tahun, dan mempertahankan nilai sebagian karena ketertarikan psikologis dan historis yang dimiliki investor terhadapnya.

Bitcoin, bersama blockchain, berharap suatu hari dapat menggantikan mata uang pemerintah sebagai sarana pertukaran pembayaran.

Sebagai investasi, emas adalah aset yang lebih matang. Dengan demikian cenderung mudah dimiliki.

Sementara untuk investasi bitcoin, cara paling umum untuk berinvestasi adalah dengan membuka akun di bursa khusus cryptocurrency, seperti Coinbase, dan benar-benar menukar dollar dengan mata uang digital untuk disimpan di dompet cryptocurrency digital.

Haruskah kamu Berinvestasi dalam Emas atau Bitcoin?

kamu tidak perlu berinvestasi dalam emas atau investasi bitcoin untuk memiliki portfolio yang terdiversifikasi dengan baik. Sebagian besar investor sebaiknya mengabaikan daya pikat mereka dan sebaliknya memiliki kombinasi dana indeks saham AS, dana indeks internasional, dan dana obligasi.

Sebagian besar perusahaan investasi besar menawarkan opsi berbiaya rendah, dan kamu dapat mengalokasikan berapa banyak kamu berinvestasi dengan masing-masing berdasarkan usia dan toleransi risiko kamu .

Jika kamu ingin membuat taruhan spekulatif pada emas atau investasi bitcoin, lakukan dengan bagian kecil, satu digit, dari aset kamu.

Tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa keduanya akan memberikan pengembalian yang lebih konsisten daripada strategi tradisional yang menekankan saham dan obligasi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Forbes

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img