Currently set to Index
Currently set to Follow

Dari Whale hingga FUD, Ini Adalah Istilah Investasi Bitcoin yang Perlu Diketahui!

Investasi aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum adalah pilihan investasi yang marak diborong masyarakat belakangan ini. Terutama, setelah harga-harganya yang terus naik signifikan sejak akhir tahun lalu.

Namun, berinvestasi di aset kripto juga perlu persiapan yang mumpuni. Selain persiapkan mental (dan tentu saja modal), kamu juga perlu paham mengenai istilah-istilah asing yang kerap wara-wiri di pemberitaan maupun analisis terkait Bitcoin dan Ethereum.

Lantas, apa saja istilah-istilah tersebut?

Baca juga: Bitcoin cs Diprediksi Gantikan Emas Sebagai Aset Penyimpan Kekayaan

1. HODL

HODL adalah singkatan dari frasa “Hold on for Dear Life“. Kondisi ini menggambarkan situasi di mana investor tetap kukuh menyimpan Bitcoin dan aset kripto lainnya meski harganya tengah nyungsep.

Istilah ini pertama kali muncul di forum aset kripto internet bernama GameKyuubi pada 2013 silam.

2. Bitcoiner atau Altcoiner atau Nocoiner

Seluruh istilah ini adalah julukan bagi investor yang menggenggam aset kripto jenis tertentu.

Sudah bisa ditebak, bahwa Bitcoiner adalah investor yang memiliki Bitcoin. Sementara itu, Altcoiner adalah julukan bagi sekelompok investor yang gemar menjelajahi aset kripto selain Bitcoin. Di sisi lain, Nocoiner adalah sekelompok orang yang tak menyimpan aset kripto sama sekali.

3. FUD

FUD adalah singkatan dari “fear, uncertainty and doubt“. Sesuai kepanjangannya, FUD memang mengandung nuansa yang agak suram di dalamnya.

Istilah ini kerap digunakan investor untuk menggambarkan situasi pasar yang kacau gara-gara terdapat kabar burung yang tidak terkonfirmasi. Alhasil, para investor akan melakukan aksi jual secara besar-besaran.

Biasanya, kabar ini disebarkan oleh sesama investor yang ingin menurunkan harga Bitcoin atau aset kripto lainnya. Setelah harga berhasil anjlok, mereka kemudian memborongnya secara murah.

Baca juga: Orang-Orang Ini Tajir Berkat Bitcoin. Siapa Saja?

Dari Whale hingga FUD, Ini Adalah Istilah Investasi Bitcoin yang Perlu Diketahui!, Pluang

4. ATH

Nah, kalau ini seharusnya sudah menjadi istilah lumrah di dunia investasi. ATH adalah kepanjangan dari “all-time high” atau rekor harga tertinggi.

5. Private and Public Key

Private key adalah kode yang berisi angka dan huruf yang harus dijawab investor sebelum mengakses Bitcoin dan aset digital lainnya. Bisa dibilang, private key merupakan sebuah kata kunci (password).

Sementara itu, public key adalah alamat unik kamu untuk mendapatkan aset kripto.

Seorang investor tidak boleh membagikan private key-nya ke orang lain. Namun, investor harus membagikan public key ke lainnya.

6. Whales

Whales adalah julukan bagi investor yang menggenggam Bitcoin dan aset kripto lain dalam jumlah signifikan.

Setiap aksi yang mereka lakukan pasti akan membuat heboh pasar dan mendistorsi harga aset kripto, selayaknya ikan paus (whales) yang bisa menciptakan ombak di laut hanya dengan mengibaskan ekornya saja.

7. Rekt

Rekt adalah kependekan dari “wrecked” (hancur). Istilah ini digunakan bagi investor yang telah kehilangan uang yang banyak dalam berinvestasi Bitcoin dan kawan-kawannya.

8. Fork

Fork adalah perubahan protokol aset kripto ketika terdapat pembaruan sistem. Secara umum, terdapat dua jenis fork: Hardfork dan Softfork.

Hardfork adalah pembaruan sistem aset kripto yang berkonflik dengan sistem sebelumnya. Sehingga, keduanya tidak bisa dioperasikan secara bersamaan dan bisa membelah blockchain.

Sementara itu, Softfork adalah pembaruan aset kripto yang sejalan dengan sistem sebelumnya.

9. Airdrop

Bukan, ini bukanlah fitur yang terdapat di ponsel iPhone. Di sini, Airdrop adalah gimik pemasaran yang dilakukan oleh pengembang aset kripto baru, yakni dengan mendistribusikan token aset kriptonya secara gratis atau murah. Tujuannya, adalah untuk menaikkan pamor aset kripto tersebut di pasar.

10. Mooning

Mooning adalah ekspresi yang digunakan investor untuk menyebut kenaikan harga Bitcoin dan aset kripto lain yang melesat tajam, ibarat roket yang tengah melesat menuju bulan (moon)

Bagaimana, Sobat Cuan? Apakah sudah mantap berinvestasi di Bitcoin cs setelah mengetahui daftar istilah investasi tersebut?

Baca juga: Setelah Ethereum, Kini Harga Bitcoin “Latah” Ikutan Tren Bullish

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Livemint

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img