Currently set to Index
Currently set to Follow

Apakah Konsep Bunga Majemuk Juga Berlaku di Menabung Aset Kripto? Simak di Sini!

Sobat Cuan mungkin saat ini sedang tergiur berinvestasi aset kripto gara-gara cuannya yang terbilang gak main-main. Hanya saja, sifat harga aset kripto yang cenderung volatil membuat investasi satu ini bukan pilihan semua orang.

Ibarat pepatah, “banyak jalan menuju Roma”, kamu pun tentu punya cara lain dalam berinvestasi aset kripto. Yakni, dengan cara menabung aset kripto di dompet-dompet digital. Apalagi, sekarang saat ini sudah banyak platform yang menyediakan fasilitas tersebut, termasuk Pluang Cuan di aplikasi Pluang.

Pasti kamu bertanya-tanya, seperti apa sih, konsep menabung aset kripto tersebut? Prinsipnya sama seperti menabung di bank pada umumnya, di mana kamu hanya tinggal “menabung” aset kripto dan kemudian kamu bisa mendapatkan bunga tabungan yang juga berbentuk aset kripto.

Kini, menabung aset kripto semakin mudah berkat hadirnya teknologi keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance/DeFi). Menabung kripto sendiri adalah bagian dari aktivitas yield farming, di mana penjelasannya bisa kamu temukan di artikel berikut.

Tak hanya itu, bunga menabung aset kripto pun terbilang lebih cuan dibandingkan menabung di bank. Adapun perbedaan bunga bank dan aset kripto juga bisa kamu baca di artikel ini ya, Sobat Cuan!

Namun, meski lebih menguntungkan dibandingkan bank, apakah menabung aset kripto juga memiliki manfaat bunga majemuk (compound interest) layaknya tabungan biasa? Jika ya, lantas seperti apa mekanismenya?

Baca juga: Apa Itu Compound Interest?

Apakah Konsep Bunga Majemuk Juga Berlaku di Menabung Aset Kripto? Simak di Sini!, Pluang

Sekilas Mengenai Konsep Bunga Majemuk

Sejatinya, Sobat Cuan bisa mengetahui konsep bunga majemuk lebih dalam lagi di artikel berikut. Tetapi intinya, bunga majemuk adalah sebuah istilah keuangan yang menunjukkan bahwa uangmu bisa berkembang biak dengan sendirinya.

Bunga majemuk terjadi ketika pokok investasimu dan bunga yang kamu kumpulkan dari investasi tersebut sama-sama menghasilkan pendapatan bunga.

Contoh sederhananya adalah seperti ini. Misalkan, kamu memutuskan untuk menempatkan deposito selama Rp10 juta di sebuah bank dalam jangka waktu tiga tahun dan bunga sebesar 5% per tahunnya.

Pasti, kamu awalnya akan berpikir bahwa keuntungan bunga yang kamu dapatkan adalah 15% dari Rp10 juta, alias Rp1,5 juta. Namun, jangan salah, Sobat Cuan! Sebab, pendapatan bunga yang kamu dapatkan bisa jauh lebih besar dari Rp1,5 juta.

Alasannya cukup sederhana. Di tahun pertama, kamu akan mendapat bunga sebesar 5% atau sebesar Rp500.000. Nah di tahun kedua, kamu tidak hanya mendapat bunga 5% dari pokok investasimu sebesar Rp10 juta, namun juga mendapat 5% dari pendapatan bungamu sebesar Rp500.000 yang diraih di tahun pertama.

Konsep bunga majemuk ini memang penting dipahami oleh seluruh investor, tak hanya investor aset kripto saja. Sebab, dengan memahami konsep ini, maka kamu bisa memproyeksikan jumlah investasimu dan potensi cuan yang bisa kamu dapatkan di masa depan.

Apakah Bunga Majemuk juga Terdapat di Aset Kripto?

Tentu saja, menabung di aset kripto pun bisa memberikanmu efek bunga majemuk layaknya menabung di bank.

Layaknya produk tabungan konvensional, investor bisa mendapatkan bunga tunggal (simple interest) dan bunga majemuk. Makanya, kamu pun sangat bisa mengembang biakkan jumlah tabungan aset kriptomu melalui fasilitas ini.

Selain itu, kamu pun bisa semakin cepat untuk menikmati efek bunga majemuk dalam menabung aset kripto. Ini lantaran beberapa platform memperbolehkan kamu untuk tidak menyimpan aset kriptomu setahun penuh hanya untuk mendapatkan pendapatan bunga.

Semakin singkat jangka waktu menabung aset kripto, maka akan semakin cepat juga kamu menikmati efek bunga majemuk. Hal ini bisa didapatkan jika kamu memutuskan tak menarik tabunganmu plus bunganya setelah periode menabung pertamamu selesai.

Tetap Memiliki Risiko

Meski demikian, dari sisi nilai pendapatan bunga, menabung di aset kripto tetap punya risiko tersendiri.

Seperti yang kita ketahui, harga aset kripto terbilang cukup volatil. Kamu bisa saja mendulang cuan 4% dari menabung aset kripto, misalnya, dalam sebulan. Namun, kamu tentu tak bisa menikmati cuanmu jika harga aset kripto anjlok 10% di waktu bersamaan. Nah, risiko cuan menabung aset kripto bisa kamu temukan di artikel ini.

Meski demikian, Sobat Cuan perlu paham bahwa konsep menabung aset kripto adalah mengembangkan portofolio aset kriptomu. Nilai portofolio aset kriptomu bisa saja terbang atau jatuh, tapi jumlah aset kripto yang kamu genggam tentu akan bertambah dengan menabung aset kripto — tentunya melalui konsep bunga majemuk di atas.

Masih mengambil contoh di atas, nilai aset kriptomu bisa jadi anjlok 10%. Namun dari sisi kepemilikan, jumlah aset kriptomu akan bertambah 4%. Contohnya, dari 0,01 keping Bitcoin menjadi 0,0104 keping Bitcoin.

Makanya, aktivitas ini sangat disarankan bagi mereka yang memang berminat investasi jangka panjang di aset kripto.

Selain itu, agar cuanmu di jangka panjang bisa maksimal, pastikan kamu juga menabung di aset kripto yang punya sisi fundamental jelas. Utamanya adalah Bitcoin dan Ethereum.

Sebab, secara umum, selama ini para analis menilai faktor harga Bitcoin berada di sisi permintaan dan penawaran berdasarkan suplai Bitcoin yang terbatas, yakni 21 juta keping. Sementara itu, faktor pendukung Ethereum terletak pada pembaruan jaringan serta perkembangan adopsi teknologi DeFi di masa depan.

Nah, sekarang kamu bisa banget menabung Bitcoin dan Ethereum di Pluang Cuan sampai dengan bunga 3,5% per tahun. Yuk, maksimalkan cuan kriptomu sekarang!

Baca juga: Mengenal Compound Interest, Konsep Bunga Lipat Ganda dalam Investasi

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang.

Sumber: Benzinga

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img