Currently set to Index
Currently set to Follow

Pinjaman Kripto Vs Pinjaman Bank, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Tak hanya kredit bank, mata uang kripto kamu pun bisa dilibatkan dalam aktivitas pinjam meminjam, Sobat Cuan. Saat ini, hal itu pun dimungkinkan dengan hadirnya platform crypto lending dan yield farming yang berada di ekosistem Decentralized Finance (DeFi)

Tapi, apakah kamu tak penasaran. Apa saja sih perbedaan pinjaman kripto vs pinjaman bank?

Kredit bank telah lama menjadi penyangga utama aktivitas perekonomian konvensional. Kalau kamu punya ide bisnis yang prospektif tapi tidak punya modal untuk memulai, kamu bisa pergi ke bank dan mengajukan pinjaman usaha.

Dalam berbagai skala, aktivitas pinjaman bank ini menopang ekspansi ekonomi sejak lama. Namun kini, seiring dengan berkembangnya dunia decentralized finance (DeFi) dengan mata uang digitalnya yakni kripto, pinjaman tak hanya terbatas pada uang fiat saja.

Keduanya, yakni pinjaman kripto vs pinjaman bank punya beberapa perbedaan juga kelebihan dan keuntungannya masing-masing, Sobat Cuan. Simak yuk!

Kelebihan Pinjaman Kripto Vs Pinjaman Bank

Si anak baru di dunia pinjam meminjam ini ternyata punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh uang fiat yang bisa kamu pinjam lewat kredit bank. Sejumlah terobosan dunia keuangan yang hadir setelah uang fiat dan pinjaman bank populer menjadikan uang kripto adalah produk yang lebih punya daya tarik.

Apa saja sih kelebihan pinjaman kripto?

1. Proses Cepat dan Variatif

Bank adalah lembaga yang rigid dan pruden, karenanya bank sulit beradaptasi mengikuti cepatnya perkembangan zaman.

Demi menjaga kepercayaan nasabah dan masyarakat, bank punya daftar panjang prasyarat dan proses pinjaman. Akibatnya, pinjaman yang kamu ajukan ke bank butuh waktu beberapa hari hingga minggu dalam prosesnya.

Berbeda dengan bank, transaksi kripto tidak memerlukan kepercayaan. Perangkat digital dan terobosan seperti smart contract menjadikannya paperless. Kamu tidak perlu otorisasi berbelit dan cek berulang saat bertransaksi dengan kripto, seperti halnya melakukan pinjaman.

Karenanya, pinjaman kripto kamu dapat diproses dalam hitungan detik hingga menit saja loh, Sobat Cuan. Kamu juga bisa memilih pinjaman dengan skema DeFi atau CeFi. Semua itu, terserah padamu saja!

2. Likuiditas Kolateral

Pinjaman kripto menguntungkan sebab kolateralnya likuid dibanding kolateral di bank.

Saat pinjaman macet, bank membutuhkan waktu untuk mencairkan kolateral guna menutup kerugian akibat kredit macet. Namun dalam pinjaman kripto, kolateralnya biasanya berupa aset kripto juga yang sangat likuid.

Selain likuid, kolateral yang dibutuhkan untuk meminjam kripto juga sangat besar, yakni 100-150% dari nilai pinjaman.

Mengapa besar sekali? Sebab harga kripto sangat fluktuatif. Sebagai pemberi pinjaman, kamu bahkan punya hak untuk mencairkan kolateral lebih cepat kalau tiba-tiba harganya anjlok.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mengetahui dan Menentukan Limit Kartu Kredit di Sini!

3. Aksesibilitas Pinjaman

Kamu harus bankable untuk dapat meminjam ke bank. Setidaknya, kamu harus punya akun di bank dan skor kredit yang baik. Bank akan mengecek kredit score kamu lewat Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum mengabulkan permohonan pinjaman kamu.

Tak hanya itu, berbagai prasyarat lain pun harus kamu penuhi. Hal tersebut mungkin menyulitkan bagi kamu yang tidak terbiasa menggunakan jasa bank.

Beda halnya dengan bank, pada pinjaman kripto kamu tidak perlu punya skor kredit baik atau akun bank. Proses ini jauh lebih mudah dan inklusif pada pinjaman kripto sehingga siapapun bisa mengaksesnya. Inilah yang membuat skema ini cepat sekali meroket popularitasnya.

Pinjaman Kripto Vs Pinjaman Bank, Mana yang Lebih Menguntungkan?, Pluang

4. Prasyarat Pinjaman Fleksibel, Pun Juga Tenornya

Saat meminjam ke bank, kamu tidak bisa banyak andil dalam menentukan berbagai hal. Mulai dari margin bunga, tenor, hingga besaran pinjaman semua ditentukan oleh bank.

Hal ini juga yang membuat pinjaman kripto unggul jika dibandingkan bank. Sebagai peminjam kamu bisa mengajukan berapa besar kripto yang ingin kamu pinjam, mata uang mana, atau stablecoin apa, juga uang muka kreditnya.

Selain itu, besar pinjaman kamu juga tergantung pada besarnya kolateral yang kamu punya. Menarik bukan?

Baca juga: Strategi Investasi Reksadana DCA vs Lump Sum: Mana yang Paling Oke?

Kelebihan Pinjaman Bank Vs Pinjaman Kripto

Tentu saja, di balik sejumlah keunggulan kripto dalam hal pinjam meminjam, bank juga punya keunggulan tersendiri. Sebagai bentuk pinjaman yang sudah lama dilakukan peradaban manusia, pinjaman bank menjanjikan stabilitas, keamanan dan besar pinjaman yang baik.

1. Volatilitas Harga Stabil

Pinjaman bank berlaku dalam uang fiat yang harganya lebih stabil dibanding uang kripto. Lembaga intermediary pada pinjaman kripto biasanya hanya memberlakukan pinjaman dalam mata uang kripto saja, meski ada juga yang memberi pinjaman fiat.

Efeknya adalah stabilitas harga yang membuat kolateral pinjaman bank bisa lebih kecil dibanding kripto. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, pada pinjaman kripto kolateral bisa mencapai 150% akibat volatilitas. Pinjaman bank lebih lunak dalam hal ini.

2. Keamanan Lebih Mumpuni

Sebagai lembaga rigid dan pruden, keamanan adalah fokus utama bank. Tentu saja memberi pinjaman maupun meminjam lewat bank jadi lebih aman.

Bank menjamin bahwa peminjam mampu bayar pinjaman dan pemberi pinjaman mendapat marginnya sesuai kesepakatan.

Baca juga: Anti Panic Buying Saat Pandemi! Yuk, Simak 8 Tips Hemat Belanja di Sini!

3. Besar Pinjaman Kripto Vs Pinjaman Bank

Besaran pinjaman kripto hingga saat ini belum ada yang bisa membantumu mencicil rumah idaman atau mobil keluaran terbaru. Jika kamu mendambakannya, mungkin kamu memang harus meminjam ke bank.

Bank menyediakan pinjaman dalam berbagai ukuran, meskipun bunganya pun besar. Setidaknya kamu jadi bisa membeli rumah atau mobil, atau sebidang tanah dan membuka usaha meski uangmu likuidmu belum banyak.

Nah, kalau kamu sendiri bagaimana, Sobat Cuan? Lebih memilih meminjam di bank atau coba-coba meminjam aset kripto?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: You Hodler

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img