Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Menabung Aset Kripto? Yuk, Tes Kesiapan Kamu di Sini!

Saat ini, pecinta aset kripto memang tengah menggandrungi menabung aset kripto. Ini lantaran mereka bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan perbankan (seperti yang dijelaskan pada artikel ini) hanya dengan menyimpannya di akun dompet digital.

Namun, yang namanya investasi tentu punya risiko tersendiri. Begitu pun dengan menabung kripto, seperti yang dijelaskan pada artikel berikut. Sehingga, ada baiknya kamu juga mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko dan tantangan yang terdapat di depan mata.

Nah, sebelum berencana menabung kripto, ada baiknya kamu mempertanyakan kesiapan dirimu dalam menghadapi berbagai risiko tersebut. Caranya, adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ke dirimu sendiri.

Jika kamu sudah paham jawabannya, maka kamu bisa segera “nyemplung” dengan menyimpan aset kriptomu. Sudah siap menguji kesiapan kamu dalam menabung kripto?

Baca juga: Pilih Menabung atau Investasi?

Mau Menabung Aset Kripto? Yuk, Tes Kesiapan Kamu di Sini!, Pluang

Agar Siap Jiwa Raga Yuk Tes Kesiapan Menabung Aset Kripto!

1. Apakah Kamu Paham Mengenai Produk Tabungan Aset Kripto?

Dalam berinvestasi, penting hukumnya untuk mengenali produk yang akan kamu selami. Begitu juga dengan menabung di aset kripto.

Tentu saja, kamu harus mengetahui risiko menabung di aset kripto. Selain itu, kamu juga perlu memahami mekanisme menabung aset kripto, yang notabene merupakan pengembangan dari aktivitas yield farming di atas sistem keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance/DeFi). Kemudian, kamu juga perlu paham mengenai asal muasal tingkat bunga menabung aset kripto, seperti dijelaskan di artikel ini.

Lebih pentingnya lagi, kamu juga harus memahami tentang seluk beluk aset kripto itu sendiri. Misalnya, jika kamu ingin menabung Bitcoin dan Ethereum, kamu perlu mendalami tentang faktor fundamentalnya serta kegunaan masing-masing aset kripto.

Hal ini perlu kamu lakukan untuk memahami bahwa fluktuasi kencang nilai aset kripto adalah hal wajar. Dengan memahami hal tersebut, maka seharusnya kamu bisa mengontrol ekspektasi dalam mendulang cuan di tabungan aset kripto.

2. Apakah Menabung Aset Kripto Sesuai dengan Strategi Investasimu?

Sebagai seorang investor, tentu kamu punya strategi investasi tersendiri. Di mana, strategi itu diturunkan dari profil risikomu.

Nah, kalau kamu memang berniat investasi jangka panjang dan fokus pada pertumbuhan jumlah portofolio kriptomu, maka menabung kripto bisa menjadi pilihan yang baik untukmu. Sebab, layaknya menabung pada umumnya, menabung kripto memiliki efek bunga majemuk, yang dijelaskan di artikel berikut.

Namun, kalau kamu tipikal investor yang gak sabaran, mungkin ada baiknya kamu mempertimbangkan ulang untuk menabung aset kripto. Tapi, tidak ada salahnya menabung aset kripto sebagai strategimu dalam diversifikasi portofolio kriptomu.

Tapi, apapun tipe risikomu, pastikan kamu tidak nyemplung di aset kripto karena hype semata, ya!

3. Bagaimana Kamu Memandang Aset Kripto?

Pertanyaan ini nampaknya wajib kamu tanyakan ke diri sendiri. Sebab, ini menyangkut konsistensi kamu dalam menabung aset kripto.

Kalau kamu yakin dengan masa depan aset kripto, maka menahannya (dan mengakumulasi kepemilikannya) dengan menabung aset kripto adalah langkah yang tepat. Asal, aset kripto yang kamu simpan pun memiliki nilai fundamental dan kegunaan yang cukup jelas, seperti Bitcoin dan Ethereum.

Secara umum, selama ini para analis menilai faktor harga Bitcoin berada di sisi permintaan dan penawaran berdasarkan suplai Bitcoin yang terbatas, yakni 21 juta keping. Makanya, aset kripto ini cocok sebagai aset pelindung kekayaan.

Sementara itu, nilai guna Ethereum terletak pada manfaatnya sebagai nilai tukar di jaringan Ethereum dan DeFi. Sehingga, faktor pendukung harga Ethereum ke depan akan terletak pada pembaruan jaringan serta perkembangan adopsi teknologi DeFi di masa depan.

4. Di Mana Kamu Akan Menabung Aset Kripto?

Perihal platform menabung adalah hal krusial lainnya dalam aktivitas ini. Kalau memang platformnya tidak terpercaya, aset kriptomu bisa-bisa menguap.

Nah, salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menabung aset kripto adalah Pluang! Kamu bisa menabung Bitcoin atau Ethereum dan mendapatkan imbal hasil hingga 3,5% per tahun. Selain itu, kamu pun bisa mengaksesnya dengan praktis dan bisa menarik tabunganmu kapan saja!

Baca juga: Investor Kripto RI Tembus 4,2 Juta. Gimana Caranya Agar Kita yang Paling Cuan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang.

Sumber: Nasdaq

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img