Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Blog

Tips dan Pelajaran dari Investasi Cryptocurrency

Tips dan Pelajaran dari Investasi Cryptocurrency

16 Nov 2020, 3:00 AM·Waktu baca: 4 menit
Kategori
Tips dan Pelajaran dari Investasi Cryptocurrency

Kamu tentu mengetahui tentang cryptocurrency, kan? Kamu mungkin terpesona dengan teknologi baru keuangan ini dan ingin tahu bagaimana caranya bekerja. Namun, lebih jauh lagi, tidakkah kamu ingin melakukan investasi cryptocurrency? Tapi kamu harus mengetahui Tips investasi cryptocurrency serta pelajarannya!

Jika kamu adalah tipe investor yang gemar melakukan investasi berisiko tinggi, cryptocurrency mungkin cocok untuk kamu.

Konsultan keuangan Marjolein API menganjurkan agar kita menginvestasikan setidaknya 2% dari kekayaan bersih kita ke dalam investasi cryptocurrency. Kenapa tidak lebih? Karena menurutnya kita tidak boleh menginvestasikan lebih dari 10% kekayaan bersih dalam investasi berisiko sangat tinggi.

Ada masalah dengan cryptocurrency yang harus kita waspadai. Contohnya adalah volatilitas dan kurangnya regulasi. Ini adalah keputusan yang sangat pribadi apakah kamu ingin berinvestasi dalam investasi uang sangat mudah berubah dan berisiko.

Baca juga: Dapatkan Penghasilan Pasif dari Properti, Ini Strategi Membeli Properti

Pelajaran dari berinvestasi dalam investasi cryptocurrency

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami dasar-dasar cryptocurrency.

Cryptocurrency adalah industri yang bergerak cepat yang penting untuk dipahami sebelum kamu sepenuhnya terjun dan menginvestasikan uang kamu. Pikirkan tentang semua konsep teknis dan apakah kamu sepenuhnya memahaminya atau tidak.

Sama seperti di pasar lainnya – obligasi, saham, dana indeks, pinjaman peer-to-peer – penting bagi kamu untuk memahami pasar dan memiliki pemahaman dasar tentang apa yang kamu lakukan.

Ketahuilah bahwa pasar investasi cryptocurrency sangat tidak stabil dan tetap berpegang pada dasar-dasarnya, ini akan membantu kamu dalam jangka panjang.

Pelajaran berikutnya adalah mengendalikan emosi kamu. Saat kamu melakukan investasi cryptocurrency, kamu akan mengalami perjalanan luar biasa.

Kamu bisa saja menjadi emosional terkait investasi kamu. Kamu jadi sering melihat saldo portfolio kamu, dan membuang banyak energi sia-sia.

Ada baiknya kamu memutuskan hanya akan memeriksa portfolio investasi cryptocurrency kamu setahun sekali untuk keperluan pajak.

Waspadai bias informasi dalam investasi

Pelajaran selanjutnya adalah kamu harus mewaspadai bias konfirmasi. Ketika mulai belajar cryptocurrency kamu mungkin kemudian kerap bolak-balik membaca berbagai informasi di internet atau di twitter misalnya. Dan di sini kamu hanya mencari berita bagus atau positif.

Jika beritanya jelek atau negatif, kamu langsung scroll linimasa twittermu dengan cepat agar tidak membaca lebih lanjut berita itu.

Ini adalah salah satu bias investasi perilaku yang disebut bias konfirmasi. Bias konfirmasi adalah ketika orang hanya mencari informasi yang mengkonfirmasi keyakinan dan pemikiran mereka saat ini. Ketika ada informasi yang tidak selaras dengan itu, mereka mengabaikannya sama sekali.

Untuk menghindari hal ini, tanyakan pendapat orang lain tentang apa yang mereka pikirkan. Ini bisa sangat membantu!

Baca juga: Inovasi Ekonomi Berbagi, 5 Perusahaan Sediakan Platform Sewa Barang Online

Tips investasi cryptocurrency

Jangan pernah berinvestasi lebih dari yang bisa kamu hilangkan

Ini adalah aturan nomor satu untuk menginvestasikan uang kamu. Jangan pernah berinvestasi lebih dari yang kamu mampu untuk kehilangan.

Saat kamu berinvestasi dalam investasi berisiko sangat tinggi seperti mata uang crypto, kehilangan uang tampaknya tidak bisa dihindari. Pasar sangat tidak stabil sehingga tidak menyenangkan untuk diinvestasikan dengan uang yang benar-benar kamu butuhkan.

Persiapkan diri kamu untuk itu dan kamu tidak akan membuat keputusan apa pun berdasarkan rasa takut kehilangan uang. Itu merupakan keputusan terbaik.

Itulah mengapa kamu harus mencoba untuk tidak menginvestasikan lebih dari 10% kekayaan bersih dalam investasi berisiko sangat tinggi.

Kamu hanya akan memiliki uang jika kamu mencairkannya

Satu tips penting dalam investasi cryptocurrency, kamu hanya memiliki uang setelah kamu mencairkannya. Pasar cryptocurrency sangat tidak stabil. Seperti halnya pasar saham, ia akan naik turun. Gerakannya hanya sedikit lebih besar.

Suatu hari kamu naik 100% dan hari berikutnya kamu turun 60%. Ini seperti rollercoaster emosional.

Suatu hari kamu bermimpi tentang bagaimana kamu dapat menginvestasikan uang itu dan hari berikutnya kamu cemas dan ingin menjual seluruh portofolio kamu. Kamu harus memutuskan untuk mengambil jarak dari uangmu dan menganggap uang itu hilang.

Dengan melakukan itu, kamu mengambil jarak dari emosi negatifmu seputar uang dan rasa takut kehilangannya. Itu sangat membantumu dan kamu bisa memutuskan untuk membawanya bahkan ke langkah berikutnya.

Investasi cryptocurrency – Tentukan sendiri tujuan kamu

Dalam investasi cryptocurrency kamu harus menetapkan tujuan untuk dirimu sendiri.

Ketika kamu hanya menahan (menyimpan) investasi kamu, sulit untuk memutuskan kapan kamu keluar karena emosimu berperan.

Kamu harus memutuskan sendiri: jika portfolio kamu atau koin crypto kamu telah misalnya melampaui sekian dollar, kamu akan menjual investasimu.

Jika kamu tidak melakukannya, kamu akan mengambil lebih banyak risiko dengan tidak menyeimbangkan portfolio kamu dan mempertahankan jumlahnya kurang dari 5% kekayaan bersihmu.

Jika kamu berinvestasi dalam cryptocurrency, kamu harus bersenang-senang dengannya. Kamu berinvestasi di pasar dan tidak bersenang-senang? Jangan lakukan itu.

Berinvestasi dalam cryptocurrency adalah perjalanan yang berisiko. Pastikan untuk mengikuti beberapa aturan:

  • Jangan menginvestasikan uang yang kamu tidak bisa kehilangan uang itu.
  • Pahami apa yang kamu investasikan
  • Uang itu bukan milik kamu sampai kamu mencairkannya
  • Tetapkan diri kamu sebagai tujuan (titik keluar)

Jika kamu mengikuti beberapa tips ini, kamu pasti akan bisa bersenang-senang dengan investasi cryptocurrency.

Baca juga: Investasi Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Ditulis oleh
channel logo

Dewi Kharisma

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait

Artikel Terkait

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar