Currently set to Index
Currently set to Follow

Lagi Rame Investasi Kripto Bodong. Bagaimana Cara Memilih Platform Kripto yang Tepat?

Perkara investasi bodong seolah tak ada hentinya. Setelah berkedok investasi saham dan reksa dana, kini pihak-pihak tak bertanggung jawab mulai membidik aset kripto sebagai dalih aksi tipu-tipu mereka. Membuktikan bahwa sekadar mengamalkan tips investasi saja tak cukup untuk mendulang cuan di zaman sekarang. Namun, juga perlu dibekali dengan kemawasan diri.

Salah satu bentuk penipuan berkedok investasi aset kripto baru saja terungkap baru-baru ini.

Sebuah platform kripto bernama EDCCash belakangan tengah menjadi buah bibir setelah puluhan membernya ngamuk dan menyatroni rumah sang CEO di bilangan Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Kala itu, anggota platform itu mengaku tidak bisa mencairkan cuan yang dijanjikan dari investasi tersebut. Kalau pun cair, maka hasilnya tidak sesuai dengan nilai yang tertera.

Ternyata, aparat penegak hukum menemukan bahwa investasi EDCCash, yang menyediakan produk aset kripto bernama E-Dinar Coin Cash ini, diduga merupakan skema penipuan. Adapun produk E-Dinar Coin Cash tersebut pun tak terdaftar di situs Coinmarketcap, sebuah situs yang menampilkan nilai kapitalisasi pasar aset kripto. Tak hanya itu, EDCCash pun ternyata tak mengantongi legalitas usaha.

Drama investasi bodong ini pun akhirnya berakhir tragis. Sang CEO platform tersebut akhirnya diringkus Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dengan tuduhan melakukan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang. Kepolisian pun ikut menyita sejumlah barang bukti dari rumah tersangka seperti belasan mobil mewah dan uang tunai.

Sementara itu, bagaimana nasib dana korban? Ternyata, mereka masih harus gigit jari. Hingga saat ini, masih belum terdapat kejelasan ihwal skema pengembalian dana meski kepolisian masih melakukan proses hukum atas kasus ini.

Dari kasus di atas, Sobat Cuan tentu bisa belajar untuk berhati-hati dalam memilih platform aset kripto. Sehingga, Sobat Cuan perlu memahami tips jitu investasi kripto sebelum nyemplung di bidang ini. Lantas, seperti apa langkah mitigasi yang bisa Sobat Cuan terapkan?

Baca juga: Mau Coba Investasi Reksadana? Ini 11 Platform Reksadana Online Terbaik di Indonesia

Lagi Rame Investasi Kripto Bodong. Bagaimana Cara Memilih Platform Kripto yang Tepat?, Pluang

Tips Memilih Platform Investasi Aset Kripto

1. Tengok Perizinan

Ini merupakan langkah paling awal yang bisa Sobat Cuan lakukan dalam memilih sarana investasi aset kripto.

Di Indonesia, perdagangan aset kripto masuk ke dalam perdagangan komoditas, sehingga seluruh aktivitasnya diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sehingga, platform investasi aset kripto yang beneran tentu sudah terdaftar sebagai calon pedagang fisik aset kripto. Nah, daftar pedagang resmi dan diakui pemerintah tersebut tercantum di dalam Peraturan Bappebti No. 7 Tahun 2020.

Biasanya, pedagang aset kripto yang resmi selalu mencantumkan logo Bappebti di situs resmi atau aplikasinya. Hanya saja, kadang terdapat platform investasi yang telah mencantumkan logo Bappebti meski namanya tidak terdaftar di peraturan di atas. Namun, Sobat Cuan tak perlu khawatir. Platform yang jujur dan legal pasti akan menjelaskan secara gamblang di situsnya bahwa mereka adalah kanal penjualan dari salah satu calon pedagang fisik aset kripto yang terdaftar di Bappebti.

2. Perhatikan Reputasi

Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang. Jadi, Sobat Cuan pun harus rajin mencari tahu tentang reputasi sang platform aset kripto sebelum memutuskan untuk menempatkan dana.

Kamu bisa mencari tahu tentang reputasi para platform ini dari berbagai sumber. Misalnya, ulasan aplikasi yang terdapat di app store atau Google Playstore. Selain itu, kamu juga bisa bertandang ke akun media sosial resmi platform tersebut untuk melihat gambaran kasar tingkat kepercayaan konsumen. Dan terakhir, kamu juga bisa gali informasi melalui mesin peramban Google. Di zaman sekarang ini, menelusuri rekam jejak menjadi perkara yang jauh lebih mudah.

3. Kepastian Mengenai Asuransi

Tips memilih platform investasi aset kripto berikutnya adalah mencari kepastian mengenai asuransi atas dana-dana yang kamu tempatkan di medium tersebut. Asuransi ini sangat berguna agar kamu tak buntung kalau hal-hal buruk terjadi kala kamu menempatkan dana di platform tersebut. Salah satunya adalah jika perusahaan bangkrut atau memutuskan tidak beroperasi lagi.

4. Aspek Keamanan Teknologi

Platform investasi aset kripto yang baik tentu akan mengedepankan aspek keamanan. Tujuannya, agar investor merasa nyaman dan tenang dalam mentraksasikan dananya di platform tersebut.

Pada umumnya, platform investasi aset kripto akan memintamu untuk membuat kata kunci sebagai tanda verifikasi transaksi. Selain itu, platform aset kripto juga akan memintamu untuk melakukan proses Know Your Customer (KYC) agar transaksi yang dilakukan di platform tersebut benar-benar dilakukan oleh individu beridentitas asli.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, maka nampaknya kamu sudah bisa memulai petualangan cuan aset kriptomu di platform tersebut. Dan pastinya, Pluang adalah aplikasi yang tepat bagimu dalam melangkahkan kaki di kancah investasi aset kripto. Utamanya, jika kamu mau berinvestasi Bitcoin dan Ethereum.

Bicara soal keamanan, investasi di Pluang tentu 100% aman. Pluang merupakan kanal penjualan dari PT Zipmex Exchange Indonesia, sebuah pedagang fisik aset kripto yang terdaftar dan diawasi Bappebti. Selain itu, dana investasi aset kripto kamu juga dijamin oleh BitGo, lembaga kustodian aset kripto terkemuka dan teraman di dunia.

Baca juga: Seberapa Penting Membicarakan Masalah Keuangan dengan Pasangan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Detik.com, Finsmes

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img