Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini Alasan HODL & Menabung Kripto Adalah Strategi Jitu Saat Pasar Bearish!

Harga aset kripto, seperti Bitcoin dan Ethereum, memang lagi terjun bebas. Kondisi tersebut kadang bikin kamu sedih dan merana lantaran bikin kamu buntung. Namun, jangan salah, Sobat Cuan! Cuan kripto bukan hanya soal naik-turun harga, tetapi juga perkara mentalitas!

Di dunia aset kripto, memang trading dianggap cara efektif bagimu untuk mendulang cuan. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba menahan aset kriptomu, atau istilah kerennya HODL-ing, dengan menabung aset kripto yang kamu genggam. Yang kamu butuhkan adalah tinggal tips menabung kripto yang jitu!

Ketika menabung kripto, yang kamu perlu lakukan adalah menempatkan cryptocurrency di platform tabungan aset kripto. Setelahnya, kamu tinggal mendapatkan imbal hasil secara periodik dalam bentuk aset kripto lagi.

Jadi, meski harga kripto lagi tiarap, setidaknya kamu berkesempatan untuk “mengembang biakkan” jumlah keping-keping aset kriptomu. Pilihan investasi kripto yang cukup menarik, bukan?

Selain itu, pasar aset kripto yang terpantau mendung adalah saat yang tepat bagimu untuk menabung aset kripto. Apa sih, alasannya?

Menabung Aset Kripto Pilihan Tepat Saat Pasar Bearish

Di dunia mata uang kripto, para penggemar tidak cuma berspekulasi. Sebagian besar mereka adalah maximalist, yakni orang-orang yang percaya pada ide bahwa di masa depan aset digital adalah satu-satunya yang relevan.

Secara spesifik, maximalist biasanya adalah fans berat Bitcoin yang memandang cryptocurrency adalah satu-satunya yang akan tetap relevan saat masa depan datang. Bahkan jika dibanding uang kripto yang lain, maximalist adalah penimbun Bitcoin garis keras.

Berbeda dengan trader yang sibuk menganalisis pergerakan pasar, para maximalist justru panen raya saat market sedang longsor seperti saat ini. Alasannya? Tentu agar di masa depan saat Bitcoin sudah relevan, merekalah yang jadi juragannya!

Kalau kamu merasa tidak berbakat jadi trader lantaran lihat portofolio kripto kamu longsor terus, kamu tidak perlu berkecil hati. Kamu tetap bisa mengikuti falsafah HODL.

Menang dari HODL Tak Cuma Berlaku di Aset Kripto

Meski pasar selalu penuh oleh trader, tapi sejarah mencatat bahwa pemenangnya tetaplah investor. Sebut saja Warren Buffet, Elon Musk, atau versi kearifan lokal, Lo Kheng Hong, mereka adalah investor yang berinvestasi di jangka panjang.

Ada pendapat umum di dunia keuangan bahwa 98% orang yang mencoba trading tidak sukses. Mereka tidak akan bisa membiayai hidup dari trading saja.

Pasalnya, volatilitas pasar hanya dapat diterka, namun tidak pernah bisa dipastikan pergerakannya. Kamu pasti akan terlewat beberapa momentum besar untuk cuan, lalu menjual dan membeli terlalu cepat. Kamu mungkin akan untung besar selama beberapa waktu dan kehilangan semuanya dalam sehari.

Kabar baiknya adalah, investor tidak mengalami itu. Kamu tidak akan pernah terlewat momentum saat berinvestasi, kecuali kamu menunda-nundanya terus sampai mati.

Investor tidak pernah merugi saat pasar kebakaran. Mereka akan bersikap tenang dan membeli lebih banyak agar lebih cuan di masa depan.

Singkatnya, investor tidak perlu berhadapan dengan sisi kelam dunia trading harian. Selama ekonomi masih potensial, maka investasinya akan tetap berkembang. Investor tetap cuan.

Baca juga: Apa Itu Binance Coin (BNB)?

Ini Alasan HODL &  Menabung Kripto Adalah Strategi Jitu Saat Pasar Bearish!, Pluang

Tips Menabung Kripto Agar Cuan Masa Depan

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu mulai berpikir untuk segera HODL-ing dengan menabung aset kriptomu. Tapi, sebelum kamu bergabung dengan barisan maximalist dengan HODL, ada sedikit tips bagi kamu agar tetap konsisten HODL-ing!

1. Siap dengan Volatilitas Pasar Kripto

Meski tampak mudah, jadi investor jangka panjang terutama untuk aset dengan volatilitas setinggi kripto pasti memerlukan persiapan mental yang baik. Tak hanya mental, pengetahuan kamu akan momentum juga harus baik.

Para HODLers bisa cuan besar dari bergejolaknya pasar kripto. Begitu pun saat rugi, membeli karena Fear of Missing Out (FOMO) saat tren naik, misalnya saja, mungkin akan membuatmu kewalahan menahan diri untuk tidak cut loss.

Contohnya, Maret 2020 lalu harga BTC longsor 50% dalam sehari. Kondisi ini memang bikin para trader kalang kabut dengan menjual asetnya. Lantas, bagaimana kalau para trader tersebut memilih untuk menahan aset kriptonya? Tentu saja cuan besar, Sobat Cuan, mengingat harga sang raja aset kripto ini pulih cepat, bahkan malah melonjak tajam.

Yang perlu kamu lakukan adalah sabar dan percaya bahwa harga aset kripto pasti akan membaik ke depannya. Tentu saja, kamu harus bersiap diterpa hujan badai yang seolah-olah tak berkesudahan sebelum memandang pelangi yang indah.

Baca juga: Panduan Cara Menggunakan RSI Untuk Trading Crypto Bagi Pemula

2. Berpikir Jangka Panjang

Meski tidak berencana menyimpan kripto selamanya, pastikan bahwa rencanamu berusia lebih dari tiga tahun. Inilah tips menabung kripto terjitu bagi para HODLers.

Katanya, rentang terbaik untuk membuat timeframe investasi kripto adalah sekitar 3-5 tahun. Meskipun, banyak maximalist menyimpan aset kriptonya lebih lama lagi.

Untung besar memang butuh proses, Sobat Cuan. Jadi jangan menyerah!

Baca juga: Apa Itu Polkadot?

3. Jangan Tergoda Trading Harian

Pasar yang bergejolak memang penuh godaan. Bayangkan suatu hari aset kripto kamu melonjak 50%, tentu menggoda sekali untuk trading di pasar harian, bukan?

Tapi, jangan lakukan itu! Tahan diri kamu kalau memang niat jadi HODLers sejati. Inilah tips menabung kripto yang paling sulit dijalankan.

Ide investasi jangka panjang adalah kamu tidak perlu repot belajar analisis teknikal, fundamental, atau mengecek pergerakan harga harian. Kamu hanya perlu membeli di saat yang tepat dan menimbunnya.

Cuan akan datang pada mereka yang bersabar. Lagi pula, cuan pada trading harian masih dipotong spread transaksi juga, kok.

Jadi mending mana? Dapat cuan besar tapi kena potongan atau menabung aset kriptomu dan memperoleh bunga dalam bentuk tambahan aset kripto?

4. Cari Teman dalam Komunitas Hodlers

Lingkungan banyak mempengaruhi kita, begitu pun saat akan berinvestasi jangka panjang. Kamu mungkin akan mudah tergoda jika berteman dengan trading yang memamerkan cuan hariannya di media sosial.

Karena itu, cobalah mencari komunitas sesama hodlers. Selain agar tetap dapat informasi, kamu dan kawan-kawanmu bisa saling menguatkan dari segala macan godaan cuan jangka panjang.

Jadi, bagaimana Sobat Cuan? Apakah kamu sudah siap untuk HODL dengan cara menabung aset kripto? Yuk, coba menabung aset kripto di Pluang Cuan!

Di Pluang Cuan, kamu bisa mendapatkan imbal hasil dari menabung Ethereum dan Bitcoin hingga 3,5% per tahun! Cara yang mudah dapat cuan, bukan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, Exodus

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img