Currently set to Index
Currently set to Follow

6 Tips Mengelola Dompet Bitcoin

Saat mengelola portofolio akun cryptocurrency seperti bitcoin, kita harus mengingat beberapa tips dasar keamanan Bitcoin. Apa saja yang harus diperhatikan?

Beberapa dompet Bitcoin rentan terhadap peretasan karena dapat diakses secara daring. Sementara, yang lainnya memiliki risiko yang sama seperti membawa uang tunai.

Jadi, bagaimana cara mengatasi persoalan ini? Pelajari lebih lanjut tentang cara menjaga keamanan Bitcoin dan mengelola akun dengan benar.

Kamu tentunya perlu memahami cara mengamankan perangkat, penggunaan dompet online maupun offline, dan mengamankan password. Berikut ini enam trik yang dapat kamu terapkan untuk mengamankan portofolio cryptocurrency-mu.

Baca juga: Apa Itu Blockchain?

Tips keamanan bitcoin untuk jaga dompetmu aman

Amankan perangkatmu

Tips Bitcoin yang pertama, Apa pun dompet Bitcoin yang kamu gunakan, harus kamu ingat adalah untuk mengamankannya dengan melindungi dengan private keys.

Penting untuk melindungi kata sandimu dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Ini bisa dilakukan dengan secara teratur mengubah kata sandimu. Menginstall firewall dan perangkat lunak antivirus juga membantu mengamankan perangkat Bitcoin dari akses peretas.

Gunakan dompet terpisah dan diversifikasikan portofoliomu

Sama seperti mengelola uang secara fisik, Bitcoin pun harus disimpan dengan cara tersebut. Sebaiknya kamu menggunakan “dompet” terpisah. Miliki hanya beberapa koin di dompetmu untuk dibelanjakan. Sementara itu, sisa bitcoin dapat kamu simpan di lokasi terpisah.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memiliki perangkat terpisah untuk menerima koin dan satu lagi untuk rekening tabunganmu. Dengan cara ini, kamu melindungi perangkat lain jika terjadi pencurian atau kehilangan salah satu dompetmu.

Tetap menyimpan dompet bitcoin offline

Lingkungan yang aman memastikan keamanan dompet Bitcoin. Salah satu cara paling aman untuk menyimpannya adalah dengan menyimpan secara offline. Bagaimana caranya?

Jika kamu menggunakan dompet murni berbasis web, kamu perlu lebih berhati-hati dengan keamanan web tersebut, karena mungkin saja dibobol dari jarak jauh jika keamanan gagal berfungsi. Jadi, gunakanlah jenis dompet yang menyediakan hardware atau paper bitcoins. Dengan ini, kamu dapat meminimalisir kemungkinan akun diretas dari jarak jauh.

Baca juga: Apa Itu Cryptocurrency?

Sebisa mungkin, gunakan cold wallet untuk bitcoin

“Hot wallet” dapat diakses melalui internet kapan pun dan di mana pun. Mereka menawarkan kenyaman dan kemudahan penggunaan bagi banyak pengguna.

Namun, akun hot wallet ini juga rentan terhadap peretasan. Karena dompet berbasis web juga diakses oleh perusahaan yang menjalankan akun. Tidak ada jaminan bahwa dompetmu sepenuhnya dapat aman.

Itulah mengapa beberapa orang lebih suka menggunakan cold wallet, yakni akun bitcoin yang dapat diakses bahkan jika sedang offline.

Dompet seperti Coinbase memungkinkanmu menyimpan Bitcoin baik secara online maupun offline. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan jenis dompet ini demi keamananmu.

Simpan cadangan perangkat fisik dan dompet kertasmu

Membuat cadangan kunci pribadimu juga penting untuk mencegah kehilangan jika terjadi kegagalan perangkat, pencurian, atau kehilangan.

Dalam menyimpan cadanganmu, pastikan untuk meletakkannya di tempat aman yang berbeda. Jika kamu kehilangan satu dompet, maka kamu selalu memiliki cadangan lain. Penting juga untuk melakukan backup setiap kali kamu membelanjakan atau menerima koin baru.

Jaga kunci pribadi atau password tetap privat

Password bersifat pribadi dan, seperti propertimu yang lain, adalah “kunci” yang harus dijaga kerahasiaannya. Kamu tidak boleh membagikan kunci pribadi atau password kepada siapa pun, terutama dengan orang yang tidak dapat kamu percayai.

Jika kamu tipe orang yang biasanya lupa kata sandi, ma kamu dapat menuliskannya secara terpisah di buku catatan atau di post-it? Dan pastikan untuk menyimpan catatan tersebut di tempat yang aman di mana tidak ada yang dapat dengan mudah menemukan atau mencurinya.

Mengamankan akun bitcoin memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, jika kamu rajin meneliti dompet dan mendiversifikasi penyimpananmu, tidak ada alasan kamu tidak dapat melangkah maju dalam “arena permainan” investasi Bitcoin yang kini kian populer.

Terapkan kiat keamanan dompet bitcoin di atas untuk melindungi investasi cryptocurrency-mu dan pastikan selalu menerapkan keamanan dalam investasi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0

Head Of Human Resources

0
spot_img