Currently set to Index
Currently set to Follow

Masih Banyak Diminati, Emas Peringkat Satu Investasi Terbaik di Tahun 2020

Sudah menyiapkan resolusi finansial untuk tahun 2020? Apakah memilih produk investasi terbaik masuk dalam daftar? Supaya cuan, yuk cari tahu investasi terbaik 2020.

Seperti yang para investor ketahui, terdapat banyak jenis instrumen investasi. Ada yang baru tumbuh dan berkembang di Indonesia, seperti investasi p2p lending dan equity crowdfunding.

Selain berbagai jenis investasi berbasis fintech yang baru tumbuh belakangan ini, ada juga yang masyarakat Indonesia sudah familiar, seperti investasi emas atau investasi saham.

Di antara semua jenis investasi itu, yang mana termasuk investasi terbaik 2020? Produk investasi terbaik tentu perlu ditentukan berdasarkan berbagai faktor yang sesuai dengan kebutuhan investor.

Sebelum mengetahui investasi mana yang terbaik, tentu kamu perlu tahu dulu bagaimana perkembangan tiap investasi itu saat ini. Termasuk, soal investasi apa yang bakal cuan pada 2020.

Ini tentu bisa diprediksi berdasarkan perkembangan jenis-jenis investasi ini selama tahun 2019. Yuk, simak bersama produk investasi terbaik di tahun baru ini.

Benarkah emas akan jadi produk investasi terbaik pada tahun 2020?

Meski pertumbuhannya tidak terlampau signifikan, investasi emas atau logam mulia masih jadi pilihan teratas. Emas memang merupakan instrumen investasi yang stabil.

Apalagi, banyak ramalan keuangan yang memprediksi investasi emas akan mendatangkan cuan hingga di atas 10% pada tahun 2020. Ini tentu menobatkan emas sebagai produk investasi terbaik.

Terdapat dua prediksi menarik tentang harga produksi investasi emas pada sebagai investasi terbaik 2020. Salah satunya dari ING, sebuah bank Belanda, yang meramalkan emas akan bearish (mengalami penyusutan) dan Citigroup yang meramalkan emas akan bullish (mengalami penguatan).

Pada kuartal pertama, harga emas per ons diramalkan capai hingga USD 1.500. Pada kuartal kedua dan ketiga 2020, harga emas akan sedikit turun jadi USD 1.470. Dan pada kuartal keempat, harganya diramalkan akan jadi USD 1.480.

Sementara itu, harga rata-rata emas akan capai USD 1.475/ons sepanjang 2020. Dengan asumsi 1 ons emas sama dengan 31,1 gram, maka dalam setahun pada 2020 rata-rata harga emas sebesar USD 47,43/gram atau Rp660.462.

Sementara itu, berdasarkan ramalan Citigroup, harga emas pada 2020 dapat capai hingga USD 2000/ons alias Rp900.000 per gram. Ini membuat prediksi harga emas akan naik hingga 12,8% pada akhir tahun mendatang.

Jadi, menempatkan emas sebagai salah satu produk investasi terbaik termasuk lazim. Yuk, kita lihat prediksi mana yang akan menjadi kenyataan pada 2020 nanti.

Produk apa lagi yang dapat menjadi investasi terbaik di tahun baru ini?

Selain emas, investasi P2P lending sedang naik daun. Cuan konon bisa capai hingga 14%, tergantung keamanan dan legalitas dari perusahaan manajemen investasinya.

Jika mau investasi di produk investasi ini, kamu mesti pastikan kamu telah mempelajari risikonya, apa saja yang akan dihadapi dan termasuk keuntungan yang diperoleh selama periode tertentu.

Meski, investasi P2P lending tidak juga terlalu kencang jika dibandingkan dengan investasi di pasar saham atau reksadana.

Seperti yang diketahui, beberapa saham bluechip dapat beri cuan hingga di atas 20% dalam setahun, belum lagi menghitung dividen yang diberikan perusahaan kepada investor.

Sementara itu, investasi properti juga terbilang masih menjanjikan. Terdapat beberapa properti di segmen menengah ke bawah yang sedang berkembang. Bagi kelas ekonomi ini, kebutuhan properti untuk rumah pertama harus dipenuhi sehingga pasarnya akan selalu ada.

Perhatikan hal berikut ini sebelum memilih produk investasi terbaikmu

Setelah mengetahui berbagai produk investasi terbaik untuk dipilih pada 2020, tentu kamu juga perlu memperhatikan sejumlah hal penting.

Jangan hanya tergiur pada imbal hasil yang ditawarkan oleh produk investasi yang kamu unggulkan. Tpi, pikirkan juga risikonya, legalitasnya, apakah investasi tersebut sudah diawasi oleh regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk investasi di sektor keuangan.

Sementara itu, untuk investasi di sektor produk perdagangan berjangka, kamu perlu pastikan apakah investasi itu sudah diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti).

Selain itu, untuk pilih investasi terbaik di tahun baru ini, perhatikan juga apakah imbal hasil yang ditawarkan terbilang logis dan wajar. Jangan tertipu pada investasi bodong yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat tanpa perhitungan yang dapat kamu pastikan.

Dan tentunya, sebagai investor, kamu sudah tahu dong prinsip “high risk, high return”. Siap-siap nyali jika ingin investasi, karena kamu mesti paham bahwa untung besar mengisyaratkan risiko besar pula. Jadi, bijaklah dalam memilih produk investasi terbaik 2020!

Sumber: Seputar Forex, DetikFinance

Baca juga:

Silaturahmi Sekaligus Nabung, Ini 5 Cara Asyik Arisan Emas Sama Teman!

Lagi ‘BU’ Banget, Lebih Baik Jual atau Gadaikan Emas, Ya?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img