Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Blog

Lagi ‘BU’ Banget, Lebih Baik Jual atau Gadaikan Emas, Ya?

Lagi ‘BU’ Banget, Lebih Baik Jual atau Gadaikan Emas, Ya?

18 Nov 2019, 8:58 AM·Waktu baca: 4 menit
Kategori
Jual Emas Antam

Perhatikan Harga Sebelum Jual Emas Antam

Emas adalah aset investasi terbaik untuk jangka panjang. Tinggal google “toko emas” atau “gadai emas” maka akan muncul daftar panjang yang bisa jadi pilihan. Tapi, lebih oke jual emas antam atau tahu cara gadai emas antam, nih, kalau lagi kepepet butuh duit?

Sebagian besar toko emas akan membeli emasmu dengan jujur, demikian juga lembaga pegadaian akan menyesuaikan nilai emas yang kamu gadaikan. Nilai emas, seperti halnya nilai saham, akan selalu berfluktuasi mengikuti harga pasar.

Emas diperdagangkan 24/7 di pasar terbuka. Bahkan, saat ini harga emas antam per gramnya dan harga buyback-nya cukup tersedia di pasaran. Kamu dapat menjadikan harga emas yang terbuka untuk publik ini sebagai patokannya.

Penawaran dan permintaan, nilai mata uang, serta daya beli masyarakat juga akan mempengaruhi nilai emas. Ini akan berhubungan dengan apakah lebih baik kamu jual emas antam atau cari tahu cara gadai emas antam.

Kamu juga perlu memahami patokan toko emas atau pegadaian menentukan nilai emasmu. Peristiwa tertentu akan mempengaruhi juga nilainya, seperti pemilihan presiden misalnya.

Sebelum kamu memutuskan untuk jual emasmu atau menggadaikannya, yuk pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Baca juga: Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Lebih Baik Jual Emas Antam atau Gadaikan?

jual emas antam

Toko gadai, toko perhiasan, atau toko emas pada umumnya membeli emas sesuai dengan nilai emas yang sama dengan yang ditentukan pasar. Untungnya, nilai emas saat ini tersedia secara terbuka bagi publik.

Ini berarti, kamu dapat secara mandiri mencari tahu berapa banyak yang akan kamu peroleh ketika menjual atau menggadaikan emasmu.

Jika kamu tahu nilai emas hari ini, sebelum menjual atau menggadaikannya, kamu perlu tahu seberapa murni emasmu. Keaslian produk dan kemurnian emas antam batangan 99,99%,  jadi untuk yang satu ini kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Sebelum kita bahas secara terpisah tentang jual emas antam atau menggadaikannya, yuk ketahui secara umum kelebihan masing-masing:

1. Kelebihan Jual Emas

Harganya lebih tinggi (mengikuti harga standar Antam), meski fluktuatif dan tergantung pada di mana kamu membeli emas itu. Banyak toko emas yang membuat standar harga buyback 4% dari harga saat ini. Proses pencairan uangnya cepat, uang diterima saat itu juga saat emas diserahkan. Untuk lokasi penjualan, kamu bisa melakukannya di toko tempat membeli emas atau di mana pun toko termuka di kotamu.

2. Kelebihan Gadai Emas

Dibandingkan jual emas antam, untuk penggadaian, nilai pencairannya lebih rendah dibandingkan jika kamu menjualnya langsung. Nilai gadai biasanya 85-95% dari nilai taksir untuk bank syariah. Menggadai emas dirancang untuk nasabah yang butuh dana darurat karenanya bisa memproses dana dengan cepat, bahkan tak lebih dari 30 menit di Pegadaian atau paling lama 3 jam di Bank Syariah. Pegadaian bisa dilakukan di Pegadaian Syariah dan Bank Syariah, contohnya di BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Danamon Syariah, dll.

Baca juga: 7 Alasan Nabung Emas di Pluang Paling Aman

Jika Kamu Memilih Menjualnya, Maka…

Ketika kamu memutuskan jual emas antam, maka kamu mesti tahu lembaga penyedia jual beli emas atau toko emas, serta harga taksiran dari emasmu di hari kamu melakukan penjualan.

Jual emas tergolong mudah. Kamu cuma perlu bawa bentuk fisik emasmu disertai sertifikatnya. Tunggu beberapa saat untuk tahu kisaran harga emas dan peroleh bayarannya kemudian.

Sebelum memutuskan jual emas, sebaiknya kamu sudah lakukan perbandingan harga dari satu toko ke toko yang lain. Juga, ketahui kapan harga emas naik dan kapan turun. Harga emas bisa dipantau dari update toko-toko emas di internet.

Jangan sampai kamu jual emas antam di saat harga emas sedang turun. Meski, kalau memang butuh dana segar cepat, kamu bisa saja melakukannya. Hanya saja, pastikan jangan sampai kamu rugi banyak. Kalau memang tidak mau rugi, daripada buru-buru menjual, mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk menggadaikannya saja.

Baca juga: Emas Antam dan UBS, Apa Sih Perbedaan 2 Jenis Emas Fisik Ini?

Ketahui Cara Gadai Emas Antam

cara gadai emas antam

Kalau memang kamu tidak mau rugi karena khawatir menjual emas antam di masa yang tidak tepat, cobalah menggadaikannya saja. Sama dengan jual emas, prosedurnya mudah dan tidak ribet.

Datang saja ke lembaga yang menawarkan fasilitas gadai emas, seperti Pegadaian atau berbagai bank syariah yang menawarkan jasa gadai. Ingat untuk bawa identitas diri beserta surat-surat yang dibutuhkan. Tunggu beberapa menit dan kamu sudah bisa mengantongi uang hasil kamu menggadaikan emas.

Pegadaian adalah lembaga pemerintah, jadi emasmu pasti akan disimpan dengan aman. Jadi kamu tidak perlu cemas bila emas akan hilang atau dibawa kabur.

Jatuh tempo yang dikenakan penggadaian, dibandingkan jual emas antam, akan sesuai dengan lembaga penyedia. Umumnya Pegadaian memberi batas waktu hingga empat bulan untuk pelunasan. Jika kamu dapat tebus lunas, emasmu akan kembali padamu.

Bila dalam waktu empat bulan kamu belum bisa melunasi, kamu masih bisa mengajukan perpanjangan waktu jatuh tempo dengan hanya membayar biaya administrasi.

Harga pegadaian cukup tinggi, sekitar 92 hingga 95% dari harga emas di hari itu. Saat menggadaikan emas, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.000 hingga Rp125 ribu dengan pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga Rp5 miliar.

Menarik, ya? Sekarang kamu sudah tahu, kan, bedanya jual emas antam dan menggadaikannya? Keduanya sama-sama bisa jadi solusi bila kamu butuh dana cepat dengan proses yang sedikit berbeda.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Sumber: Antam, PawnGuru, Cermati, Moneysmart

Simak juga:

Memperkenalkan Bitcoin, Mata Uang Elektronik sebagai Investasi Alternatif

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp27 Triliun

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait

Artikel Terkait

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar