Currently set to Index
Currently set to Follow

Lagi Naik Daun Saat Pandemi, Ini 10 Manfaat Investasi Emas buat Kamu!

Ada banyak keuntungan investasi emas, terutama karena melindungi nilai investasi dalam jangka panjang. Salah satu manfaat emas dalam melindungi nilai kekayaan adalah karena harganya yang stabil di seluruh dunia dan dapat diperjualbelikan dengan harga kurang lebih sama di seluruh dunia.

Sebagian besar investor juga tidak terlalu khawatir saat investasi emas lantaran paham bahwa aset ini selalu memiliki nilai bagus di pasar selama berabad-abad. Bahkan, ketika investasi lain seperti real estat dan mata uang terlihat berisiko, emas justru terlihat stabil. Karena itu, tak heran jika sebagian besar investor menjadikan emas sebagai pilihan utama investasi jangka panjang.

Sikap itu pun kian ditunjukkan investor di masa pandemi COVID-19. Kondisi ekonomi global yang tengah sakit kronis pun bikin beberapa investor memborong emas untuk menyimpan kekayaannya. Alhasil, harga emas menembus posisi tertingginya US$2.000 per ons pada Agustus lalu.

Jadi, sebenarnya apa sih manfaat investasi emas? Dan bagaimana memilih ukuran portofolio yang layak untuk investasi ini?

Baca juga: 4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Lagi Naik Daun Saat Pandemi, Ini 10 Manfaat Investasi Emas buat Kamu!, Pluang

10 Keuntungan Investasi Emas

#1 Emas dapat Melindungi Investor dari Risiko Inflasi

Dalam berinvestasi, ada satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk melihat investasi tumbuh dalam jangka panjang, salah satunya adalah inflasi. Mempertimbangkan faktor ini, kita sebaiknya tidak memiliki investasi dalam bentuk tunai karena inflasi nakan menggerus nilainya seiring waktu. Sebagai gantinya, kamu dapat berinvestasi dalam emas atau aset aman lainnya yang melindungi dari risiko inflasi.

Emas memang bukan mata uang. Tetapi, sebagai aset investasi, emas lebih unggul dari mata uang apa pun. Manfaat emas telah dirasakan lama, dan bahkan telah menjadi instrumen penyimpan kekayaan setidaknya selama 3.000 tahun. Sementara, salah satu mata uang terpanjang dalam sejarah, Poundsterling Inggris, baru berusia sekitar 1.200 tahun.

Emas menjanjikan terjaganya nilai investasi jangka panjang. Sejak 1900, ia telah menjadi penyimpan nilai jangka panjang terbaik. Harganya memang berfluktuasi, tapi nilainya abadi. Emas, dengan demikian, adalah salah satu bentuk paling ideal untuk melestarikan kekayaan jangka panjang.

#2 Cara untuk Menabung Uang dalam Jangka Panjang

Menabung uang dalam jangka panjang sangat penting jika kamu memiliki penghasilan tetap. Dalam hal ini, hal sederhana yang dapat kamu lakukan adalah berinvestasi dalam emas fisik. Manfaat emas sebagai investasi adalah karena dapat melindungi nilai uang dan menjadikannya tabungan bagi masa depan.

#3 Mudah Dibeli dan Mudah Dijual di Pasar

Manfaat emas yang paling kentara adalah sifatnya yang likuid. Emas terbilang ideal karena mudah dibeli, apalagi kini banyak platform online yang menawarkannya dengan mudah.

Selanjutnya, emas juga dapat dijual dan dibawa ke mana pun si pemiliknya pergi. Hampir semua pedagang emas batangan di dunia akan mengenali emas dan membelinya.

Aset satu ini dapat dijual ke toko lokal, pegadaian, pihak swasta, atau dealer online. Prosesnya kerap kali lebih cepat daripada menjual saham di akun pialang.

#4 Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Bagian terbaik dari investasi emas adalah ua tidak memerlukan perawatan apa pun. Sehingga, kita dapat menyimpannya selama ratusan tahun.

Hal itu terjadi lantaran emas adalah zat padat nilai. Jika dilihat dari unsur kimianya, emas tidak akan kehilangan unsur kimianya meski sudah dicampur dengan material apapun. Maka dari itu, nilai emas akan selalu sama kapanpun.

Seseorang dapat menyimpan emas dengan nilai US$50.000 di telapak tangannya atau menyimpannya di ruang kecil di rumahnya. Selain itu, emas tidak memiliki risiko bawaan. Emas fisik tidak bisa bangkrut dan umumnya nilainya masih akan bertahan lama.

#5 Manfaat Emas Karena Kestabilan Harganya

Dalam dunia dengan risiko tinggi di berbagai bidang, emas menawarkan risiko yang lebih rendah, keamanan lebih ketat, dan cuan lebih besar dibandingkan investasi lainnya. Harganya yang relatif stabil menjadikannya sebagai salah satu manfaat investasi emas yang penting. Faktanya, setiap kali ada krisis di pasar keuangan, orang-orang akan beralih ke investasi emas dan harganya pun akan melonjak dalam waktu singkat.

Baca juga: Pilih Menabung atau Investasi?

#6 Dapat Diwariskan dengan Mudah ke Generasi Berikutnya

Keuntungan investasi emas berikutnya adalah kemudahan untuk mewariskannya ke generasi selanjutnya. Kebanyakan orang memberikan perhiasan emas untuk anak-anak mereka selama pernikahan dan acara penting lainnya dalam hidup. Emas juga menjadi pilihan yang baik ketika seseorang ingin menyimpan uangnya untuk kebutuhan masa depan bagi investasi masa depan anak-cucu mereka.

#7 Manfaat Emas: Memudahkan Pengajuan Pinjaman di Bank

Kita tidak pernah tahu kapan situasi darurat akan datang dalam hidup kita. Karenanya, kita perlu untuk menyiapkan diri secara finansial dalam menangani permasalahan yang mungkin datang.

Dalam hal ini, manfaat emas sebagai investasi tentu terlihat dari betapa mudahnya emas dicairkan di pasar. Bahkan, seseorang dapat memperoleh pinjaman dalam satu hari berdasarkan nilai keseluruhan emas yang mereka pegang. Tingkat bunga pinjaman pun akan tergolong sangat rendah jika didbandingkan dengan pinjaman umum.

#8 Alternatif Investasi Terbaik Dibanding Pasar Saham dan Real Estat

Meski investasi di real estat atau pasar saham dapat memberi keuntungan yang baik, dua aset ini ternyata memiliki banyak risiko dalam jangka panjang. Karena itu, seseorang perlu mendiversifikasikan aset investasinya dengan emas. Mengapa? Sebab nilai emas yang stabil menjadikannya sebagai “penyeimbang” portfolio investasi lain yang berisiko tinggi.

#9 Investasi Aman Dibandingkan dengan Aset Lain

Jika kita bandingkan harga emas hari ini dengan sebelumnya, kita akan melihat bahwa harganya cenderung stabil. Emas memiliki nilai bagus di pasar dan menawarkan keamanan bagi investor jangka panjang.

#10 Manfaat Emas Karena Harganya Tidak Merosot Seiring Waktu

Tidak seperti investasi lain, keuntungan investasi emas dan manfaat emas adalah bahwa ia tidak memburuk di masa depan. Harganya stabil dan mampu bertahan seiring laju inflasi. Selain itu, emas juga merupakan simbol status dalam masyarakat dan pemegangnya akan mendapatkan likuiditas finansial di masa depan.

Baca juga: Mau Cuan Berinvestasi Reksadana? Hindari 9 Kesalahan Ini!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Policy Bazaar, GoldSilver

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img