Currently set to Index
Currently set to Follow

Kamu Bergaji Rp5 Juta Tapi Pengen Investasi? Bisa Banget Kalau Ikuti Tips Berikut!

Dewasa ini, kata investasi mungkin sudah tidak asing terdengar. Baik bagi mereka yang sudah berpengalaman berinvestasi di banyak tempat, baru coba-coba memulai, ataupun mereka yang penasaran tapi masih ragu. Termasuk bagi mereka yang mengaku punya gaji kecil, yakni di bawah Rp5 juta per bulan saja.

Mungkin, dulu kamu mengira bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kalangan ekonomi ke atas. Namun, jangan salah, Sobat Cuan! Perkembangan teknologi dapat memungkinkan kita melakukan apa saja, lho. Salah satunya adalah investasi dengan skala mikro.

Kini, banyak sekali platform investasi skala kecil yang beredar di pasaran. Di mana, salah satu aplikasi yang terbaik adalah Pluang! Hanya dengan Rp10.000 saja, kamu sudah bisa berinvestasi emas digital, aset kripto, hingga S&P 500.

Sekarang, kamu sudah tahu mau investasi di Pluang. Pertanyaan berikutnya adalah, apa yang harus kamu persiapkan?

Yang pertama, tentu saja dana. Memang, kamu bisa berinvestasi meski gajimu di bawah Rp5 juta. Namun, kemungkinan investasi itu bisa pupus kalau kamu tak bisa mengatur atau mengalokasikan gajimu.

Kedua adalah tujuan. Kamu harus memahami bahwa investasi adalah jalan bagimu demi menggapai tujuan finansialmu di masa depan. Tentukan tujuanmu secara spesifik agar kamu bisa konsisten dalam berinvestasi.

Untuk lebih lanjut, yuk simak hal-hal berikut yang bisa menjadi pertimbangan bagi individu dengan gaji kecil agar bisa investasi.

Baca juga: Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

Kamu Bergaji Rp5 Juta Tapi Pengen Investasi? Bisa Banget Kalau Ikuti Tips Berikut!, Pluang

Tips Investasi Bagi Mereka dengan Gaji Kecil

1. Alokasi Gaji Bagi Investasi

Masalah mengatur gaji secara umum dilakukan dengan persentase tertentu.

Idealnya pemenuhan kebutuhan sehari-hari dapat menghabiskan 40% dari gaji pokok. Kredit, utang atau berbagai macam cicilan juga pasti tidak luput dari pengeluaran, dan untuk hal ini biasanya disisipkan 30% gaji. Sementara itu, 10% bisa dihgunakan untuk pegangan pribadi atau jika ada keperluan mendesak dan sisanya 20% untuk menabung atau investasi.

Jadi, bagi mereka yang mempunyai gaji Rp5 juta per bulannya, menyisihkan Rp1 juta untuk investasi merupakan pegangan yang lumayan. Mungkin nominalnya tidak banyak, namun termasuk pendapatan tetap yang menjanjikan untuk diinvestasikan.

2. Mempertimbangkan Jenis Investasi Yang Ada

Jika kamu ingin mempelajari seluk beluk investasi, akan banyak dan luas informasi yang disuguhkan sehingga kadang kita bingung untuk menentukan pilihan. Namun alangkah baiknya jika kita bisa menetapkan tujuan dari investasi gaji kecil ini sendiri. Jadi, dengan itu, kita dapat lebih mudah mengerucutkan target informasi itu sendiri.

Misalnya secara umum kita ketahui beberapa jenis investasi seperti reksa dana, emas, tabungan berjangka, saham langsung, dan masih banyak lagi. Kita harus memilah informasi dari masing-masing jenis dan mempertimbangkan kekurangan dan kelebihannya.

Kondisi pasar juga merupakan faktor besar yang harus diperhitungkan dengan baik. Kita juga bisa meminta saran dari investor yang sudah berpengalaman, namun hal ini juga bukan sesuatu yang bisa ditelan mentah-mentah. Intinya banyak belajar dan mengamati pasar adalah hal yang wajib dilakukan.

3. Masih Bingung? Diversifikasi Investasi Saja

Setelah mengetahui tujuan finansialmu, kamu lantas bisa menentukan apakah ingin investasi dalam jangka pendek atau panjang. Namun, bagaimana jika kamu masih belum punya pegangan tujuan tapi tetap ingin mencoba investasi?

Nah, dalam hal ini, hal yang perlu kamu lakukan adalah diversifikasi aset, Sobat Cuan! Seperti kata pepatah terkenal di investasi, “Don’t put all your eggs in one basket“, maka kamu juga tak boleh fokus di satu kelas aset saja.

Untungnya, di Pluang kamu bisa diversifikasi aset dengan mudah. Jika kamu mau berinvestasi jangka panjang, maka kamu bisa menempatkan dana di emas digital. Sebab, emas adalah aset pelindung nilai dan harganya akan terus naik. Sehingga, manfaatnya bisa kamu rasakan di masa depan.

Kemudian, kamu bisa mengkombinasikan emas dengan aset kripto untuk menggemukkan portofolio kamu secara perlahan. Di Pluang, kamu bisa menempatkan dana di Bitcoin dan Ethereum, yang merupakan dua aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Kemudian, kamu juga bisa menempatkan dana di indeks S&P 500, yakni indeks yang berisi 500 perusahaan paling bonafide seantero Amerika Serikat. Kamu bisa berinvestasi di aset secara jangka panjang, bahkan begawan saham Warren Buffet mengatakan bahwa indeks S&P 500 adalah cara jitu bagi kamu untuk kaya, lho!

Jadi, bagaimana nih, Sobat Cuan? Apakah sudah tergerak untuk berinvestasi? Gaji kecil seharusnya tak menjadi halangan bagi kamu untuk investasi. Yang terpenting, kamu punya tujuan jelas, bisa memitigasi risikonya, dan konsisten dalam menjalankannya.

Baca juga: Simak Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia! Salah Satunya Digaji Rp80 Juta!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CNNIndonesia, IDNTimes

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img