Currently set to Index
Currently set to Follow

Pilih Investasi Jangka Pendek? Ada Emas Digital dan 3 Jenis Investasi Lain yang Bisa Kamu Coba

Investasi jangka pendek belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal, ada banyak keuntungannya untuk memiliki rencana investasi jangka pendek, lho! Beragam kemudahan dan pilihan investasi jangka pendek cocok untuk menyimpan dana darurat.

Investasi jangka pendek yang berupa “safe and liquid investment” pada saat pandemi virus corona ini sangat bisa diandalkan. Liquid di sini artinya kamu bisa mengaksesnya dengan mudah serta bebas dari biaya penalty penarikan. Sedangkan safe berarti kita bisa mengandalkan metode itu untuk menyimpan uang.

Investasi jangka pendek membuat penyimpanan dana darurat lebih menguntungkan dan aman. Pilihan investasi jangka pendek sangat beragam serta bisa disesuaikan dangan kondisi keuanganmu.

Perkembangan teknologi membuat instrumen investasi perkembang pesat. Termasuk investasi untuk emas.

Emas digital adalah salah satu instrumen investasi yang gencar direkomendasikan oleh beberapa jasa keuangan. Ingin tahu alasannya? Simak, yuk, penjelasan di bawah ini.

Baca juga: 4 Produk Investasi Ini Ternyata Bisa Atasi Inflasi, Apa Saja?

Emas digital, investasi jangka pendek yang safe and liquid

pilihan investasi jangka pendek

Ketangguhan nilai emas memang sudah tidak diragukan lagi.

“Semakin lama, untuk punya emas, semakin mudah,” tutur @d’goldfather, seorang praktisi emas sejak 1993. Ucapan itu didasari pada inovasi pembelian emas yang semakin mengikuti zaman.

Ia, @d’goldfather, menjelaskan bahwa keberadaan emas digital membantu orang untuk mengakses jenis liquid ini. Karena dengan uang 10 ribu kita sudah bisa mendapatkan emas dengan jumlah tertentu.

Berikut poin plus lain dari investasi jangka pendek pada emas digital:

1. Harga Emas Relatif Lebih Murah

Kenapa bisa begitu? Itu karena emas digital tidak memerlukan komponen biaya cetak. Sehingga kita hanya membeli harga emasnya saja.

2. Modal Terjangkau Sebagai Investasi Jangka Pendek

Sifatnya yang digital, membuat emas bersifat liquid. Artinya tidak ada aturan tertentu untuk membeli emas. Misalnya 1 gram atau 5 gram seperti di emas fisik. Di sini, kalian bisa mulai menabung emas mulai dari 10 ribu saja. “The power of receh” masih bekerja! Kita bisa membeli emas sedikit demi sedikit dari uang receh.

3. Mudah Mengakses Proses Jual-Beli

Tidak seperti emas fisik yang memerlukan toko atau tempat tertentu, emas digital bisa dijual kapan saja melaui platform digital tersebut. Borderless itulah keunggulan emas digital ini. Pastinya, prinsip ini sangat sesuai dengan kita-kita yang sibuk dan sudah melek teknologi.

4. Untuk Investasi Jangka Pendek, Tidak Perlu Memikirkan Penyimpanan

Umumnya, platform emas digital sudah bekerja sama dengan kliring untuk urusan penyimpanan. Aman, bukan? Jadi, kita bisa fokus untuk menabung.

5. Spread (selisih) Harga Beli dan Jual yang Tidak Terlalu Jauh

Meski bersifat digital, tapi prinsip emas yang relatif stabil masih bisa kita rasakan di sini. Jadi, ketika kita tidak punya uang, kita bisa menjual emas digital ini. Dan, kita tetap mendapatkan keuntungan yang lumayan.

GoInvestasi powered by Pluang bisa mengakomodir rasa penasaran kalian. Selain sudah mendapatkan lisensi dari Bappebti, kalian bisa menabung emas mulai dari 0,01 gram. Jadi, tunggu apa lagi?

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Pilih Investasi Jangka Pendek? Ada Emas Digital dan 3 Jenis Investasi Lain yang Bisa Kamu Coba, Pluang

Pilihan Investasi Jangka Pendek dengan Modal Pas-Pasan

Selain emas digital, beberapa produk investasi jangka pendek yang low budget ini juga cocok untuk kamu.

1. Deposito

Mirip dengan tabungan, tetapi kalian akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi. Deposito sangat cocok untuk menyimpan dana darurat. Adanya ketentuan batas waktu deposit membuat kalian tidak bisa mengambil dana sewaktu-waktu. Jadi, uang itu benar-benar tersimpan hanya untuk kegiatan krisis.

2. Saham

Saham menjadi salah satu primadona investasi, termasuk di Indonesia. Keuntungan besar dalam waktu singkat membuat saham semakin dilirik. Tapi ingat, saham juga memiliki risiko yang besar pula. Tetap hati-hati, ya!

3. Peer to peer lending

Peer to peer lending belum banyak diketahui oleh masyarakat. Pada dasarnya, kalian akan memiliki kesempatan investasi jangka pendek dengan cara memberikan pinjaman. Di sini, kalianlah yang menentukan siapa peminjam yang akan dibantu. Beberapa platform di Indonesia membuka nominal investasi yang berbeda. Misalanya, ada yang mulai dari Rp1.000.000, atau Rp5.000.000, bahkan Rp100.000. Presentasi keuntungan yang bisa kalian dapatkan sekitar 19 persen per tahun.

Jadi, apakah kamau sudah tertarik menabung dana emergency melalui investasi jangka pendek belum? Ingat, semakin cepat memulai, maka semakin tinggi pula imbal hasil yang akan kamu dapatkan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, Koinworks, Pluang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img