Currently set to Index
Currently set to Follow

Viral Tampah Harga Rp4 Juta. Mending Beli Tampah Atau Investasi di Aset Berikut?

Media sosial sedang ramai dengan munculnya tampah yang dijual di situs e-commerce Amerika Serikat seharga US$299. Jika dikalkulasi dalam rupiah, tampah yang sedang viral ini bernilai sekitar Rp4 juta. Ukurannya sih tidak kecil-kecil amat. Tapi, harganya itu lho, ibarat modal investasi!

Tampah yang diberi nama “Round Bamboo Wall Art” ini sontak langsung mendapat tanggapan yang beragam dari warganet. Apalagi, kalau bukan karena harganya yang bikin melongo. Sebab, di Indonesia saja, tampah bambu biasa tersebut dijual dengan harga di bawah Rp50.000 saja.

Bagi Sobat Cuan pecinta karya seni (atau mungkin juga berstatus sultan) bisa saja langsung memborong bamboo wall art tersebut. Namun, bagi mereka yang sedang berjuang menuju kemandirian finansial, uang segitu bisa dialokasikan untuk investasi.

Kenapa investasi? Ingat bahwa investasi mengandung unsur bunga majemuk. Yakni, uang yang kita tempatkan di suatu aset bisa “berkembang biak” dengan menghasilkan uang lainnya. Nah, penjelasan tentang bunga majemuk bisa kamu temukan di artikel ini, ya!

Tapi, apa saja sih, pilihan investasi dengan modal kecil sebesar Rp4 juta? Dan berapa cuan yang bisa kamu dapat dari masing-masing pilihan aset tersebut?

Baca juga: 4 Target Finansial para Millennial, Apa Saja?

Viral Tampah Harga Rp4 Juta. Mending Beli Tampah Atau Investasi di Aset Berikut?, Pluang

Beragam Investasi Modal Kecil Rp4 Juta

1. Deposito

Return: 5,3% per tahun (Berdasarkan data Statistik Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia per Maret 2021)

Investasi modal kecil pertama yang bisa kamu lakukan adalah menempatkan uang di deposito.

Seperti yang kita tahu, deposito adalah pilihan investasi yang aman dan praktis. Kamu tinggal membuka rekening bank, “tidurkan” danamu, dan tiba-tiba kamu akan mendapatkan cuan begitu saja.

Hanya saja, deposito mungkin bukanlah selera semua orang. Utamanya, bagi mereka dengan profil risiko yang agresif, mengingat imbal hasilnya cukup mini.

Apalagi, cuan deposito kamu pun mungkin tak akan terasa jika tingkat inflasi juga melonjak. Jadi, perhatikan baik-baik sebelum menempatkan dana di di deposito ya, Sobat Cuan!

Baca juga: Kamu Bergaji Rp5 Juta Tapi Pengen Investasi? Bisa Banget Kalau Ikuti Tips Berikut!

2. Emas

Return: 12,66% per tahun (rerata per tahun 2016 hingga 2020)

Emas bisa dibilang adalah salah satu pilihan investasi jitu bagi mereka dengan modal kecil. Selain itu, emas juga menjadi idola bagi mereka yang ingin melindungi kekayaannya dari gerusan inflasi di masa depan.

Dulu, membeli emas terbilang kurang praktis. Kamu perlu mampir ke toko hanya untuk membeli emas. Namun, kini sudah ada emas digital, di mana kamu bisa mengoleksi logam mulia hanya lewat aplikasi dan bisa dibeli mulai dari Rp10.000 saja.

Selain itu, kamu juga bisa mencetak emas digitalmu menjadi emas fisik asal kepemilikanmu sudah mencapai 1 gram. Tak hanya itu, harga transaksi jual dan belinya pun terpampang secara real time.

Lantas di mana kamu bisa mendapatkan emas digital? Di Pluang tentunya! Saat artikel ini ditulis, uang Rp4 juta tersebut bisa kamu konversikan ke dalam 4,55 gram emas di Pluang. Lumayan banget, kan?

3. Bitcoin atau Ethereum

Return: Bitcoin: 87,81% per tahun (rerata per tahun sejak 2009), Ethereum: 197,7% per tahun (rerata per tahun sejak 2015)

Dua koin ini ini ibarat raja di dunia cryptocurrency lantaran sama-sama menduduki nilai kapitalisasi pasar terbesar di kancah aset kripto.

Memang, kebanyakan orang-orang cenderung untuk trading dua aset kripto ini. Namun, sebenarnya kamu bisa menggunakan keduanya untuk investasi. Nah, apakah kamu tim trading atau investasi aset kripto? Mungkin kamu bisa baca artikel ini sebagai bahan pertimbanganmu.

Kedua aset kripto ini memang dikenal sebagai instrumen investasi lantaran memiliki sifat fundamental yang cukup klir.

Di satu sisi, Bitcoin dikenal aset kripto yang bisa melindungi nilai kekayaan lantaran punya suplai terbatas 21 juta keping. Di sisi lain, Ethereum dikenal dengan kegunaan dan manfaatnya di kancah keuangan desentralisasi (Decentralized Finance/DeFi).

Bingung mau pilih Bitcoin atau Ethereum? Kamu bisa simak artikel ini ya, Sobat Cuan! Tapi, yang pasti, kamu bisa dapatkan Bitcoin dan Ethereum di Pluang! Ketika artikel ini ditulis, uang Rp4 juta bisa kamu “sulap” menjadi 0,006 keping BTC dan 0,1 ETH di Pluang.

Kesimpulan

Nah, jadi yang mana nih, jagoanmu, Sobat Cuan? Yang penting, pastikan pilihan aset investasimu sesuai dengan tujuan finansialmu dan profil risikomu, ya!

Baca juga: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas, Cermati

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img