Currently set to Index
Currently set to Follow

Apakah Kita Bisa Capai Kebebasan Finansial di Usia 25? Cari Jawabannya di Sini!

Usia 25 tahun merupakan masa di mana sebagian besar orang sudah memiliki pekerjaan. Makanya, tak heran jika mereka sudah mencari cara untuk menggapai kebebasan finansial di masa depan. Salah satunya, adalah dengan menabung maupun investasi.

Namun, standar kekayaan finansial di usia 25 tahun tentu berbeda antara satu dan lainnya. Begitu pun soal jumlah harta ideal di usia tersebut.

Hal ini menjadi perdebatan sengit, sampai-sampai warganet pun saling melempar opini tentang “harta ideal di usia 25 tahun” di jagat maya.

Ya, betul. Beberapa waktu belakangan, “usia 25” bertengger di jajaran trending topic Twitter. Viralnya “usia 25” berakar dari sebuah cuitan yang bertuliskan ”Usia 25 tahun idealnya punya apa? Tabungan Rp100 juta. Cicilan rumah sisa 20% lagi beres. Punya kendaraan pribadi. Gaji minimal Rp8 juta.”

Beberapa orang menganggap, isi konten tersebut bukan sesuatu yang bisa dijadikan standar finansial semua orang. Sebab nyatanya, tidak semua orang bisa merasakan kebebasan finansial di usia tersebut.

Sehingga, ada baiknya Sobat Cuan tidak menganggap unggahan tersebut sebagai hinaan. Jadikan konten tersebut sebagai motivasi bagi kamu agar bisa meraih kebebasan finansial di usia dini.

Nah, untungnya, artikel ini akan membahas tips bagi kamu untuk mencapai kebebasan finansial di usia yang masih sangat muda. Yuk, simak apa saja hal-hal yang bisa kamu lakukan!

Baca juga: Pilih Menabung atau Investasi?

Apakah Kita Bisa Capai Kebebasan Finansial di Usia 25? Cari Jawabannya di Sini!, Pluang

Cara Mencapai Kebebasan Finansial di Usia 25 Tahun

1. Miliki Pengetahuan tentang Keuangan Kamu

Saat masih duduk di bangku sekolah, sebagian besar dari kita mungkin tidak mendapatkan pendidikan tentang keuangan pribadi. Di sisi lain, sebagian besar orang tua juga tidak banyak memberikan poin-poin penting dalam pengelolaan keuangan.

Tapi, tidak ada kata terlambat, Sobat Cuan! Untuk memulainya, kamu bisa belajar dari beberapa platform dunia maya seperti, Coursera, I Will Teach You To Be Rich, Wise Bread, Mr. Money Mustache, Consumerism Commentary, dan lain-lain.

Di sana, kamu akan mendapat banyak pemikiran dan sudut pandang tentang ekonomi serta prinsip-prinsip dasar dalam mengelola keuangan pribadi. Tujuannya, tentu agar kamu bisa meraih kebebasan finansial di usia 25 tahun. Bahkan, lebih muda dari itu!

2. Biasakan Menabung Sejak Dini

Hal penting yang harus dilakukan untuk meraih kebebasan finansial di usia 25 tahun adalah menabung. Tujuannya, tentu saja untuk menghabiskan lebih sedikit uang setiap hari. Namun, tidak sampai menyiksa diri tentunya.

Cara berhemat dan menabung paling mudah bisa dimulai dari mengatur anggaran serta mematok standar finansial untuk masa depan. Mulai dari berbelanja dengan kupon voucher, cashback, atau saat ada promo belanja heboh.

Setelah mulai membuat anggaran, kamu akan mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa diganti oleh kegiatan lain atau bahkan dihapus. Misalnya, pengurangan anggaran makan di luar atau unsubscribe keanggotaan gym ketika jarang digunakan.

Saat sedang berhemat, kamu memiliki kesempatan untuk menabung lebih banyak dan membangun perilaku bertanggung jawab atas keuangan pribadi.

3. Dana Darurat itu Penting, Lho!

Dana darurat adalah sekumpulan uang yang kamu alokasikan untuk pengeluaran yang tidak direncanakan.

Ketika terjadi hal yang tidak diharapkan, pos dana darurat ini akan bertindak sebagai asuransi untuk kehidupan kamu, Sobat Cuan. Misalnya, kecelakaan medis, kehilangan pekerjaan, biaya perbaikan kendaraan sehingga kamu tidak perlu berutang saat hal-hal tersebut terjadi.

Kemampuan menabung tentu saja dipengaruhi oleh besaran gaji, banyaknya utang dan jumlah penghasilan alternatif. Namun, goals dana darurat yang akan dicapai adalah sebesar tiga hingga enam bulan dari pengeluaran bulanan.

Kemudian, hal yang harus diingat, yaitu dana darurat sifatnya mendesak. Sebaiknya dana ini ditempatkan di instrumen keuangan liquid yang bersifat aman, seperti rekening tabungan kedua yang tidak bisa diganggu gugat.

4. Lunasi Utang Kamu Segera

Mau mencapai kebebasan finansial di usia 25 tahun? Lunasi utang adalah cara jitu nan pamungkas!

Ketika kamu sudah melunasi utang yang ada, akan ada banyak kesempatan-kesempatan bagus yang terbuka. Misalnya menyicil rumah, membeli mobil, bahkan menabung untuk umroh. Apabila belum, ada baiknya kamu mulai mencatat semua utang beserta jumlahnya dan mulai membayar menggunakan metode pembayaran utang.

Ada beberapa metode dalam pelunasan utang, misalnya Debt Snowball dan pembayaran ekstra.

Debt snowball adalah metode untuk membayarkan utang dari yang nominalnya paling kecil hingga ke yang paling besar. Pembayaran ekstra ini berlaku untuk utang yang nominalnya terendah. Maksud dari pembayaran ekstra ini adalah kamu bisa membayar angsuran utang lebih dari angsuran minimum yang ditetapkan. Misalnya, pembayaran kartu kredit.

5. Investasi agar Lebih Cuan di Pluang

Seperti halnya menabung untuk masa pensiun, investasi memiliki kemampuan untuk menghasilkan bunga majemuk. Yakni, bunga yang akan membantu uangmu tumbuh cepat setiap waktunya. Nah, artinya, semakin cepat kamu memulai investasi, maka semakin cuan pula hasilnya.

Selain dimulai sekarang, keberhasilan investasi juga dipengaruhi oleh diversifikasi portofolio. Sebab, dengan diversifikasi aset, artinya kamu menyebarkan risiko investasimu di beragam kelas aset.

Nah, aplikasi investasi yang cocok bagimu untuk melakukan diversifikasi aset adalah Pluang! Di sini, kamu bisa berinvestasi emas digital, S&P 500, Ethereum dan Bitcoin hanya dalam satu aplikasi. Apalagi, berinvestasi di Pluang tidak dikenakan biaya admin, lho!

Yuk, berinvestasi di Pluang demi mencapai kebebasan finansial sebelum usia 25 tahun!

Baca juga: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Artofmanliness, Kompas

spot_img

Artikel Terbaru

Senior Social Media

0

Product UX Copywriter

0

Partnerships Manager

0

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0
spot_img