Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Bermain Saham? Yuk, Antisipasi Cuanmu dengan 2 Langkah Mudah Ini!

Sudah terbukti bahwa berinvestasi dalam saham adalah cara paling menguntungkan untuk mengumpulkan keuntungan jangka panjang. Namun, cuan dari bermain saham tersebut tidak akan bisa diraih jika kamu tidak membekali diri dengan strategi bernama antisipasi.

Antisipasi adalah semacam strategi entering dan exiting pasar. Yakni, sebuah cara bermain saham di mana kamu harus selalu mengawasi open positions untuk mengetahui jika ada perubahan terjadi.

Salah satu bentuk antisipasi adalah menggunakan analisis teknikal sebagai piranti cara bermain saham.

Analisis teknikal adalah kesimpulan yang diambil dari pola chart sebelumnya, probabilitas atau kemungkinan yang akan terjadi di saham, dan pengalaman seorang trader sebelumnya. Berbekal analisis teknikal, kamu bisa mengantisipasi aktivitas pasar saham bahkan sebelum aktivitas itu terjadi.

Seiring berjalannya waktu, dalam cara bermain saham, antisipasi adalah strategi yang dapat menghindarkan kamu dari keharusan terus menerus menganalisis arah pasar.

Baca juga: Investasi Lebih Aman, Ketahui Cara Mengelola 7 Risiko Investasi Ini

Mau Bermain Saham? Yuk, Antisipasi Cuanmu dengan 2 Langkah Mudah Ini!, Pluang

1. Cara Bermain Saham Dengan Analisis Teknikal

Banyak yang beranggapan analisis teknis dalam cara bermain saham adalah semacam ilmu hitam yang digunakan untuk memprediksi masa depan.

Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Dalam penggunaan analisis teknis, seorang trader tidak sedang memprediksi masa depan. Alih-alih, trader membuat sebuah strategi yang punya kemungkinan sukses besar dalam situasi di mana tren atau pergerakan pasarnya sudah dapat diantisipasi.

Dalam pembuatan strategi ini, ilmu analisis teknikal adalah sebuah kekuatan yang sangat berguna. Menggunakan pengetahuan itu, trader atau pedagang saham mampu menentukan waktu yang tepat untuk membeli saham dengan harga rendah kemudian menjualnya lagi dengan harga tinggi.

Kamu juga harus paham bahwa cara bermain saham yang baik memerlukan kesabaran dan ketelitian. Ingat, sebagai investor, kamu tidak boleh malas. Kamu harus membekali diri kamu dengan pengetahuan cara bermain saham yang cukup sebelum tercebur ke dalamnya.

Baca juga: 4 Produk Investasi Ini Ternyata Bisa Atasi Inflasi, Apa Saja?

2. Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil

Namun, jika kamu ingin main aman dan belum memiliki kemampuan investasi mumpuni, maka strategi antisipasi yang tepat bagi kamu adalah memulai investasi dengan modal yang mini.

Berikut ini lima cara bermain saham dengan modal kecil yang dapat kamu coba dan praktikkan:

#1 Cara Bermain Saham – Memilih Sekuritas dengan Biaya yang Kecil

Pertama, kita pahami dulu bahwa perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang punya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat melakukan kegiatan jual beli saham.

Cara bermain saham dengan modalmu yang kecil dapat dimulai dengan tahap awal di mana kamu membuka rekening efek di salah satu perusahaan sekuritas. Setelah itu kamu harus menyetor uang ke rekening itu. Dengan uang yang ada, kamu bisa membeli saham yang kamu mau.

Uang yang kamu miliki hanya Rp5 juta? Tidak masalah. Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awal di bawah angka tersebut.

Kamu juga harus mempertimbangkan biaya transaksi yang dipatok perusahaan sekuritas. Pilih biaya paling rendah.

#2 Gunakan Aplikasi Trading

Di zaman teknologi ini semua hal tampaknya bisa dilakukan di gawai. Kamu sekarang bisa berinvestasi saham dengan gampang melalui gawai kamu.

Ada banyak pilihan aplikasi trading tersedia di PlayStore atau AppStore, dengan memasangnya kamu dapat melakukan online trading  kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat kamu memiliki rekening efek.

#3 Cara Bermain Saham – Memilih Perusahaan Publik yang Tepat

Jangan lupa kamu harus memastikan bahwa kamu berinvestasi pada perusahaan publik yang resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk mengetahui perusahaan mana saja yang membuka sahamnya untuk publik, kamu bisa mengunjungi situs web BEI.

#4 Memilih Dua Perusahaan Publik

Yang aman bagi pemula dengan modal kecil adalah membeli saham perusahaan besar yang terkenal. Kamu dapat mencari saham yang berharga di bawah Rp1.000 per lembar.

Sebagai permulaan, kamu dapat memilih satu atau dua perusahaan publik. Ingat, antisipasi adalah cara bermain saham yang aman. Dengan bermain saham dengan modal kecil di satu atau dua perusahaan publik, kamu sedang memperkecil risiko kegagalan.

Seiring berjalannya waktu dan kamu makin berpengalaman, kamu dapat kemudian membeli saham-saham lain.

#5 Pantau Pergerakan Ekonomi

Satu hal yang penting dengan modal kecil adalah kamu harus selalu memantau pergerakan ekonomi baik luar atau dalam negeri. Dengan demikian, kamu dapat memperkirakan pergerakan saham kamu.

Jika pasar normal, kamu dapat berinvestasi saham baru. Jika pasar memburuk kamu harus menahan diri jual atau beli saham.

Demikian cara bermain saham dengan modal kecil untuk pemula. Di sini semoga kamu sudah mengerti bahwa cara bermain saham tidak sesulit yang dibayangkan, dan antisipasi adalah salah satu piranti analisis teknis yang dapat kamu gunakan. Yuk, mulai bermain saham untuk menjamin pemasukan kamu!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img