Currently set to Index
Currently set to Follow

Pasar Terombang-ambing, Kapan Waktu yang Tepat Menjual Saham?

Bagaimana cara menjual saham?  Terlepas dari apakah itu tak berguna, sukses, atau sukses besar, menjual saham dipecah menjadi prosedur sederhana yang tidak perlu mengintimidasi investor pemula. Dunia modern dari investasi yang dipicu oleh aplikasi membuat penjualan saham hampir semudah streaming lagu di smartphone. Jika kamu lebih menyukai tipe yang cepat, bekerja dengan penasihat keuangan tepercaya bisa sama-sama bebas stres.

Cara Menjual Saham: Jenis Jual

Cara paling dasar untuk menjual saham datang melalui apa yang disebut pesanan jual. Setelah kamu tahu kamu akan melakukan order jual, kamu harus memutuskan jenis order jual yang ingin kamu lakukan. Jenis utama pesanan terkait penjualan meliputi:

  • Order pasar: order ini dijual hampir secara instan pada harga pasar saat ini. Keuntungannya adalah order dieksekusi secepat mungkin. Sisi negatifnya adalah kamu harus menerima harga beli terendah yang saat ini ditawarkan di pasar.
  • Order terbatas: order ini menetapkan harga minimum yang dapat diterima, dan saham hanya akan terjual jika penawaran pembeli mencapai harga itu (atau lebih tinggi). Keuntungannya adalah penjual memiliki lebih banyak jaminan atas harga yang akan mereka terima. Sisi negatifnya adalah bahwa pesanan Anda bisa merana dalam antrean panjang pesanan tertunda.
  • Stop order: order ini hanya akan menjual saham jika harga turun ke level yang dipilih penjual. Manfaatnya adalah bahwa ini semacam polis asuransi terhadap anjloknya nilai saham — kamu secara otomatis akan menjual posisimu begitu mencapai harga terendah yang bersedia kamu terima untuk saham tersebut. Sisi negatifnya adalah bahwa order ini biasanya ditempatkan dengan skenario terburuk, jadi jika stop order terpicu, mungkin ada sesuatu yang salah.

Baca: Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas

Menggunakan Penasihat Keuangan

Dengan asumsi bahwa kamu membeli saham melalui penasihat keuangan, baik secara langsung atau melalui telepon, kamu juga dapat menjual saham dengan cara ini. Penasihat keuangan biasanya akan melaksanakan perintah jual dalam waktu 24 jam. Perhatikan bahwa, dalam kasus ini, kamu harus berbicara langsung dengan broker-mu atau mengajukan permintaanmu secara tertulis.

Investopedia mencatat: Lembaga keuangan tidak akan menerima email atau permintaan perdagangan pesan suara karena dapat dengan mudah terlewat.

Lalu, Kapan Menjual Saham?

Mengetahui cara menjual saham adalah satu hal, tetapi bagaimana kamu tahu kapan waktunya untuk menjual saham? Jawaban yang masuk akal untuk pertanyaan ini bervariasi, tetapi mari kita mulai dengan teknik yang paling tidak disukai terkait penjualan saham: waktu pasar.

Baca: Ketahui Tiga Hal Ini Sebelum Jual Emas

Sederhananya, waktu pasar bertumpu pada teori bahwa kamu dapat berhasil membeli dan menjual saham dengan memprediksi pergerakannya di masa depan. Dalam beberapa hal, ini mirip dengan menebak-nebak tentang mengamati suku bunga hipotek dan bertaruh pada waktu yang ideal untuk mengunci suku bunga.

Kebanyakan ahli berpendapat bahwa market timing hanyalah sebuah taruhan karena, bahkan dalam dunia investasi numerik, tidak ada perhitungan yang dapat memberi tahumu kapan harus masuk dan kapan harus keluar dari saham tertentu. Daun teh, ternyata, mungkin hampir sama akuratnya dalam memprediksi pergerakan pasar.

Jika kamu berharap untuk masuk pada waktu yang tepat dan berhasil, bagus untukmu! Namun, pikirkan baik-baik sebelum kamu menjual harapan serupa untuk keberuntungan. Banyak penjual merasa lebih baik menetapkan target dolar, daripada target waktu. Kamu tidak perlu memformalkannya dalam pesanan jual — ini bisa sesederhana menuliskan pikiranmu di kertas tempel di meja kerja. Misalnya, kamu mungkin telah membeli saham dengan harga $ 20 per saham, dan menetapkan tujuan untuk menjual saat saham mencapai $ 30 per saham.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: thebalance.com

Baca juga:

Catat! Kapan Waktu yang Paling Tepat untuk Membeli Saham?

Dari A ke Z, Ini 33 Istilah Saham yang Paling Penting Untuk Kamu Ketahui

Hindari Investasi Emas Online Bodong, Pintar-pintar Pilih Jagoan Aplikasimu!

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img