Currently set to Index
Currently set to Follow

3 Tips Sukses Cuan dalam Investasi Saham

Di dalam dunia investasi, investasi saham adalah salah satu instrumen yang memiliki keuntungan terbaik. Kamu mungkin baru memulai belajar menjadi investor dan bertanya-tanya bagaimana cara investasi saham? Simak tips investor ini untuk belajar hal tersebut.

Pertama, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu saham?

Investasi saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perseroan terbatas atau perusahaan. Tips investor menyebutkan bahwa dengan menyertakan modal, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan.

Pihak pemodal juga berhak mengklaim aset perusahaan, dan juga berhak hadir di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Kunci dari investasi adalah jangan terburu-buru. Sebelum mulai bermain saham, ada baiknya kamu dengan sabar terlebih dahulu mempelajari tips investor berikut ini.

Baca juga: Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bisa, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

Tips agar sukses dalam investasi saham

Tujuan dari investasi adalah untuk memperoleh keuntungan bagi pemilik atau pembelinya. Keuntungan tersebut bisa berupa dividen, yaitu pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.

Keuntungan juga bisa hadir dalam bentuk capital gain, yaitu selisih antara harga jual dan harga beli. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

Tips investor menyebutkan bahwa kata kunci untuk meraih keuntungan dari investasi saham adalah sabar. Sikap terburu-buru karena ambisi ingin cepat untung adalah sesuatu yang buruk di sini.

Bisa saja kamu terburu-buru ingin segera bermain saham, lalu memaksakan diri segera membeli banyak saham. Ujungnya sudah bisa ditebak, investasi kamu akan amblas, rugi tersapu anjloknya harga-harga saham yang kamu beli.

Pertama, yang patut kamu pahami adalah esensi dari investasi. Saham adalah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan.

Dengan membeli saham, artinya kamu menjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan itu dan menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada manajemen profesional yang bisa kamu percaya.

Pemahaman di atas akan memengaruhi caramu melakukan investasi. Kamu akan bisa bersikap lebih tenang ketika harga saham anjlok drastis karena kinerja perusahaan masih baik-baik saja.

Kedua, jika kamu adalah pemula di investasi saham, maka cara termudah memilih saham adalah dengan mengintip saham yang dipegang oleh manajer investasi yang mengelola reksadana saham.

Kamu bisa melihat dan memilih reksadana saham yang ingin kamu koleksi di situs manajer investasi atau agen penjual reksadana online.

Kemudian, di bagian statistik atau kinerja bulanan, kamu bisa melihat Top 10 Holdings saham reksadana tersebut.

Baca juga: Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksi?

3 tips agar kamu untung di investasi saham

Diversifikasi investasi

Sebagai salah satu bentuk instrumen investasi, saham tentu juga memiliki risiko, dan risiko saham jelas cukup besar. Pertanyaannya, bagaimana cara mengelola risiko di investasi untuk pemula?

Rumusnya adalah: “Don’t put all your eggs in one basket.”

Lakukanlah diversifikasi investasi, jangan taruh semua uangmu di saham.

Dengan melakukan diversifikasi, kamu bisa bertahan apabila terjadi krisis di pasar saham. Kamu jadinya tidak akan panik karena sudah punya simpanan yang aman di instrumen investasi lainnya.

Investasi saham itu jangka panjang, maka bersabarlah!

Ini lebih sulit dari sekadar mengatakannya. Sabar adalah kata kunci di sini. Dorongan ingin cepat untung, ingin segera menghasilkan return tinggi selalu kuat di investasi. Ini hal yang manusiawi.

Jika kita ibaratkan saham adalah bisnis, maka investasi membutuhkan waktu jangka panjang untuk bisa memperoleh keuntungan. Bisa setahun, dua tahun, bahkan lebih lama lagi. Bersabarlah agar tidak terkena jebakan Batman kerugian.

Enjoy dengan proses

Kamu barangkali sering mengecek harga saham, lalu stress sendiri melihat harga saham naik turun. Di titik ini kamu artinya sudah tidak menikmati proses investasi.

Kamu merasa tegang setiap hari, hal ini tentu menguras tenaga dan pikiran mengurusi saham, padahal ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan.

Saham adalah jenis investasi yang jika dilakukan dengan benar akan memberikan kebebasan finansial. Kamu tetap bisa mengerjakan hal lain dan membiarkan investasi kamu dijalankan oleh para manajer profesional.

Kamu tidak perlu melihat harga saham saban hari dan percayakan saja investasimu pada manajemen profesional. Berpikirlah positif bahwa manajemen mampu meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan, yang pada akhirnya akan tercermin di harga saham.

Dengan melakukan hal ini niscaya kamu akan enjoy alias menikmati proses investasi saham.

Umumnya persepsi di masyarakat umum masih sulit menerima investasi saham. Ada saja yang menganggap saham sebagai spekulasi, judi, sampai ada yang rugi besar karena main saham tidak didasari pembelajaran yang benar.

Padahal, investasi saham adalah investasi yang memiliki keuntungan terbaik. Semoga tips investor di atas dapat membantumu memahami cara terbaik bermain saham. Bersabarlah, dan beranilah, niscaya kebebasan finansial akan mampu kamu raih.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img