Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Belanja Lebaran Tapi Gak Nguras Kantong? Nih, Simak Triknya di Sini!

Momen Lebaran kerap menghadapkan kita pada berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Dari urusan dapur, busana baru, hingga menyiapkan “salam tempel” THR untuk sanak famili. Kalau sudah begini, mungkin kamu butuh tips belanja hemat lebaran agar semua keinginanmu terpenuhi.

Tapi, dari tahun ke tahun, kamu tentu semakin bisa memahami apa saja kebutuhanmu di saat lebaran. Lebaran memang kerap identik dengan hal-hal itu: sajian makanan khas lebaran, barang-barang baru, dan tentunya pakain baru yang bisa dikenakan saat hari raya.

Meski berbagai hal itu bukan suatu keharusan, tapi tentunya karena sudah menjadi tradisi, kamu sudah mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari, bukan?

Apalagi ada Tunjangan Hari Raya (THR) yang dapat kamu manfaatkan untuk berbelanja. Agar uang THR-mu tidak habis begitu saja, ada beberapa jalan yang kamu lakukan untuk mengontrolnya agar tidak cepat ludes.

Untuk menghindari boros saat lebaran, kamu perlu menyusun strategi agar bisa hemat. Berikut ini tips belanja hemat liburan yang dapat kamu terapkan.

Baca juga: Jangan Tunda Lagi! Ini 8 Langkah Mengatur Keuangan yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang!

Mau Belanja Lebaran Tapi Gak Nguras Kantong? Nih, Simak Triknya di Sini!, Pluang

1. Menentukan Anggaran Lebaran

Budget adalah kunci dalam berbagai strategi finansial yang jitu. Kalau kamu sudah punya daftar belanja untuk keperluan lebaran, ini saatnya merinci dan melakukan hitung-hitungan berapa dana yang kiranya akan kamu butuhkan untuk belanja lebaran.

Ada baiknya juga kamu mematok anggaran belanja tersebut untuk dibelanjakan sebelum hari H lebaran. Jadi, sebaiknya kamu belanja berbagai kebutuhan lebaran sejak jauh-jauh hari sebelum Ramadan.

Selain menyiapkan dana untuk belanja, tentunya kamu juga perlu menyiapkan anggaran untuk THR dan parsel. Nah, coba hitung baik-baik, deh, semua kebutuhanmu di kala lebaran ini. Buatlah daftar siapa saja yang perlu diberikan THR dan parsel. Kalau perlu, jauh-jauh hari kamu sudah menyiapkannya ke dalam amplop-amplop terpisah.

2. Menyusun Rencana Belanja

Daftar prioritas adalah kunci selanjutnya dari belanja yang efektif. Tentunya kita selalu memiliki banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi. Fokus membuat rincian peringkat seberapa pentingnya barang-barang belanjaanmu tersebut tentu akan membantumu belanja lebih efektif.

Tips belanja hemat lebaran ini juga dapat membantumu untuk terhindar dari godaan membelanjakan uang untuk barang-barang yang di luar skala prioritas.

Kamu juga bisa menyederhanakan prioritas tersebut. Misalnya saja, kamu dapat menyederhanakan menu makanan yang akan disajikan saat Ramadan.

Yang pasti, selalu sesuaikan pengeluaran di saat Lebaran ini dengan pemasukan juga anggaran yang telah kamu sediakan.

3. Memilih Tempat Belanja

Saat berbelanja, ingatlah bawa uang secukupnya saja dan jangan tergiur dengan diskonan. Kalau perlu, amankan kartu kreditmu dari jangkauan. Dalam tips belanja hemat lebaran, kamu tentu sering membaca soal mindset belanja hemat, nah ini saatnya kamu untuk menerapkannya.

Pilih tempat belanja yang menyediakan semua barang kebutuhanmu dengan harga murah dan lokasinya dekat dengan rumahmu. Ini dapat menghemat biaya transportasi menuju toko tersebut. Kalau kamu ingin menghemat ongkos transportasi, kamu malah sekalian dapat berbelanja online saja.

Mencari referensi tempat belanja dari internet dapat menjadi tips belanja yang perlu kamu coba. Carilah barang-barang yang kamu incar dari daftar di internet, lalu bandingkan harganya di tiap e-commerce.

Baca juga: Sukses dalam Semalam? Pelajari 7 Hal Ini Jika Kamu Mau Kaya!

4. Belanja Berdasarkan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Pikirkan matang-matang sebelum berbelanja: apakah barang yang akan kamu beli itu bersifat kebutuhan ataukah sekadar keinginan sesaat saja?

Jangan sampai anggaran belanja membengkak karena kamu memasukkan lebih banyak barang yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Karena itu, pastikan kamu betul-betul membelanjakan anggaranmu untuk kebutuhanmu dan keluarga.

5. Jangan Terburu-buru dalam Belanja, Incarlah Diskonan

Tips belanja hemat lebaran yang ampuh dari tahun ke tahun: manfaatkanlah momen diskon. Jelang lebaran, ada banyak toko yang kerap mengadakan diskon besar-besaran. Nah, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk membeli barang-barang yang telah masuk ke dalam daftar incaranmu.

Di saat bersamaan, jangan lupa untuk menahan diri dan melakukan pembelian sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu kalap membeli lebih banyak daripada yang kamu butuhkan.

6. Ingat untuk Menyisihkan Uang Belanjamu

Seberapa banyak pun pengeluaranmu di saat lebaran ini, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang belanjamu. Jangan sampai benar-benar menghabiskan uang yang kamu miliki hanya untuk membeli keperluan lebaran.

Tetap ingat, setelah lebaran berakhir, ada banyak keperluan lain yang masih membutuhkan alokasi dana yang sama matangnya. Hidup masih terus berlanjut. Jadi, jangan lupa juga untuk menambahkan sisa dana dari anggaran belanja lebaranmu ke dalam pos dana daruratmu.

Jika kamu sukses menjalankan tips belanja hemat lebaran di atas, selain menyisihkan dana untuk tabunganmu, ingatlah juga untuk membayar zakat, bersedekah, dan infaq. Sisihkan dana THR sekitar 10 persen untuk memperbanyak amalan infak dan sedekah.

Tentunya Ramadan menjadi momentum terbaik untuk beramal dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Liputan 6, Tokopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img