Currently set to Index
Currently set to Follow

Susah Nabung? Ah, Dasar Kamu. Mending Baca Cara Konsisten Nabung di Sini!

Salah satu penyebab kita gagal fokus menabung adalah karena tidak membayangkan kegunaan tabungan kita untuk jangka panjang. Kerapkali, tips konsisten menabung pun digagalkan oleh keinginan kita untuk menghambur-hamburkan uang untuk “saat ini juga”.

Karena itu, penting untuk memahami hal apa yang bakal membuatmu untuk tetap termotivasi menabung. Tujuan menabung tiap orang bisa saja berbeda. Dari untuk membayar DP rumah KPR yang diidamkan, bayar kebutuhan sekolah anak, hingga impian berlibur.

Apa pun tujuannya, memiliki patokan yang jelas mengenai apa yang kamu inginkan bakal membantumu konsisten menabung.

Apalagi dengan penghasilan yang pas-pasan, dan godaan yang datangnya dari berbagai penjuru setiap kita gajian, memastikan pundi-pundi cuan tidak melayang dari dompet memang bukan hal yang mudah. Menabung memang membutuhkan waktu dan juga motivasi yang kuat agar dapat diwujudkan.

Yuk, cari tahu apa saja yang biasanya menggagalkan kita dalam menabung dan bagaimana menghadapi persoalan itu agar kita tetap termotivasi menjalankan tips konsisten menabung.

Baca juga: Wahai Kaum Mager Nabung, Ini Lho Pentingnya Konsisten Nabung Bagi Kamu

Susah Nabung? Ah, Dasar Kamu. Mending Baca Cara Konsisten Nabung di Sini!, Pluang

Strategi untuk Melawan Hilangnya Motivasi Menabung

Ada banyak alasan kenapa orang cenderung gagal untuk menabung. Alasan paling umum adalah karena biasanya tujuanmu menabung tidak sejalan dengan nilai-nilai atau prinsip keseharianmu.

Biasanya, kita bakal butuh waktu untuk membuat tabungan dengan jumlah yang sesuai dengan tujuan kita. Ketika kita gagal sedikit saja untuk mencapainya, umumnya kita akan cenderung kehilangan minat untuk melanjutkan niatan mulia menabung.

Tidak adanya tujuan yang pasti, tidak terpantaunya tabungan, hingga kehilangan minat menabung di tengah jalan adalah hal yang lazim menghantui. Nah, makanya, ada baiknya kamu ikuti strategi dan tips yang kamu dapat terapkan untuk tetap menyalakan api konsisten menabung.

1. Pikirkan Kembali Alasanmu Menabung

Di balik semua keberhasilan orang dalam mencapai targetnya, terdapat tujuan yang kuat dan sejalan dengan nilai-nilainya. Kamu barangkali bertujuan untuk menyimpan uang demi liburan atau melakukan perjalanan, tapi mengetahui alasan di balik tujuan itu dapat membuatmu tetap termotivasi.

Identifikasikanlah apa tujuanmu menabung, hasrat yang membuatmu memutuskan tujuan itu, dan motif yang jelas mengapa kamu ingin menabung.

Apa saja prioritasmu? Entah itu untuk keluarga, menjaga kesehatan, atau alasan lainnya, pastikan kamu menempatkan skala prioritas yang tepat agar dapat berhasil menabung. Ketika kamu sudah merasa jelas dengan prioritas itu, maka proses pengambilan keputusan pun akan lebih mudah, dan ini bakal menuntunmu untuk berhasil menerapkan tips konsisten menabung.

2. Tentukan Berapa yang Mau Kamu Tabung

Pikirkan kembali tujuanmu menabung dan menetapkan jumlah uang yang ingin kamu tabung setiap bulannya bisa jadi tips konsisten menabung yang ampuh. Apakah nilai tabunganmu itu termasuk target yang mungkin untuk dicapai? Atau hanya di awang-awang belaka?

Pastikan kamu memetakan langkah-langkah kecil yang strategis. Misalnya, membagi-bagi jumlah tabungan tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga kamu tidak akan merasa terbebani untuk mencapai jumlah tabungan tersebut.

Baca juga: Ampuh Cegah Kantong Jebol, Ini Tips Keuangan di Tahun 2021!

3. Visualisasikan Pencapaianmu dalam Menabung

Seiring pergantian bulan dan tahun, kamu barangkali akan mulai kehilangan napas dan semangat untuk menabung. Mungkin saja kamu mulai kehilangan arah, tidak tahu mau ke mana sebenarnya tumpukan duit itu kamu tujukan.

Nah, jika ini terjadi, maka tips konsisten menabung yang bisa kamu tempuh adalah dengan mulai memvisualisasikan progress alias capaianmu.

Buatlah grafik personal yang menggambarkan dari bulan ke bulan, berapa banyak kamu sudah menabung, dan sudah berapa persen kamu lampaui untuk mencapai target tabunganmu.

Selanjutnya, setelah kamu sudah memvisualisasikan grafik itu, untuk milestone alias tiap titik capaian yang menurutmu pantas dirayakan, berilah tanda “hati” atau “bintang”. Kamu juga bisa memberikan hadiah kepada dirimu setiap kali titik itu berhasil dicapai.

4. Temukan Lingkungan yang Mendukungmu Menabung

Pepatah terkadang memang ada benarnya; dengan siapa kamu atau lingkungan seperti apa yang mengelilingi seseorang cenderung menentukan keberhasilan orang itu. Jim Rohn mengatakan, “Kamu adalah representasi dari setidaknya 5 orang yang paling sering kamu ajak berinteraksi.”

Jadi, siapa yang mengelilingimu? Apakah mereka adalah orang-orang yang mendukung pencapaianmu ataukah justru kerap menjatuhkan rasa percaya dirimu?

Saat kamu punya tujuan untuk berhasil menjalankan tips konsisten menabung, temukanlah orang-orang yang tepat dapat membantumu mencapai tujuanmu menabung.

Tidak usah sampai mengganti pergaulan, atau melakukan hal merepotkan lainnya. Kamu bisa mulai dari mem-follow akun-akun media sosial yang membuatmu termotivasi untuk terus menabung. Rutin menonton video YouTube atau mendengarkan podcast Spotify seputar menabung juga dapat membantumu tetap termotivasi. Jangan lupa, ada tumpukan buku seputar keberhasilan finansial yang dapat kamu baca di waktu senggang.

5. Evaluasi Berkala Capaian Tabunganmu

Jika kamu tak merasa termotivasi seperti sebelum-sebelumnya, barangkali ini saatnya untuk melakukan evaluasi.

Barangkali beberapa perubahan terjadi di hidupmu, sehingga kamu perlu mengubah jumlah dana tabungan bulananmu. Mungkin saja kamu punya tujuan tabungan lain, dan membuatmu perlu membuat akun rekening tabungan baru dan memfokuskan danamu pada tujuan itu.

Apa pun itu, melakukan evaluasi dan memvisualisasikan kembali target capaianmu bisa jadi tips untuk terus konsisten menabung. Mengadaptasikan diri akan membantumu untuk terus termotivasi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Balance, Go from Broke

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img