Currently set to Index
Currently set to Follow

Yuk, Belajar Perencanaan Keuangan dengan Uang THR. Bagaimana Caranya?

Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari nih, Sobat Cuan. Dan di saat-saat seperti ini, biasanya kamu sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Alias, ekstra uang bagi kamu untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

THR adalah hak wajib yang dipenuhi perusahaan menjelang hari raya. Adapun untuk tahun 2021, kewajiban THR dituangkan ke dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan No. M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Melalui aturan tersebut, perusahaan wajib memberi THR kepada pekerja/buruh dengan status apapun minimal tujuh hari sebelum hari raya.

Nah, di saat-saat seperti itu, biasanya kita langsung cek-cek mengenai tips berburu belanja murah mendekati lebaran. Namun, kalau kita kalap dan tidak bisa mengelola THR, justru kita bisa berakhir mengenaskan setelah lebaran, Sobat Cuan!

Selain itu, mengelola THR juga bisa menjadi cobaan berat kalau bonus tersebut turun bertepatan dengan gajian. Sebab, kamu akan merasa punya banyak uang dan bisa menghabiskannya tanpa memikirkan konsekuensinya pasca Idul Fitri. Inilah alasan mengapa masa-masa turunnya THR adalah saat yang tepat untuk kamu belajar mengelola keuangan. Sehingga, dibutuhkan tips mengelola THR yang tepat agar kamu tak buntung setelah merayakan lebaran.

Nah, apa saja kira-kira tips mengelola THR yang perlu kamu ketahui?

Baca juga: Lebaran di Masa Pandemi, Yuk Atur Uang THR dengan 4 Cara Bijak Ini

Yuk, Belajar Perencanaan Keuangan dengan Uang THR. Bagaimana Caranya?, Pluang

Tips Mengelola THR: Alokasi Harus Sesuai Prioritas

Sebelum memulai tips mengelola THR ini dengan tenang, kamu harus paham bahwa kamu tidak boleh panik dalam menerima uang kaget. Tenangkan diri dan jangan lakukan transaksi apapun selama satu hingga dua jam setelah menerima THR di rekeningmu. Kamu memerlukan hal ini agar mampu menerapkan langkah pertama dan paling utama dari pengelolaan THR. Yakni, menentukan skala prioritas.

Melakukan kegiatan ini sangat krusial lho, Sobat Cuan. Apalagi, di tengah masa pandemi seperti ini. Mengapa?

Di kala pandemi, tentu prioritas penggunaan THR kamu berubah. Sebagai contoh, anggaran pulang kampung kamu masih tetap aman karena kamu tidak bisa mudik. Selain itu, kamu pun mungkin tidak perlu baju baru untuk menyambut tamu yang hadir saat kamu mengadakan open house. Sehingga, kamu bisa mengalokasikan pos anggaran tersebut ke pengeluaran lain.

Lantas seperti apa skala prioritas yang perlu kamu buat?

1. Membayar Zakat

Hal ini tentu menjadi kewajiban yang harus ditunaikan Sobat Cuan yang beragama Islam ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Utamanya dalam bentuk zakat fitrah. Standar zakat fitrah biasanya senilai 2,5 kilogram beras, atau setara 3,5 liter. Atau, Sobat Cuan bisa memilih untuk membayar uang tunai senilai standar tersebut, yang berkisar antara Rp40.000 hingga Rp50.000 per orang.

Agar ibadah bulan suci Ramadan kamu makin afdol, tidak ada salahnya juga kamu membayar zakat harta (mal). Adapun zakat mal terbilang 2,5% dari penghasilan kamu per tahun. Asal, total penghasilan kamu sudah melebihi nisab, yakni setara dengan 85 gram emas.

2. Membayar Utang

Apalah artinya suci di hari raya tanpa suci dari kewajiban-kewajiban finansial? Makanya, tips mengelola THR yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah berupaya untuk melunasi utang-utangmu. Terutama, utang kartu kredit. Sebab, selain mengurangi beban finansialmu, melunasi tagihan sesegera mungkin bisa melepaskanmu dari jeratan bunga kartu kredit di kemudian hari.

3. Mengalokasikan ke Dana Darurat

Selain itu, ada baiknya kamu juga mengantisipasi ketidakpastian di depan mata dengan menyisihkan THR-mu ke pos dana darurat. Menurut beberapa perencana keuangan, nilai dana darurat yang ideal adalah tiga hingga enam kali gaji. Makanya, sisa uangmu dari THR akan sangat berguna untuk memenuhi jumlah “bantalan” yang ideal tersebut.

4. Masih ada Sisa THR? Yuk, Berinvestasi!

Sisa uang THR setelah memenuhi prioritas tersebut tak harus bikin kamu jadi kalap belanja, Sobat Cuan! Justru, kamu perlu mengelola uangmu dengan bijak agar bisa menghasilkan manfaat di masa depan. Salah satunya adalah dengan menabung dan investasi.

Lantas, apa saja instrumen investasi yang bisa bikin tips mengelola THR kamu jadi kian mantap?

  • Reksa Dana
    Reksa dana dikenal sebagai instrumen investasi yang mudah dan cocok bagi kamu yang tak mau “ambil pusing”. Sebab, kamu hanya tempatkan uang kamu di beberapa produk reksa dana dan kemudian dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi.
  • Emas
    Kamu juga bisa menginvestasikan sisa THR-mu dengan aman di investasi emas. Seperti yang kita ketahui, emas adalah aset safe haven yang bisa melindungi nilai kekayaanmu di masa depan jika situasi ekonomi sedang amburadul. Apalagi, nilai emas selalu meningkat antar periodenya. Sehingga, menabung emas adalah langkah cuan bagi kamu untuk mendapatkan berkah lebih dari THR.

Nah, apakah Sobat Cuan tertarik menabung emas untuk masa depan? Yuk, nabung aja di Pluang! Sobat Cuan bisa menabung emas mulai dari Rp10.000 saja dengan spread transaksi rendah, yakni 1,75% saja!

Baca juga: Perlu Patuh Peraturan, Berikut Ini Sanksi Perusahaan Jika THR Tidak Diberikan

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Bisnis Indonesia, CNBC

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img