Currently set to Index
Currently set to Follow

Sobat Cuan Ingin Anti Melarat Setelah Lebaran? Simak Tipsnya di Sini!

Selamat hari raya Idulfitri, Sobat Cuan! Meskipun di tengah pandemi, aura lebaran tahun ini tetap terasa. Banyak mall yang sengaja menawarkan diskon, sementara pasar-pasar tradisional juga tidak kalah menawarkan berbagai keperluan. Namun, tetap waspada, Sobat Cuan! Karena terkadang kita kalap lalu membeli banyak barang yang sebenarnya tidak perlu. Tanpa sadar uang kita sudah habis terkuras. 

Ditambah Tunjangan Hari Raya (THR) yang baru cair bisa langsung ludes saat kita mencium bau-bau promo di online shop. Lapar mata yang kita rasakan ini bisa merugikan diri kita sendiri loh. Akibatnya, uang THR-mu ludes dan malah bikin kamu menyesal belakangan. Tapi tenang, ada beberapa tips mengelola uang THR yang bisa kamu lakukan agar tidak gampang menguap.

Untuk menghindari dompet kering saat lebaran, kamu perlu menyusun strategi agar bisa hemat. Berikut ini adalah tips mengelola uang THR usai lebaran yang dapat kamu terapkan.

Baca juga: Mau Belanja Lebaran Tapi Gak Nguras Kantong? Nih, Simak Triknya di Sini!

Sobat Cuan Ingin Anti Melarat Setelah Lebaran? Simak Tipsnya di Sini!, Pluang

Tips Mengelola Uang THR Agar Tak Melarat Setelah Lebaran

1. Membuat Daftar Belanja

Pertama, kamu perlu membuat daftar belanja. Tips ini sangat penting untuk dilakukan karenahasrat berbelanja menjadi tinggi saat lebaran datang.

Secara tidak sadar, terkadang kita sudah punya rencana membeli barang A sampai Z. Tapi, kita harus pandai-pandai membuat list pengeluaran. Misalnya, jika kita ingin membeli baju A dengan harga Rp400.000, maka kita harus menyesuaikan keinginan itu dengan anggaran yang kita punya. Jangan sampai kita kekurangan dana untuk operasional lainnya.

Jika anggaran baju A tidak ada, maka perkecil budget-nya. Kamu bisa membeli baju seharga Rp200.000 atau Rp300.000.

Terkadang kita hanya lapar mata saat membeli barang. Dengan membuat daftar belanja tersebut, kamu pun akhirnya bisa fokus berhemat. Belanja kita menjadi lebih tertata dengan budget yang ada.

2. Fokus pada Kebutuhan

Sobat Cuan pasti sering tergiur untuk berbelanja menjelang lebaran. Uang THR yang kita terima membuat kita jadi terlena. Ditambah, toko-toko mulai menjual berbagai barang berbau lebaran. Duh, jadinya, kita jadi susah mengontrol apa yang benar-benar jadi kebutuhan dan keinginan.

Nah, agar imanmu tetap kuat, tips mengelola uang THR yang perlu dilakukan berikutnya adalah fokus pada kebutuhanmu. Misal, kita berencana akan membeli kue lebaran. Jangan sampai malah tergiur membeli makanan lainnya.

Kasus lain terjadi ketika, misalnya, kamu ingin membeli perlengkapan sholat. Tanpa sadar, kamu malah asik mengambil barang lainnya seperti jilbab atau gamis. Wah, kalau begini terus, lama kelamaan isi dompet kamu langsung kering!

Sehingga, kamu perlu menentukan dulu barang-barang yang menjadi kebutuhan lebaran dan mana yang bukan. Hindari juga pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak mendesak. Misalnya, jika ada tawaran buka bersama enam kali, kamu hanya cukup menghadiri satu atau dua diantaranya saja. Uang yang kita sisihkan nantinya dapat digunakan di kemudian hari. 

3. Tips Mengelola Uang THR Agar Tak Miskin? Yuk, Berburu Diskon!

Menjelang lebaran banyak pusat perbelanjaan menawarkan diskon. Tak hanya toko offline, toko online-pun ikut bersaing.

Nah, promo Ramadhan Sale ini bisa jadi trik selanjutnya yang bisa kamu gunakan. Carilah pusat perbelanjaan atau toko online yang menawarkan diskon atau banting harga secara gede-gedean.

Terkadang mereka tak tanggung-tanggung dalam memberikan promo. Biasanya, saat Ramadan Sale, diskon yang ditawarkan hampir mencapai 50%. Meskipun jumlah diskon yang ditawarkan cukup besar, tetapi kadang kamu tak perlu meragukan kualitas barang tersebut.

Berbelanja saat promo bisa membantu kita memangkas anggaran yang ada. Tapi ingat, jangan sampai kalap melebihi batas kebutuhan hanya karena terlena harga miring!

4. Hindari Utang

Sekarang ini marak sekali pembayaran dengan sistem paylater. Mungkin, pada awalnya cara seperti ini mempermudah kita. Kita seakan-akan diberi jalan untuk membeli barang tanpa memikirkan pembayarannya terlebih dahulu. Uang yang seharusnya dibayar dengan nominal sekian, bisa kita siasati.

Trik marketing seperti ini akan semakin ramai saat mendekati lebaran. Memang, di permukaan, hal ini terlihat sangat memudahkan serta menguntungkan di awal. Akan tetapi, dengan sistem ini utang yang kita punya akan bertambah.

Uang THR yang awalnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain jadi habis terpakai. Belum lagi kewajiban untuk membayar utang tiap bulannya. Masa idulfitri yang harusnya membuat kita suci dari dosa finansial malah kita gunakan untuk menambah “dosa-dosa” lainnya.

Jadi, sebisa mungkin hindari utang ya, Sobat Cuan! Apapun jenisnya, jauhi berbagai macam utang yang bisa merugikan kita di kemudian hari. 

5. Tips Mengelola Uang THR Paling Jitu: Selamatkan Uang Kamu untuk Menabung

Tips terakhir agar uang kamu tidak ludes setelah lebaran adalah menabung. Mulailah dengan menerapkan empat cara di atas. Setelah kamu menerapkan empat trik di atas, sisa THR-mu bisa ditabung.

Ingat, Sobat Cuan! Menabung berarti menyisihkan uang. Jangan mudah tergiur untuk mengambil uang simpanan. Usahakan untuk selalu rajin menabung berapapun nominalnya setiap bulan. Sehingga, kita masih punya simpanan uang untuk merayakan lebaran berikutnya. Dengan begitu, kamu tak lagi kebingungan ketika ada keperluan mendadak.

Lebaran memang terasa kurang tanpa berbelanja barang atau baju baru. Namun, kita harus selalu ingat jika kebutuhan kita akan terus bertambah setiap waktu. Memangkas keuangan saat lebaran adalah cara terbaik menjauhkan kita dari kehabisan uang setelahnya.

Namun, kalau kamu ingin keuanganmu tetap aman hingga lebaran tahun depan, tak ada salahnya kok kamu berinvestasi. Apalagi, kalau kamu berinvestasi di Pluang!

Baca juga: Diskon dari Beli Emas Online

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Republika

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img