Currently set to Index
Currently set to Follow

Berencana Kredit Pinjol? Simak Tips Komplet Ini Dulu Yuk Biar Aman

Memiliki kebutuhan mendesak, tapi tidak pernah pengalaman meminjam online lewat aplikasi P2P Lending atau aplikasi pinjol? Proses melakukan pinjaman online terbilang tidak sulit, asalkan kamu bisa menjalankan tips pinjaman online yang tepat.

Selama pandemi COVID-19, minat atas pinjaman online alias pinjol kian meningkat. Sayang seribu sayang, masih ada ribuan perusahaan pinjol yang diketahui tidak berizin.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi telah menutup dan memblokir 2.923 perusahaan pinjol ilegal sepanjang 2020.

Beberapa kasus dalam pinjol ilegal yang paling umum di antaranya pencurian data, pencatutan nama, hingga ancaman perusahaan. Pada kasus penipuan semacam ini, pinjaman juga berlangsung cepat, meski registrasi belum rampung dilakukan.

Bahkan, kendati pinjol legal sekalipun, peminjam tetap harus waspada karena suku bunga pinjol rata-rata tinggi. “Bahkan dibanding dengan suku bunga BPR,” jelas Kepala OJK Cirebon, Budi Arief Wibisono.

Jadi, bagaimana, dong, tips pinjaman online yang aman supaya kita meminjam dari platform yang legal dan juga pembayaran bunganya sesuai dengan kemampuan kita?

Baca juga: Ini Mindset Bebas Utang yang Cocok untuk Milenial

Berencana Kredit Pinjol? Simak Tips Komplet Ini Dulu Yuk Biar Aman, Pluang

1. Pastikan Platform Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Lakukanlah pinjaman online hanya pada perusahaan yang terdaftar/berizin OJK agar memiliki mekanisme perlindungan konsumen yang jelas.

Masyarakat dapat mengecek melalui http://ojk.go.id atau kontak OJK 175 dan Nomor WhatsApp 081-157-157-157.

2. Teliti Menghitung Besaran Bunga dari Platform Pinjol

Saat melakukan pinjaman daring, pastikan kamu menghitung besaran pengembalian dengan bunga  pinjaman. Setiap platform pinjol menerapkan bunga berbeda.

Bila kamu butuh pinjaman cepat,  pilihlah lembaga keuangan atau e-commerce yang bekerja sama dengan mitra penyedia pinjaman yang dapat diajukan secara mudah dan praktis. Biasanya, prosesnya pun praktis, yakni hanya dalam waktu 3s24 jam kerja saja.

Tips pinjaman online satu ini sangat penting agar kamu tidak gali lubang dan tutup lubang saat melakukan pinjaman. Jadi, perhatikanlah besaran bunga yang diterapkan dan  hanya pinjam sesuai kebutuhan dan kemampuanmu melunasi.

Agar bunga tidak berlipat, atau malahan kamu nunggak lantaran lupa membayar, lunasilah cicilan tepat waktu. Hindari gali lubang tutup lubang dalam meminjam. Ketahui denda dan bunga sebelum melakukan peminjaman agar semua langkah yang kamu ambil dalam meminjam akan aman.

Baca juga: 4 Target Finansial para Millennial, Apa Saja?

3. Cek Rekam Jejak Platform Pinjol

Pastikan tips pinjaman online satu ini kamu jalankan betul-betul. Jika kamu meminjam daring, sebaiknya memilih platform terpercaya adalah hal utama yang harus kamu pahami. Jangan asal-asalan memilih platform hanya karena godaan iklan yang menggiurkan. Pastikan kamu memilih perusahaan fintech atau aplikasi yang memang diawasi OJK.

Kamu dapat lakukan pemeriksaan rekam jejak alias track record perusahaan pinjol itu melalui media sosial atau forum digital. Umumnya, masyarakat memberi ulasan sesuai dengan pengalaman mereka.

Bacalah juga dengan teliti syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh platform. Dengan demikian, kamu harus siap dengan segala risiko yang diterapkan.

4. Ketahui Jumlah Pengguna alias Member Aktif Platform Pinjol

Untuk memastikan keamanan platform, kamu juga dapat mengecek jumlah pengguna aktif platform itu. Jika jumlah penggunanya tampak meyakinkan, tak ada masalah untuk meminjam dari platform tersebut.

Kalau kamu sudah melakukan empat tips pinjaman online, ini saatnya melengkapi prasyarat yang ditetapkan oleh platform. Umumnya,  kamu hanya perlu menyiapkan identitas diri seperti KTP dan mengisi formulir dari lembaga atau perusahaan pinjaman online tersebut.

Semoga berhasil dengan pinjaman online pertamamu, dan ingat, jangan menerapkan strategi gali lubang tutup lubang dalam lakukan peminjaman!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

SumberKompas, Ayo Bandung, Liputan 6

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img