Currently set to Index
Currently set to Follow

Joe Biden Menang Pemilu AS, Saatnya Menambah Investasi?

Minggu lalu (06/11), indeks utama AS mengalami reli pasca pemilihan presiden AS. Di Wall Street, ketiga indeks utama menghasilkan keuntungan signifikan dan mencatat minggu terbaik mereka sejak April 2020. Indeks Dow Jones, S&P 500 dan NASDAQ ditutup dengan kenaikan mingguan masing-masing 6.87%, 7.32% dan 9.01% lebih tinggi. Reli tersebut berlanjut minggu ini dengan adanya berita vaksin dari Pfizer yang telah efektif 90%.

Arti Kemenangan Joe Biden

Sentimen pasar positif menyambut kemenangan presiden baru AS. Joe Biden dan Kamala Harris dinyatakan sebagai presiden terpilih dan wakil presiden terpilih AS. Kelihatannya, investor sangat antusias dengan prospek pemerintahan yang stabil meskipun kongres yang terbagi di D.C.

Apa arti kemenangan Joe Biden untuk dunia? Pertama, administrasi Biden akan meningkatkan hubungan perdagangan. Selama masa jabatannya sebagai presiden, Presiden Trump melancarkan perang perdagangan dengan China dan terlibat perkelahian sengit dengan mitra ekonomi lama seperti Uni Eropa. Di bawah pemerintahan Biden, sektor perdagangan global diprediksi semakin positif ke depannya.

Para pemimpin bisnis di AS, umumnya menentang hambatan perdagangan seperti tarif karena mereka mengacaukan rantai pasokan dan menaikkan harga. Tentunya mereka berharap Biden akan memulihkan hubungan perdagangan yang lebih bersahabat dengan negara lain.

Untuk pasar sendiri, mungkin akan melihat keadaan yang lebih stabil. Meskipun kebijakan Presiden Trump mendukung sebagian besar lingkungan perusahaan yang menguntungkan, hal itu membawa banyak beban. “Empat tahun terakhir, investor memperhatikan cuitan di Twitter sebagai penggerak pasar utama,” kata Ed Mills, analis kebijakan Washington di Raymond James, kepada CNN. Dikarenakan oleh seringnya cuitan Twitter dari Trump yang menggerakkan pasar. Oleh karena itu, saat ini, perusahaan Amerika mencari lebih banyak prediktabilitas di bawah Biden.

Untuk Indonesia sendiri, kemenangan Joe Biden juga diharapkan akan membawa keuntungan. Menurut Direktur Riset Center of Reform on Economics atau CORE Indonesia Pieter Abdullah, kemenangan Biden akan mengurangi ketidakpastian ekonomi global yang terjadi selama Trump memimpin. Jadi, hal ini akan membawa keuntungan bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Pemilu Amerika Serikat Berlangsung, Bagaimana Keadaan Pasar?

Sentimen Positif Pasar akan Vaksin 

Pada hari Senin (09/11), produsen obat Pfizer dan BioNTech mengumumkan bahwa vaksin virus korona mereka lebih dari 90% efektif. Hal ini menyebabkan pasar bullish di Senin pagi.

Berita vaksin positif kembali mendukung reli setelah pemulihan saham minggu lalu dan mengirim pasar AS ke rekor tertinggi. Indeks Dow Jones diperdagangkan 5.7% lebih tinggi, menembus level tertinggi sepanjang masa sebelum penurunan sebesar sebagian dari kenaikan tersebut , menutup sesi perdagangan hampir 3% lebih tinggi pada hari itu. S&P 500 juga memecahkan rekor, naik 2.7%. Di sisi lain, emas langsung anjlok sekitar 5%.

Vaksin adalah satu-satunya solusi untuk mengakhiri krisis kesehatan dan ekonomi, yang mungkin menjadi alasan mengapa pasar saham global melonjak karena berita ini. Pasar memiliki sentimen positif untuk memulai: minggu lalu adalah minggu terbaik untuk saham global sejak April tahun ini, karena semakin besar kemungkinan Joe Biden akan memenangkan kursi kepresidenan AS. Dan betul, Joe Biden memenangkan pemilihan presiden ini. Investor mengharapkan hubungan perdagangan membaik dan ekonomi global mendapatkan dorongan.

Tahap selanjutnya untuk vaksin adalah persetujuan dari FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat). FDA membutuhkan data lebih lanjut untuk memastikan vaksin Pfizer tidak membuat partisipan membengkak. Perusahaan berharap untuk menyiapkannya paling cepat minggu depan dan dapat meminta persetujuan “penggunaan darurat” dari FDA setelahnya.

Jika mendapatkannya, Pfizer mengatakan dapat menghasilkan 50 juta dosis pada akhir 2020 dan sebanyak 1.3 miliar pada 2021. Namun, setiap pasien memerlukan dua dosis, jadi kurangi angka tersebut menjadi setengah untuk menghitung berapa banyak orang yang benar-benar dapat menerimanya.

Outlook Investasi

Dua kejadian utama di atas telah menunjukkan sentimen positif untuk pasar, dan juga mendukung pemulihan ekonomi. Dengan melihat perencanaan yang akan dilakukan kepresidenan Biden, pasar global juga berharap adanya pertumbuhan. Investor mulai masuk pada aset berisiko seperti saham yang mencetak rekor baru indeks belakangan. Tetapi di sisi lain, investor dapat tetap mempertimbangkan emas karena stimulus pemerintah AS akan tetap dilaksanakan.

Baca juga: Siapa Pun Pemenang di Pemilu AS, Emas Juaranya!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img