Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Joint Venture

Joint Venture

2364  dilihat·Waktu baca: 4 menit
Joint Venture

Pengertian Joint Venture adalah pengaturan bisnis di mana dua atau lebih pihak setuju untuk mengumpulkan sumber daya mereka untuk tujuan menyelesaikan tugas tertentu. Tugas ini bisa menjadi proyek baru atau kegiatan bisnis lainnya. Bisa disebut juga dengan usaha patungan.

Dalam usaha patungan (JV), masing-masing peserta bertanggung jawab atas keuntungan, kerugian, dan biaya yang terkait dengannya. Namun, usaha tersebut adalah entitasnya sendiri, terpisah dari kepentingan bisnis peserta lainnya.

KESIMPULAN

  • Joint Venture adalah pengaturan bisnis di mana dua atau lebih pihak setuju untuk mengumpulkan sumber daya mereka untuk tujuan menyelesaikan tugas tertentu.
  • Mereka adalah kemitraan dalam arti kata sehari-hari tetapi dapat mengambil struktur hukum apa pun.
  • Penggunaan umum Joint Venture adalah bermitra dengan bisnis lokal untuk memasuki pasar luar negeri.

Memahami Joint Venture (JVs)

Usaha patungan, meskipun mereka adalah kemitraan dalam arti kata sehari-hari, dapat mengambil struktur hukum apa pun. Korporasi, kemitraan, perseroan terbatas (LLC), dan entitas bisnis lainnya semuanya dapat digunakan untuk membentuk Joint Venture.

Terlepas dari kenyataan bahwa tujuan Joint Venture biasanya untuk produksi atau penelitian, mereka juga dapat dibentuk untuk kelanjutan tujuan. Usaha patungan dapat menggabungkan perusahaan besar dan kecil untuk mengambil satu atau beberapa proyek dan kesepakatan besar, atau kecil.

Baca: Apa Itu Venture Capital?

Ada tiga alasan utama mengapa perusahaan membentuk usaha patungan:

Memanfaatkan Sumber Daya

Perusahaan patungan dapat memanfaatkan sumber daya gabungan kedua perusahaan untuk mencapai tujuan usaha. Satu perusahaan mungkin memiliki proses manufaktur yang mapan, sementara perusahaan lain mungkin memiliki saluran distribusi yang unggul.

Penghematan biaya

Dengan menggunakan skala ekonomi, kedua perusahaan di Joint Venture dapat meningkatkan produksi mereka dengan biaya per unit yang lebih rendah daripada secara terpisah. Hal ini terutama sesuai dengan kemajuan teknologi yang mahal untuk diterapkan. Penghematan biaya lain sebagai hasil dari Joint Venture dapat mencakup biaya iklan atau tenaga kerja bersama.

Keahlian Gabungan

Dua perusahaan atau pihak yang membentuk usaha patungan mungkin masing-masing memiliki latar belakang, keahlian, dan keahlian yang unik. Ketika digabungkan melalui Joint Venture, setiap perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari keahlian dan bakat lainnya di dalam perusahaan mereka.

Terlepas dari struktur hukum yang digunakan untuk Joint Venture, dokumen terpenting adalah perjanjian Joint Venture yang menetapkan semua hak dan kewajiban mitra. Tujuan Joint Venture, kontribusi awal para mitra, operasi sehari-hari, dan hak atas keuntungan, dan tanggung jawab atas kerugian Joint Venture semuanya diatur dalam dokumen ini. Penting untuk menyusunnya dengan hati-hati, untuk menghindari proses pengadilan di kemudian hari.

Baca: Mau Buka Usaha Kecil, Berapa Sih Modalnya?

Pertimbangan Khusus

Membayar Pajak pada Joint Venture (JV)

Saat membentuk Joint Venture, hal paling umum yang dapat dilakukan kedua pihak adalah membuat entitas baru. Tetapi karena Joint Venture itu sendiri tidak dikenali oleh Internal Revenue Service (IRS), formulir bisnis antara kedua pihak membantu menentukan bagaimana pajak dibayarkan. Jika Joint Venture adalah entitas terpisah, Joint Venture akan membayar pajak seperti yang dilakukan oleh bisnis atau perusahaan lain. Jadi jika beroperasi sebagai LLC, maka untung dan rugi akan diteruskan ke pengembalian pajak pribadi pemilik sama seperti LLC lainnya.

Perjanjian Joint Venture akan menjelaskan bagaimana untung atau rugi dikenai pajak. Namun jika kesepakatan tersebut hanyalah hubungan kontraktual antara kedua belah pihak, maka kesepakatan mereka akan menentukan bagaimana pembagian pajak di antara mereka.

Persyaratan untuk Usaha Patungan

Elemen kunci untuk usaha patungan dapat mencakup (tetapi tidak terbatas pada):

  • Jumlah pihak yang terlibat
  • Cakupan tempat Joint Venture akan beroperasi (geografi, produk, teknologi)
  • Apa dan seberapa besar kontribusi masing-masing pihak untuk Joint Venture
  • Struktur Joint Venture itu sendiri
  • Kontribusi awal dan pembagian kepemilikan masing-masing pihak
  • Jenis pengaturan yang akan dibuat setelah kesepakatan selesai
  • Bagaimana Joint Venture dikontrol dan dikelola
  • Bagaimana Joint Venture akan dikelola

Baca: Apa Itu Ganti Rugi (Indemnity)

Contoh Joint Venture atau Usaha Patungan

Setelah usaha patungan (Joint Venture) mencapai tujuannya, itu dapat dilikuidasi seperti bisnis lain atau dijual. Misalnya, pada tahun 2016, Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) menjual 50% sahamnya di Caradigm, Joint Venture yang dibuatnya pada tahun 2011 dengan General Electric Company (NYSE: GE). Joint Venture didirikan untuk mengintegrasikan data perawatan kesehatan perusahaan Amalga dan sistem intelijen, bersama dengan berbagai teknologi dari GE Healthcare.

Microsoft sekarang telah menjual sahamnya ke GE, yang secara efektif mengakhiri Joint Venture. GE sekarang menjadi pemilik tunggal perusahaan dan bebas menjalankan bisnis sesuka hati.

Sony Ericsson adalah contoh Joint Venture lain yang terkenal antara dua perusahaan besar. Dalam hal ini, mereka bermitra di awal tahun 2000-an dengan tujuan menjadi pemimpin dunia dalam telepon seluler. Setelah beberapa tahun beroperasi sebagai Joint Venture, usaha tersebut akhirnya menjadi milik Sony sendiri.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Apa Itu Kelangkaan Ekonomi?

Darurat Wabah! Virus Korona Tewaskan 17 Orang, Ekonomi Global Melambat

Dari Hartono Bersaudara Hingga CT, Ini Daftar Orang Paling Tajir di Indonesia

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar