Donald Trump Dinyatakan Positif COVID-19, Bagaimanakah Kabar Pasar?

0
125
kabar-pasar

Jumat lalu (2/10), seluruh dunia dikagetkan oleh kabar dari Presiden AS Donald Trump dan istri yang dinyatakan positif Covid-19. Lalu, bagaimanakah reaksi dan kabar pasar?

  • Pada hari Jumat, diagnosis COVID-19 Presiden Trump memicu aksi jual saham dan minyak karena investor menjauh dari aset berisiko. Pasar saham di berbagai negara langsung turun setelah cuitan dari Twitter Trump. S&P 500 futures langsung jatuh sebanyak 1.2%. Dan emas langsung mendapatkan dukungan.
  • Volatilitas dan ketidakpastian tetap tinggi dengan kabar ini dan juga menjelang pemilu AS. Indeks Komposit Nasdaq yang memiliki komposisi perusahaan teknologi yang tinggi mengalami sell-off hari Jumat.  Indeks ini ditutup 2,2% lebih rendah, dibandingkan dengan kerugian 1% pada indeks S&P 500.
  • Meskipun indeks S&P 500 ditutup lebih rendah pada Jumat lalu, ada kenaikan sebesar 1.5% untuk total minggu lalu. Banyak saham teknologi dan momentum menunjukkan keuntungan yang bagus untuk tahun ini meskipun ada aksi jual yang mendorong S&P 500 turun 3,9% pada bulan September, kerugian bulanan pertama sejak Maret.

Namun pada hari Senin (5/10), saham AS sudah kembali diperdagangkan lebih tinggi ketika Presiden Donald Trump mengumumkan di Twitter bahwa dia akan meninggalkan rumah sakit. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 1,7%, 465 poin. S&P 500 naik 1,8%, sedangkan Nasdaq Composite naik 2,3%.

Kabar Pasar dan Poling Pemilu AS

Seperti yang kita dapat lihat dari grafik di bawah ini, hasil poling menunjukkan lebih banyak dukungan untuk Biden. Tetapi tentunya masih banyak ketidakpastian yang lain dan hasil pemilu ada kemungkinan dapat digugat.

Sumber: Real Clear Politics, 5 Oktober 2020

Apa arti hasil dari pemilu? Analis Credit Suisse telah mengumpulkan data, membuat skenario dan membuat proyeksi akan dampak hasil pemilu pada pasar.

Democratic sweep Biden + mixed Congress Trump + mixed Congress Republican sweep
USD Less negative Less negative Negative More negative
US equities Negative Moderately negative Neutral Positive

Skenario di atas menunjukkan potensi dari hasil pemilu AS jika tidak ada yang berubah dari kondisi lain saat ini. Masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi pasar dan karena itu skenario di atas tidak bisa dilihat sebagai prediksi yang akurat. Namun, sebagai investor setidaknya skenario di atas dapat memberi kita sebuah gambaran.

Fokus Pasar Minggu Ini

Terlepas dari apa yang terjadi dengan kesehatan Presiden Trump, tiga hambatan signifikan yang akan terus dihadapi menuju pemilihan November:

  • Pengendalian Pandemi

Dampak psikologis dari seorang presiden yang dirawat di rumah sakit karena virus korona membawa risiko ini kembali menjadi sorotan, bahkan setelah pasar dan ekonomi AS tampaknya pulih dari banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh pandemi. Namun, kasus baru di seluruh negeri tetap berada di atas 40.000 sehari minggu lalu, kira-kira 38% lebih tinggi dari level April ketika tindakan lockdown yang meluas diberlakukan. Tapi pada hari Senin, Donald Trump menunjukkan tanda-tanda pemulihan dan akan keluar dari rumah sakit.

Tentu saja, pandemi masih berlanjut dengan adanya dampak pada tekanan ekonomi, pasar dan masyarakat. Meskipun ada kemajuan yang telah dibuat menuju vaksin yang efektif, inokulasi yang dapat digunakan serta obatnya belum ditemukan. Dan bahkan ketika pengobatan yang efektif benar-benar muncul, belum bisa sepenuhnya optimis pengobatan itu akan berhasil melawan virus yang terus bermutasi. Distribusi untuk alokasi obat juga rasanya tidak dapat secara efisien dibagikan ke sebagian besar negara lainnya. Oleh karena itu, investor juga masih melihat perkembangan dari sisi ini.

  • Pemulihan Ekonomi yang Lambat 

Data nonfarm payrolls yang dirilis hari Jumat lalu mengecewakan. Laporan menunjukkan hanya 661.000 pekerjaan diciptakan pada bulan September, dibandingkan 850 ribu yang diharapkan. Dalam analisis terakhir, masih ada 6,8 juta lebih banyak pekerja AS yang sedang menanggur dibandingkan Februari, sebelum pandemi melanda.

Ketua Fed Jay Powell dijadwalkan untuk berbicara pada hari Selasa (6/10) pada pertemuan Asosiasi Nasional untuk Ekonomi Bisnis. Powell diharapkan untuk berbicara tentang prospek ekonomi. Bulan lalu Fed mengubah perkiraannya. Produk domestik bruto sekarang mencerminkan penurunan yang lebih kecil dari perkiraan sebelumnya dan tingkat pengangguran akhir tahun yang lebih rendah.

Investor dalam minggu ini juga akan mengawasi risalah dari pertemuan kebijakan moneter terakhir Federal Reserve dan kabar pasar lainnya. Informasi dari the Fed akan dirilis Rabu, tentang bagaimana bank sentral memandang pemulihan yang baru di Amerika Serikat.

  • Perkembangan Stimulus AS

Reli ekuitas terkuat dalam beberapa dekade, sejak titik terendah Maret, sebagian besar disebabkan oleh stimulus fiskal global yang agresif. Pemerintah Federal AS menyuntikkan hampir $ 4 triliun dalam upaya untuk melumasi ekonomi negara, yang jatuh ditarik oleh pandemi ke dalam resesi terburuk sejak Depresi Besar abad lalu.

Bahkan setelah pejabat bank sentral AS memohon kepada anggota parlemen untuk meluncurkan stimulus tambahan yang sangat dibutuhkan untuk menopang ekonomi yang lesu, kedua pihak tetap berselisih atas jumlah yang diperlukan untuk mempertahankan pemulihan tanpa perlu menggembungkan utang negara yang sudah membengkak, yang tertinggi sejak PD II.

Meskipun pekan lalu mayoritas DPR yang dipimpin Demokrat mengesahkan tagihan virus korona $ 2,2 triliun, mendekati rencana $ 1,6 triliun yang diajukan oleh Gedung Putih, tetap ada keraguan apakah mayoritas Senat Republik akan menyetujui angka itu. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi diharapkan akan dapat melanjutkan pembicaraan akhir pekan ini untuk mencapai kesepakatan.

Oktober dapat menjadi bulan yang volatil untuk pasar saham, tapi belum tentu diakhiri dengan penurunan. Untuk itu, investor akan terus memantau kabar pasar.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital atau indeks S&P 500 dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Investasi kamu aman karena dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Emas Pluang dapat dicetak dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here