Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Business Model?

Pengertian Business Model

Pengertian Business Model adalah merujuk pada rencana perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Ini mengidentifikasi produk atau layanan yang rencana bisnis untuk dijual, target pasarnya yang teridentifikasi, dan biaya yang diantisipasi.

Business Model penting untuk bisnis baru dan yang sudah mapan. Mereka membantu perusahaan baru yang sedang berkembang menarik investasi, kemudian merekrut bakat, dan memotivasi manajemen dan staf.

Bisnis yang sudah mapan harus memperbarui rencana bisnis mereka secara teratur atau mereka akan gagal mengantisipasi tren dan tantangan di masa depan. Rencana bisnis membantu investor mengevaluasi perusahaan yang mereka minati.

Baca: Takut Kekayaan Tergerus Waktu? Ini 4 Diversifikasi Portofolio yang Paling Cocok Untukmu!

Memahami Business Model

Business Model adalah rencana tingkat tinggi untuk menjalankan bisnis secara menguntungkan di pasar tertentu. Kemudian komponen utama dari Business Model adalah proposisi nilai.

Ini adalah deskripsi barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan dan mengapa mereka diinginkan oleh pelanggan atau klien, idealnya dinyatakan dengan cara yang membedakan produk atau layanan dari pesaingnya.

Untuk itu perusahaan baru juga harus mencakup proyeksi biaya awal dan sumber pembiayaan, basis pelanggan target untuk bisnis, strategi pemasaran, tinjauan persaingan, dan proyeksi pendapatan dan pengeluaran.

Rencana tersebut juga dapat menentukan peluang di mana bisnis dapat bermitra dengan perusahaan mapan lainnya. Misalnya, untuk bisnis periklanan dapat mengidentifikasi manfaat dari pengaturan rujukan ke dan dari perusahaan percetakan.

Baca: Membuat Rencana Investasi, Apa Saja Strategi yang Perlu Diketahui?

Bisnis yang sukses memiliki Business Model yang memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan klien dengan harga yang kompetitif dan biaya yang berkelanjutan. Seiring waktu, banyak bisnis merevisi model bisnis mereka dari waktu ke waktu untuk mencerminkan lingkungan bisnis yang berubah dan permintaan pasar.

Saat mengevaluasi perusahaan sebagai kemungkinan investasi, investor harus mencari tahu persis bagaimana perusahaan itu menghasilkan uang.

Memang, Business Model mungkin tidak memberi tahu segalanya tentang prospek perusahaan. Tetapi investor yang memahami juga data keuangan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Artikel Terbaru