Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Kapitalisasi Pasar?

DEFINISI

market cap atau Kapitalisasi pasar adalah salah satu cara utama untuk mengukur ukuran perusahaan dengan hanya mengalikan jumlah total sahamnya dengan harga sahamnya. 

Memahami Kapitalisasi Pasar

Kapitalisasi pasar adalah menunjukkan nilai dolar dari saham perusahaan yang beredar. Untuk mendapatkan angka ini, gandakan jumlah total saham perusahaan dengan harga masing-masing saham. Karena harga saham atau jumlah saham yang beredar berubah, demikian juga kapitalisasi pasarnya.

Perusahaan dapat disortir ke dalam tiga kategori kapitalisasi pasar: “kap kecil” ($ 300 juta – $ 2 milyar), “kapitalisasi tengah” ($ 2 milyar – $ 10 milyar), dan “kapitalisasi besar” ($ 10 milyar +). Secara umum, perusahaan yang lebih kecil lebih berisiko daripada yang lebih besar – Tetapi dalam beberapa kasus, mereka juga dapat memiliki potensi pertumbuhan yang jauh lebih tinggi.

CONTOH

Apple menjadi perusahaan pertama dalam sejarah yang mencapai kapitalisasi pasar $ 1 triliun pada 2 Agustus 2018. Melakukan perhitungan: Hampir 5 miliar saham * harga saham $ 207,05 yang dihantamnya hari itu = $ 1 triliun. Amazon dan Microsoft adalah perusahaan lain yang juga bergabung dengan kapitalisasi pasar “klub empat koma.”

Kesimpulan

Menghitung nilai jeruk dengan mengalikan jumlah jeruk kali harga per buah seperti menghitung kapitalisasi pasar sebuah perusahaan …

Ini adalah nilai dari semua saham yang dimiliki orang, dan membantu dengan cepat memberi label harga kasar pada seluruh perusahaan.

Ketahui Lebih Lanjut …

Bagaimana menghitung kapitalisasi pasar?

Perbedaan antara kapitalisasi pasar dan nilai pasar

Perusahaan AS mana yang memiliki kapitalisasi pasar tertinggi?

Mengapa kapitalisasi pasar penting?

Mengapa pemecahan saham tidak mempengaruhi kapitalisasi pasar

Bagaimana Menghitung Kapitalisasi Pasar?

Kamu hanya perlu dua angka untuk menghitung kapitalisasi pasar perusahaan: jumlah total saham beredar dari suatu perusahaan. Termasuk yang dimiliki oleh pejabat dan orang dalam, serta orang-orang seperti kita yang memiliki saham – dikalikan dengan harga real-time dari saham itu.

Karena harga saham perusahaan swasta tidak diketahui publik, kapitalisasi pasar biasanya mengacu pada saham yang diperdagangkan secara publik. Kesederhanaan formula kapitalisasi pasar menjadikannya cara mudah untuk menilai dengan cepat ukuran berbagai perusahaan. Tetapi ada juga cara yang lebih bernuansa untuk menilai suatu perusahaan atau memperkirakan harga dari keseluruhan shebang.

Berikut adalah tiga kategori utama dari kapitalisasi pasar yang perlu diingat (per 6 Juni 2019): 

Kapitalisasi kecil: Antara $ 300 juta dan $ 2 miliar

  •   Contoh: Axcelis Technologies (semikonduktor), Spectrum Pharmaceuticals, Dave & Buster’s (restoran dan hiburan)

Kapitalisasi menengah: Antara $ 2 miliar dan $ 10 miliar

  •   Contoh: Sallie Mae (perbankan konsumen), Amarin (pembuat obat), Royal Gold (logam mulia)

Kapitalisasi besar: $ 10 miliar +

  •   Contoh: Amazon (teknologi), Coca-Cola (minuman), Tesla (automotif), Walmart (ritel)

Sementara kecil, menengah, dan besar adalah kategori paling tradisional, label telah dibuat untuk yang ekstrem juga: Kapitalisasi mikro: Antara $ 50 juta dan $ 300 juta KapitalisasiMega: Lebih besar dari $ 300 miliar

Perbedaan antara Kapitalisasi Pasar dan Nilai Pasar

Ingin berapa harga perusahaan dapat dijual? Itulah nilai pasarnya –harga bahwa perusahaan itu bernilai  di pasar. 

Untuk perusahaan publik, nilai pasar mudah dihitung – itu kapitalisasi pasar.

Untuk perusahaan swasta, ini adalah perhitungan yang lebih bernuansa dan subyektif. Karena perusahaan swasta tidak memiliki saham yang dapat diperdagangkan secara bebas, tidak sepenuhnya jelas berapa nilai saham tersebut.

Itulah sebabnya menghitung nilai pasar perusahaan swasta harus mempertimbangkan seluk beluk bisnis, dari utangnya hingga prospek pertumbuhannya, pajak, dan banyak lagi. Perkiraan tersebut sering memasukkan lebih banyak analisis fuzzy, – misalnya, potensi perusahaan untuk berinovasi, apa pendapat para investor, dan tren yang lebih luas di industri terkait.

Di dunia keuangan, keterampilan menilai nilai ini dimiliki oleh para bankir investasi yang menggunakan rasio yang disebut “kelipatan.” Kelipatan memungkinkanmu mengambil satu metrik perusahaan yang diketahui dan mengubahnya menjadi taksiran nilai pasar. Menghitung nilai pasar perusahaan swasta lebih sulit daripada memperkirakan nilai perusahaan publik. Itu sebabnya tugas biasanya diserahkan kepada bankir investasi yang menggunakan pemodelan yang lebih kompleks untuk menghasilkan angka terakhir.

Perusahaan AS Mana Saja yang Memiliki Kapitalisasi Pasar Tertinggi?

Siapa pun yang tertarik dalam berinvestasi dapat menggunakan kapitalisasi pasar sebagai cara mengelompokkan nilai perusahaan secara longgar. Orang-orang sering penasaran untuk mengetahui perusahaan-perusahaan terbesar dengan kapitalisasi pasar untuk mendapatkan sinyal mengenai bisnis dan industri mana yang paling berharga pada waktu tertentu.

10 kapitalisasi pasar teratas pada 6 Juni 2019:

  1. Microsoft Corp $ 979 miliar
  2. Amazon.com Inc. $ 864 miliar
  3. Apple Inc. $ 852 miliar
  4. Alphabet Inc. $ 725 miliar
  5. Berkshire Hathaway Inc. $ 503 miliar
  6. Facebook Inc. $ 480 miliar
  7. Visa Inc $ 365 miliar
  8. Johnson & Johnson $ 363 miliar
  9. JPMorgan Chase & Co $ 360 miliar
  10. Exxon Mobil Corp $ 314 miliar

Mengapa Kapitalisasi Pasar Penting?

Ini dapat membantu investor karena dua alasan utama:

  1. Cara cepat untuk mengetahuiukuran perusahaan dan kedewasaannya (apakah itu perusahaan publik yang masih baru atau masih berjuang di tahun-tahun kerja utamanya).
  2. Kapitalisasi pasar juga dapat menjadi alat untuk mengukur keberisikoan investasi. Perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang lebih kecil cenderung memiliki bisnis yang kurang matang, sedangkan perusahaan kapitalisasi besar cenderung memiliki posisi pasar yang lebih mapan.

Mengapa Pemecahan Saham tidak Mempengaruhi Kapitalisasi Pasar?

Pemecahan saham terjadi ketika sebuah perusahaan ingin menurunkan harga sahamnya – Jadi itu membagi saham menjadi beberapa, yang lebih kecil.

  • Misalnya, katakanlah harga saham perusahaan adalah $ 500 (itu cukup tinggi). Mungkin ingin memotong masing-masing saham menjadi 10 saham berukuran sama masing-masing $ 50.
  • Untuk pemegang saham, ini tidak benar-benar mengubah apa pun – jika investor memiliki satu saham sebelumnya, bernilai total $ 500 (1 x $ 500). Setelah pemisahan, ia memiliki 10 saham yang juga bernilai total $ 500 (10 x $ 50).
  • Kapitalisasi pasar juga tidak terpengaruh oleh stock split. Jumlah total saham meningkat, tetapi efek itu diimbangi oleh penurunan proporsional dalam harga setiap saham.

Ini seperti memotong pizza menjadi 12 iris, bukannya 6. Ini masih tetap 1 pizza.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Risk Averse?

Pahami Kinerja Sekuritas, Ini 3 Alasan Volatilitas Pasar Pengaruhi Peluang Profit

Apa Itu Elastisitas Harga?

Artikel Terbaru