Apa Itu Kartu Kredit?

0
69
kartu kredit adalah

Selama ini, kita kerap menggunakan kartu kredit tanpa betul-betul mengetahui pengertian kartu kredit dan sejarah kemunculannya. Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank atau perusahaan jasa keuangan.

Memegang kartu kredit memungkinkan pemegangnya untuk meminjam sejumlah dana buat membayar barang dan jasa dengan pedagang (merchant) yang menerima kartu untuk pembayaran.

Pengertian kartu kredit itu memperjelas bahwa kartu kredit adalah kartu yang dapat digunakan untuk membayar dengan kredit. Kartu ini memberlakukan persyaratan bahwa pemegang kartu akan membayar kembali pinjamannya.

Tentu pembayaran pinjaman itu akan disertai tambahan bunga yang berlaku, serta biaya tambahan yang disepakati, baik secara penuh pada tanggal penagihan atau seiring waktu.

Umumnya, berbagai jenis kartu kredit memperoleh pemeringkatan. Rekomendasi kartu kredit yang terbaik di industrinya akan memberikan panduan bagi calon pemegang kartu untuk memilih jenis kartu kredit terbaik bagi mereka.

Berbagai tawaran dari ragam jenis kartu kredit ini meliputi pembiayaan yang rendah dari kepemilikan kartu kredit, bunga yang kompetitif, manfaat-manfaat yang diperoleh, hingga layanan pelanggan bagi pemegang kartu.

Baca juga: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu

Memahami kartu kredit adalah alat transaksi yang mempermudah pembelian

Selain batas kredit standar, penerbit kartu kredit juga dapat memberikan jalur kredit (line of credit, LOC) terpisah kepada pemegang kartu. Ini memungkinkan mereka untuk meminjam uang dalam bentuk penarikan tunai yang dapat diakses melalui teller bank ataupun ATM, atau kartu kredit cek.

Penerapan jalur kredit ini memiliki persyaratan berbeda. Seperti misalnya tidak ada masa tenggang dan suku bunga yang lebih tinggi, dibandingkan dengan transaksi yang mengakses jalur kredit utama.

Penerbit kartu kredit adalah biasanya pihak yang menetapkan batas pinjaman sebelumnya. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan peringkat kredit individu. Sebagian besar bisnis mengizinkan pelanggan melakukan pembelian dengan kartu kredit.

Kartu kredit biasanya mengenakan tarif persentase tahunan (APR, annual percentage rates) yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk pinjaman konsumen lainnya. Biaya bunga untuk setiap saldo yang belum dibayar yang dibebankan ke kartu biasanya dikenakan sekitar satu bulan setelah pembelian dilakukan.

Perkecualian terjadi jika dalam kasus ada penawaran pengantar APR 0% untuk periode waktu awal setelah pembukaan akun. Kecuali belum dibayar sebelumnya, saldo telah dipindahkan dari bulan sebelumnya, dalam hal ini tidak ada masa tenggang yang diberikan untuk tagihan baru.

Secara hukum, penerbit kartu kredit harus menawarkan masa tenggang paling sedikit 21 hari sebelum bunga pembelian dapat mulai bertambah. Itulah mengapa melunasi saldo sebelum masa tenggang berakhir adalah praktik yang baik jika memungkinkan.

Calon pemilik kartu kredit adalah pihak yang perlu juga memahami apakah penerbit kartu kredit memperoleh bunga harian atau bulanan. Ini akan menentukan apakah biaya bunga akan lebih tinggi selama saldo tidak dibayar.

Baca juga: Punya Kartu Kredit Pertama? Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Demi Keuangan Sehat

Jenis-jenis kartu kredit dan manfaatnya

Sebagian besar pemegang kartu kredit utama, meliputi Visa, MasterCard, Discover, dan American Express, diterbitkan oleh bank, credit unions, atau lembaga keuangan lainnya.

Banyak kartu kredit menarik pelanggan dengan menawarkan insentif seperti tawaran manfaat maskapai penerbangan, penyewaan kamar hotel, hingga voucher dan cashback untuk pembelian. Jenis kartu kredit ini umumnya dikenal sebagai kartu kredit yang memberi keuntungan atau rewards (rewards credit cards).

Untuk memperoleh loyalitas pela nggan, penerbit kartu kredit adalah pihak yang kerap mencari apa yang diminati oleh pelanggannya. Banyak pihak kartu kredit yang mengeluarkan kartu kredit versi bermerek. Umumnya mereka bekerja sama dengan pihak toko tertentu untuk menawarkan keuntungan bagi pemegang kartu.

Biasanya lebih mudah bagi konsumen untuk memenuhi syarat memperoleh kartu kredit jenis toko ini daripada kartu kredit utama. Akan tetapi, kartu kredit toko ini hanya dapat digunakan untuk melakukan pembelian dari toko tersebut. Kartu kredit jenis ini umumnya memberi penawaran keuntungan berupa diskon khusus, pemberitahuan promosi, hingga penjualan khusus.

Beberapa jenis kartu kredit adalah juga kartu dengan merek Visa atau Mastercard utama yang dapat digunakan di mana saja, tidak hanya di merchant tertentu.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

Menikah vs Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here