Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Knock-Out Option?

Opsi Knock-Out atau Knock-Out Option adalah opsi dengan mekanisme bawaan untuk kedaluwarsa tanpa nilai jika tingkat harga tertentu dalam aset acuan tercapai.

Knock-Out option menetapkan batas pada level yang dapat dicapai opsi yang menguntungkan pemegangnya. Karena opsi knock-out membatasi potensi keuntungan bagi pembeli opsi, opsi tersebut dapat dibeli dengan premi yang lebih kecil daripada opsi yang setara tanpa ketentuan knock-out.

Umumnya, knock-out option dikenal sebagai jenis opsi penghalang (barrier option). Opsi penghalang biasanya diklasifikasikan sebagai knock-out atau knock-in.

Knock-in option adalah kebalikan dari knock-out. Di sini, opsi diaktifkan hanya jika aset yang mendasarinya mencapai harga penghalang yang telah ditentukan sebelumnya.

Knock-out option dianggap sebagai opsi eksotis (exotic options) dan terutama digunakan di pasar komoditas dan mata uang oleh institusi besar. Mereka juga dapat diperdagangkan di pasar over-the-counter (OTC).

Baca juga: Apa Itu Strike Price?

Mengenal knock-out option dan jenis-jenisnya

Knock-out option adalah jenis opsi penghalang yang apabila kedaluwarsa tidak berharga jika harga aset yang mendasarinya melebihi atau jatuh di bawah harga yang ditentukan.

Ada dua jenis opsi knock-out, yakni opsi penghalang naik-turun dan opsi turun-dan-keluar. Knock-out option membatasi kerugian, tetapi juga membatasi potensi keuntungan.

Opsi turun-dan-keluar adalah suatu variasi. Ini memberi pemegang hak, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli atau menjual aset dasar pada harga kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya. Jika harga aset yang mendasari tidak turun di bawah penghalang yang ditentukan selama masa pakai opsi.

Apabila harga aset yang mendasari jatuh di bawah penghalang pada titik mana pun dalam opsi, opsi kedaluwarsa akan menjadi tidak berharga.

Misalnya, asumsikan seorang investor membeli opsi beli-turun-dan-keluar pada saham yang diperdagangkan pada US$ 60 dengan harga kesepakatan US$ 55 dan barrier US$ 50. Asumsikan saham diperdagangkan di bawah US$ 50, kapan saja, sebelum opsi berakhir. Oleh karena itu, opsi turun-dan-keluar segera tidak berlaku lagi.

Berlawanan dengan jenis knock-out option turun-dan-keluar, barrier option naik-dan-keluar memberi pemegang hak untuk membeli atau menjual aset yang mendasarinya. Ini dapat dilakukan pada harga kesepakatan yang ditentukan jika aset tersebut tidak melebihi barrier yang ditentukan selama periode opsi. Knock-out option naik-dan-keluar hanya terlempar jika harga aset yang mendasarinya bergerak di atas barrier.

Baca juga: Apa Itu Opsi Saham?

Keuntungan dan kerugian knock-out option

Knock-out option dapat digunakan karena beberapa alasan berbeda. Seperti disebutkan, premi pada opsi ini biasanya lebih murah daripada non-knock-out.

Seorang trader mungkin juga merasa bahwa peluang aset yang mendasari mencapai harga barrier, dan karenanya opsi yang lebih murah sepadan dengan risiko tidak mungkin tersingkir dari trading.

Jenis opsi ini mungkin juga bermanfaat bagi institusi yang hanya tertarik untuk melakukan lindung nilai ke atas atau ke bawah. Ini dapat menuju ke harga yang sangat spesifik atau memiliki toleransi yang sangat sempit terhadap risiko.

Pro

  • Memiliki premi yang lebih rendah
  • Membatasi kerugian
  • Baik untuk strategi lindung nilai/manajemen risiko tertentu

Kontra

  • Rentan di pasar yang bergejolak
  • Membatasi keuntungan

Knock-out option membatasi kerugian. Tetapi, seperti yang terjadi, barrier pada sisi negatif juga membatasi keuntungan pada sisi atas. Selain itu, fitur knock-out dipicu meski level yang ditentukan dilanggar hanya dalam periode pendek. Ini umumnya berbahaya untuk dilakukan di pasar yang sedang mengalami fluktuasi.

Contoh nyata opsi ini

Katakanlah seorang investor tertarik pada Levi Strauss & Co. (LEVI) yang termasuk IPO pada 21 Maret 2019, dengan harga US$17 per saham. Pada 2 Mei, ditutup pada US$ 22,92 per saham. Katakanlah investor optimis pada knock-out option, tapi tetap berhati-hati.

Jadi mereka dapat menulis call option di atasnya dengan harga US$23 per saham, dengan harga kesepakatan US$ 33 dan level knock-out US$ 43. Opsi ini hanya memungkinkan pemegang opsi untuk mendapatkan keuntungan hingga US$ 43, di mana opsi tersebut kedaluwarsa tanpa nilai, membatasi potensi kerugian bagi option writer.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img