Apa Itu Laporan Laba Rugi (Income Statement)?

0
1074
laporan laba rugi adalah

DEFINISI

Laporan laba rugi adalah salah satu dari tiga laporan keuangan utama (bersama dengan neraca dan laporan arus kas) yang menyoroti berapa banyak laba yang dihasilkan perusahaan selama periode waktu tertentu, dan membantu investor menganalisis kinerja keuangan suatu perusahaan.

laporan laba rugi adalah
Ini hanya untuk tujuan ilustrasi, untuk menunjukkan susunan dasar dari laporan laba rugi. Laporan laba rugi perusahaan mungkin mengandung lebih banyak item daripada yang ditunjukkan di atas. 

Memahami Laporan Penghasilan/ Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang paling banyak dikutip. Meskipun neraca adalah seperti potret perusahaan yang diambil pada suatu titik waktu tertentu, laporan laba rugi mencerminkan durasi waktu tertentu, apakah itu seperempat atau setahun penuh.

Ini berfokus pada laba, yang dihitung dengan mengurangi pengeluaran dari pendapatan (berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan, dari sumber apa saja dan semua). Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba (atau tidak) adalah informasi penting bagi siapa pun yang mencoba mengukur kinerja dan potensi masa depan perusahaan, baik itu investor, analis, pemberi pinjaman, kreditor, pesaing, atau regulator. Laporan laba rugi juga dikenal sebagai laporan pendapatan dan pengeluaran dan laporan laba rugi.

CONTOH

Untuk contoh dunia nyata, mari kita lihat versi ringkasan laporan laba rugi Amazon untuk tahun penuh 2018. Kami mulai dengan pendapatan dan mengurangi biaya seperti biaya penjualan barang dan jasa, untuk menghitung laba perusahaan:

  •   Penghasilan: $ 232,9 miliar
  •   Harga pokok penjualan (biaya yang terkait dengan produksi dan penjualan suatu produk): – $ 139,2 miliar
  •   Biaya Penjualan, Umum & Administrasi (seperti upah dan sewa kantor): – $ 81 miliar
  •   Biaya bunga (bunga dibayarkan pada pinjaman seperti obligasi, pinjaman, atau kredit): – $ 1,4 miliar
  •   Pajak penghasilan: – $ 1,2 miliar
  •   = Penghasilan bersih: $ 10.1 miliar

Kesimpulan

Laporan laba rugi adalah jenis seperti gulungan video …

Ini menghitung laba bersih perusahaan, dengan menambahkan total pendapatan dan mengurangi total biaya selama periode waktu tertentu. Ini adalah salah satu laporan keuangan yang paling banyak dikutip, dan membantu menjelaskan profitabilitas perusahaan (berapa banyak laba atau penjualan yang dihasilkannya sehubungan dengan apa yang dihabiskannya) dan bagaimana operasinya (biaya terbesarnya).

Ketahui Lebih Lanjut… 

Bagaimana struktur laporan laba rugi?

Bagaimana laporan laba rugi berguna?

Apa itu keuntungan bersih, penghasilan bersih, dan laba bersih?

Pendapatan vs keuntungan?

Biaya vs kerugian?

Apa perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi?

Apa perbedaan laporan arus kas dan laporan laba rugi?

Bagaimana Struktur Laporan Laba Rugi?

Laporan laba rugi adalah salah satu dari tiga jenis laporan utama keuangan, di samping neraca dan laporan arus kas, yang dapat membantu analis dan investor lebih memahami kesehatan keuangan dan potensi perusahaan. Laporan laba rugi khususnya, paling difokuskan pada penghitungan pendapatan dan pengeluaran perusahaan (biayanya), untuk akhirnya menghitung laba (berapa banyak yang sebenarnya dihasilkan). Karena alasan ini, laporan penghasilan juga disebut laporan laba rugi, atau laporan pendapatan dan pengeluaran. 

Sementara neraca membantu menangkap posisi keuangan perusahaan pada setiap potret waktu yang diberikan, laporan laba rugi dibuat untuk melaporkan pendapatan atau laba perusahaan selama periode waktu keuangan tertentu, baik itu setahun atau seperempat.

Empat bagian utama dari laporan laba rugi, adalah pendapatan, keuntungan, biaya, dan kerugian. Pendapatan dan biaya adalah bagian utama dari laporan laba rugi – mereka adalah bagian dari elemen operasi atau berulang perusahaan. Keuntungan dan kerugian mewakili investasi terpisah oleh perusahaan, dan biasanya hanya sebagian kecil dari laporan laba rugi – mereka adalah bagian dari elemen non-operasi atau non-berulang perusahaan.

Penghasilan bersih = (Pendapatan + Keuntungan) – (Beban + Kerugian) 

Intinya adalah bahwa laporan laba rugi menghitung laba bersih perusahaan (keuntungan atau kerugiannya, yang juga disebut laba bersih). Penghasilan bersih itu kemudian dapat dipecah untuk menentukan laba per saham, atau EPS, yang membantu investor mengevaluasi lebih lanjut suatu saham.

Bagaimana Laporan Laba Rugi Berguna?

Laporan laba rugi dan metrik laba per saham (EPS) dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, biaya terbesar, dan seberapa efisiennya mampu beroperasi. Pada tingkat paling murni, ini merupakan cara terstandarisasi untuk dapat menentukan berapa banyak yang dihasilkan perusahaan (dalam hal ini beroperasi dengan untung) atau rugi (ketika beroperasi pada kerugian).

Mereka adalah komponen standar dari laporan laba perusahaan terbuka untuk umum. Bergantung pada bagaimana mereka berubah dari waktu ke waktu, informasi ini dapat secara signifikan mempengaruhi cara analis menilai suatu saham tertentu, serta bagaimana saham itu diperdagangkan di pasar. Ini terutama berlaku setiap tiga bulan, ketika pendapatan dirilis. Ini juga merupakan standar bagi perusahaan swasta untuk menghasilkan laporan laba rugi, namun mereka biasanya tidak diharuskan untuk melaporkannya secara terbuka.

Laporan laba rugi tidak hanya bermanfaat bagi analis dan investor – mereka juga sering digunakan oleh manajemen perusahaan untuk membantu mengidentifikasi tren utama. Misalnya, lini bisnis mana yang paling menguntungkan atau tidak? Apakah ada fluktuasi biaya? Dan inisiatif mana yang menghasilkan laba lebih tinggi? 

Laporan laba rugi juga berguna bagi kreditor dan pemberi pinjaman seperti bank, yang ingin tahu apakah entitas yang mereka pinjamkan uang dapat benar-benar membayarnya kembali. Bank dapat menganalisis laporan laba sebelum memutuskan apakah akan memberikan pinjaman kepada perusahaan atau tidak, dan mereka juga dapat menggunakannya jika mereka mempertimbangkan untuk mengatur jalur kredit.

Apa Itu Keuntungan Bersih, Penghasilan Bersih, dan Laba Bersih?

Ini semua nama untuk hal yang sama. Laba bersih adalah apa yang lebih dikenal sebagai “garis bawah”. Itu adalah ukuran dari profitabilitas perusahaan setelah memperhitungkan semua biaya dan pajak. 

Dalam hal laporan laba rugi, keuntungan bersih atau penghasilan bersih dihitung dengan mengambil selisih antara total pendapatan dan keuntungan, dan total biaya dan kerugian (termasuk pembayaran bunga dan pajak). Yang tersisa adalah apa yang sebenarnya bisa dipegang perusahaan, tanpa kewajiban untuk membayarnya kepada pemegang saham atau klien. 

Pendapatan Vs Keuntungan?

Pendapatan dan keuntungan keduanya mengacu pada berapa banyak uang yang dihasilkan oleh suatu bisnis. Namun, pendapatan cenderung merujuk pada uang yang masuk dari aliran pendapatan inti bisnis. Dan merupakan salah satu item teratas dalam laporan laba rugi karena merupakan bagian dari operasi dan berulang.

Keuntungan mungkin merupakan hasil penjualan satu kali (seperti menjual investasi real estat) yang merupakan manfaat non-operasional atau non-berulang untuk perusahaan. Karena penambahan modal seperti ini kurang berarti untuk bisnis, itu terjadi lebih rendah di laporan laba rugi sebagai pendapatan non-operasional.

Biaya Vs Kerugian?

Biaya adalah apa yang dikeluarkan oleh bisnis agar dapat berfungsi. Beberapa jenis biaya utama yang akan kamu temui adalah “harga pokok penjualan” (biaya langsung yang terkait dengan produksi barang yang dijual) atau “biaya penjualan, umum dan administrasi” (yang dikenal sebagai SG&A, dan mengacu pada semua dari biaya yang tidak terkait langsung dengan menghasilkan produk atau layanan).

Mirip dengan pendapatan, ini adalah bagian inti dari elemen operasi dan berulang perusahaan. Sehingga mereka muncul di bagian atas laporan laba rugi. 

Kerugian biasanya lebih jarang, tidak konsisten, sesekali saja. Seperti kerugian yang diambil dari penjualan peralatan jangka panjang dengan harga kurang dari harga beli. Mirip dengan keuntungan, kerugian mencerminkan peristiwa bisnis yang bukan inti dari bisnis. Sehingga ditempatkan di bagian laporan laba rugi yang tidak beroperasi atau tidak berulang di bagian bawah. 

Apa Perbedaan Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi?

Neraca adalah potret/ gambaran dari posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Sementara laporan laba rugi menjabarkan berapa banyak laba (atau kerugian) yang dihasilkan perusahaan selama periode waktu tertentu, seringkali kuartal keuangan atau setahun penuh . Keduanya merupakan laporan keuangan yang paling banyak digunakan yang membantu menjelaskan kinerja perusahaan, tetapi komponennya berbeda.

Neraca mewakili persamaan yang menunjukkan bahwa aset perusahaan (apa yang dimiliki perusahaan) sama dengan kewajibannya (berapa perusahaan berutang) ditambah ekuitas pemegang saham (nilai ekuitas pemegang saham, jika perusahaan itu tutup, jual asetnya, atau membayar utangnya).

Sementara itu, laporan laba rugi adalah tentang laba. Ini menghitung laba dengan mengambil perbedaan (pendapatan + keuntungan) – (biaya + kerugian). Dan juga menunjukkan dampak bunga dan biaya pajak, bersama dengan depresiasi.

Apa Perbedaan Laporan Arus Kas dan Laporan Laba Rugi?

Sementara laporan laba rugi adalah semua tentang pemahaman laba perusahaan (pendapatan – pengeluaran). Laporan arus kas adalah semua tentang pemahaman kas masuk dan keluar dari perusahaan. Misalnya, kas masuk ke perusahaan dapat berasal dari penjualan atau modal dari investor. Sementara kas yang mengalir keluar dari perusahaan dapat mencerminkan pembayaran untuk pengeluaran selama periode keuangan tertentu.

Ada tiga bagian dari laporan arus kas:

  1. Arus kas dari operasi: Ini adalah semua uang tunai yang dihasilkan bisnis dari operasi (laba atau rugi bersih).
  2. Dari investasi: Ini mewakili arus kas masuk atau keluar dari perusahaan sebagai akibat dari keuntungan atau kerugian dalam investasi perusahaan (sepotong mesin, bangunan, sekuritas investasi).
  3. Arus dari pembiayaan: Ini adalah ikhtisar uang tunai dari semua kegiatan pendanaan. Sumber arus kas yang khas termasuk uang tunai yang diperoleh dengan menjual saham dan obligasi atau meminjam dari bank. Demikian juga, membayar kembali pinjaman bank akan terlihat sebagai penggunaan arus kas.

Bersama-sama, laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas adalah tiga dari laporan keuangan utama yang dianalisis oleh para analis dan investor untuk lebih memahami kinerja dan potensi suatu perusahaan.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here