Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Leverage?

Leverage adalah penggunaan asset dan sumber dana (sources of funds) oleh perusahaan yang memiliki biaya tetap (beban tetap) dengan maksud agar meningkatkan keuntungan pemegang saham. Perusahaan yang menggunakan leverage dengan tujuan agar keuntungan yang diperoleh lebih besar dari biaya tetap (beban tetap).

Jenis – Jenisnya

Secara umum, leverage terdapat 3 buah jenis. Jenis – jenis leverage adalah:

  • Operating Leverage/Leverage Operasi

Terdapat dua definisi dalam hal ini. Pertama, pengertian dari leverage operasi ialah jumlah dana perusahaan yang digunakan untuk operasional. Sedangkan yang kedua, arti leverage operasi ialah tingkat kemampuan dari perusahaan dalam menggunakan fixed cost/biaya operasi tetap. Hal itu dilakukan untuk dapat meningkatkan pengaruh fixed cost atau biaya tetap pada penjualan/earning before interest and taxes/EBIT.

Jenis leverage ini muncul atas akibat dari fixed cost/biaya tetap yang ditanggung sebagai operasional perusahaan. Dengan leverage operasi, suatu perusahaan dapat berharap penjualan akan meningkat. Sehingga dapat menghasilkan laba sebelum bunga serta pajak yang jauh lebih besar.

Baca juga: Apa Itu Margin Laba Operasi?

Fixed cost/biaya operasi tetap berasal dari biaya produksi dan pemasaran serta biaya penyusutan yang mempunyai sifat permanen, misalnya gaji karyawan. Pada leverage operasi ini berupa efek dari fixed cost/biaya tetap pada kemampuan perusahaan supaya dapat menutupi semua biaya tersebut.

Besar kecilnya leverage, dapat dihitung dengan Degree of operating leverage (DOL). Cara untuk menghitung DOL yaitu dengan membagikan antara persentase perubahan EBIT dengan persentase perubahan penjualan.

Apa Itu Leverage?, Pluang

  • Financial Leverage/Leverage Keuangan

Arti dari leverage keuangan adalah aktiva/sumber dana yang mempunyai beban tetap. Hal itu disertai asumsi supaya dapat memberi keuntungan tambahan dalam jumlah yang lebih besar dari biaya tetap. Sehingga dapat meningkatkan keuntungan/laba bagi pemegang saham/pemilik perusahaan.

Salah satu penerapan dari financial leverage ialah dengan membuat suatu kebijakan agar memperoleh pinjaman dari luar dia dalam bidang management keuangan. Jadi perusahaan dapat membiayai seluruh operasional dengan memanfaatkan pinjaman tersebut.

Baca: Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dari Call Center BPJS Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

Perusahaan juga akan menanggung semua beban. Kemudian juga berharap pendapatan per saham akan meningkat.

Timbulnya leverage keuangan disebabkan dengan kondisi dimana perusahaan harus mengeluarkan biaya keuangan tetap. Kewajiban tersebut tidak dapat diubah begitu saja hanya dengan perubahan EBIT yang meningkat. Tetapi harus dibayar diluar tingkat EBIT yang telah diperoleh perusahaan. Jadikan financial leverage tidak mempunyai hubungan dengan operating leverage.

Financial leverage dapat dihitung melalui DFL/degree of financial leverage. Untuk mengetahui nilai DFL dapat dihitung dengan melakukan pembagian antara persentase perubahan dari pendapatan per saham/EPS dengan persentase perubahan EBIT.

Baca: Selain Saham Apple, Ini 10 Saham Terbesar Milik Warren Buffett!

  • Combination Leverage/Leverage Gabungan

Untuk leverage gabungan terjadi apabila perusahaan mempunyai leverage operasi dan leverage financial yang baik. Kedua leverage itu sangat berguna bagi perusahaan dalam meningkatkan keuntungan/laba untuk pemegang saham.

Jadi leverage gabungan hanya berupa efek yang berasal dari perubahan penjualan pada perubahan laba sesudah pajak. Sehingga secara tidak langsung dapat mengukur atas pengaruh perubahan penjualan pada perubahan pendapatan. Besarnya persentase perubahan laba per saham hanya sebagai bentuk dari hasil persentasi unit yang telah terjual.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img