Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Manajemen Aset?

Tahukah kamu apa Itu Manajemen Aset? Manajemen aset adalah arahan dari semua atau sebagian portofolio klien oleh lembaga jasa keuangan, biasanya bank investasi, atau individu. Lembaga menawarkan layanan investasi bersama dengan berbagai penawaran produk tradisional dan alternatif yang mungkin tidak tersedia untuk investor biasa.

Memahami Manajemen Aset

Manajemen aset mengacu pada manajemen investasi atas nama orang lain. Prosesnya pada dasarnya memiliki mandat ganda – apresiasi aset klien dari waktu ke waktu sambil mengurangi risiko. Ada minimum investasi, yang berarti bahwa layanan ini umumnya tersedia untuk individu berpenghasilan tinggi, entitas pemerintah, perusahaan, dan perantara keuangan.

Peran manajer aset terdiri dari menentukan investasi apa yang harus dilakukan, atau dihindari, yang akan menumbuhkan portofolio klien. Penelitian yang ketat dilakukan dengan menggunakan alat analisis makro dan mikro. Ini termasuk analisis statistik dari tren pasar yang berlaku, wawancara dengan pejabat perusahaan, dan hal lain yang akan membantu dalam mencapai tujuan apresiasi aset klien yang dinyatakan. Biasanya, penasihat akan berinvestasi dalam produk seperti ekuitas, pendapatan tetap, real estat, komoditas, investasi alternatif, dan reksa dana.

Baca juga: Apa Itu Efek Beragun Aset?

Rekening yang dipegang oleh lembaga keuangan sering kali menyertakan hak istimewa menulis cek, kartu kredit, kartu debit, pinjaman margin, penyapuan otomatis saldo kas ke dana pasar uang dan layanan perantara.

Ketika individu menyetor uang ke dalam rekening, uang tersebut biasanya ditempatkan ke dalam dana pasar uang yang menawarkan keuntungan lebih besar yang dapat ditemukan di tabungan dan rekening giro biasa. Pemegang akun dapat memilih antara dana yang didukung Perusahaan Penjamin Simpanan (FDIC) dan dana non-FDIC. Manfaat tambahan bagi pemegang akun adalah semua kebutuhan perbankan dan investasi mereka dapat dilayani oleh institusi yang sama daripada memiliki akun perantara dan opsi perbankan yang terpisah.

Jenis akun ini dihasilkan dari disahkannya Undang-undang Gramm-Leach-Bliley pada tahun 1999, yang menggantikan Undang-Undang Glass-Steagall. Glass-Steagall Act of 1933 dibuat selama Depresi Hebat dan tidak mengizinkan lembaga keuangan menawarkan layanan perbankan dan keamanan.

KESIMPULAN

  • Manajemen aset mengacu pada manajemen investasi atas nama orang lain.
  • Tujuannya adalah untuk mengembangkan portofolio klien dari waktu ke waktu sambil mengurangi risiko.
  • Manajemen aset adalah layanan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang melayani individu berpenghasilan tinggi, entitas pemerintah, perusahaan, dan perantara keuangan.

Baca: OJK dan Bappebti, Bagaimana Kewenangan Dua Lembaga Regulator Ini?

Contoh Lembaga Manajemen Aset

Merrill Lynch menawarkan Cash Management Account (CMA) untuk memenuhi kebutuhan klien yang ingin mengejar pilihan perbankan dan investasi dengan satu kendaraan, di bawah satu atap. Akun tersebut memberi investor akses ke penasihat keuangan pribadi.

Penasihat ini menawarkan saran dan berbagai opsi investasi yang mencakup penawaran umum perdana (IPO) di mana Merrill Lynch dapat berpartisipasi, serta transaksi mata uang asing.

Tingkat bunga untuk setoran tunai bertingkat. Rekening deposito dapat dihubungkan bersama sehingga semua dana yang memenuhi syarat berkumpul untuk menerima tarif yang sesuai. Efek yang disimpan di rekening berada di bawah payung perlindungan Perusahaan Perlindungan Investor Sekuritas (SIPC).

SIPC tidak melindungi aset investor dari risiko yang melekat, melainkan melindungi aset tersebut dari kegagalan finansial perusahaan pialang itu sendiri.

Bersama dengan layanan penulisan cek pada umumnya, akun tersebut menawarkan akses di seluruh dunia ke mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank of America tanpa biaya transaksi. Layanan pembayaran tagihan, transfer dana dan transfer kawat juga tersedia.

Aplikasi MyMerrill memungkinkan pengguna untuk mengakses akun dan melakukan sejumlah fungsi dasar melalui perangkat seluler. Akun dengan aset yang memenuhi syarat lebih dari $ 250.000 menghindari biaya tahunan $ 125 dan penilaian $ 25 yang diterapkan ke setiap sub-akun yang dimiliki.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Belajar Finansial dari Game? Mungkin Banget! Cobain deh 5 Game Ini

Lima Alasan Utama Investasi Emas Batangan

Jokowi: Tahun 2020 Ini Saatnya Lakukan Reformasi Lembaga Keuangan Non-Bank

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img